banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri meninjau pemukiman warga, usai penyerahan KJA HDPE kepada Ahat Ketua Pokdakan Bahagia Pulau Gare, Kelurahan Kasu, Belakangpadang, Kota Batam, Minggu (8/10/2023). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan Meneteskan Air Mata Melihat Keadaan Keluarga Suku Laut di Pulau Gare Batam

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) meneteskan air mata, ketika melihat tempat tinggal keluarga Suku Laut di Pulau Gare, Kelurahan Kasu, Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam, Minggu (8/10/2023). Tak hanya memberikan keramba jaring apung (KJA) berbahan HDPE. Cen Sui Lan memberikan diskresi untuk pembangunan rumah khusus nelayan bagi keluarga Suku Laut di Pulau Gare Kota Batam tersebut.

Cen Sui Lan Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) Reses ke Pulau Gare, Kelurahan Kasu, Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam, Minggu (8/10/2023) sore lalu. Dalam kunker ini, Cen Sui Lan sekaligus menyerahkan bantuan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Bahagia Pulau Gare.

Untuk mencapai Pulau Gare ini, perjuangan Cen Sui Lan cukup menantang. Dia harus naik turun tangga dari bahan kayu. Karena, dermaga di Pulau Gare ini hanya bisa ditambatkan pompong berukuran kecil. Sementara, sebagian tangga dari bahan kayu itu sudah ada yang lapuk. Justru itu, Cen Sui Lan selalu dipapah sang suaminya Raja Mustakim yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Kepri.

Cen Sui Lan turun tangga untuk naik ke pompong di Pulau Gare, Kelurahan Kasu, Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Di Pulau Gare daerah pesisir Kota Batam ini, Cen Sui Lan menyerahkan keramba jaring apung (KJA) HDPE. Bantuan KJA HDPE dari aspirasi Cen Sui Lan ini diserahkan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Bahagia Pulau Gare. Usai penyerahan keramba jaring apung HDPE, Cen Sui lain melihat langsung 10 unit rumah nelayan Pulau Gare yang mendapat bantuan program BSPS atau kegiatan bedah rumah.

Baca Juga :  BRK Syariah Memberikan Beasiswa kepada Puluhan Mahasiswa

Di sela kegiatan tersebut, Cen Sui Lan pun meninjau infrastruktur dan pemukiman masyarakat nelayan Pulau Gare, yang notabene adalah warga Suku Laut. Keadaan pemukiman Suku Laut di Pulau Gare Kota Batam ini, sangat memprihatinkan. Selama ini, mereka belum pernah merasakan bantuan untuk rehabilitas rumah tidak layak huni.

“Begini kondisi kami, warga di Pulau Gare ini Bu. Semuanya nelayan berasal dari Suku Laut,” kata Ahat Ketua Pokdakan Bahagia Pulau Gare, saat mendampingi Cen Sui Lan meninjau tempat tinggal warga Pulau Gare.

Baca Juga :  Istri Sakit, PMI Asal Lombok Bawa 2 Kg Sabu dan Ekstasi dari Malaysia Lewat Kepri

Pada kesempatan lain, seorang warga penerima bantuan bedah rumah atau program BSPS di Pulau Gare mengucapkan terima kasih kepada Cen Sui Lan yang sudah mengalokasikan dana aspirasi untuk Pulau Gare, sebanyak 10 unit bedah rumah.

Cen Sui Lan bersama warga Suku Laut di Pulau Gare, Batam. F- nurul atia/suaraserumpun.com

“Masih banyak warga di Pulau Gare ini belum dapat bantuan bedah rumah. Kondisinya memprihatinkan. Warga lain juga ingin betul dapat bantuan, untuk rehab rumahnya,” ucap warga tersebut.

Mendapat aspirasi dan melihat langsung keadaan pemukiman nelayan Suku Laut di Pulau Gare, Cen Sui Lan meneteskan air mata. Cen Sui Lan pun meninjau langsung lahan daratan atau tepi laut di Pulau Gare, untuk lokasi revitalisasi Rumah Khusus Nelayan Pulau Gare sebanyak 80 unit.

Cen Sui Lan mengungkapkan, sebanyak 80 KK warga nelayan (masyarakat pesisir) seluruh penduduk Pulau Gare di Kelurahan Kasu, Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam akan diberikan bantuan melalui program Rumah Khusus (Rusus) nelayan.

Baca Juga :  Kalau Ada Aktivitas Trawl dan Cantrang Segera Menghubungi 0811-707-3344

“Sehingga kehidupan nelayan Pulau Gare, yang semuanya suku laut tersebut, bisa tertata dengan baik dan menempati lingkungan yang sehat. Mereka pantas mendapatkan perhatian afirmatif dari negara,” kata Cen Sui Lan kepada suaraserumpun.com, Selasa (10/10/2023).

Setelah turun langsung ke Pulau Gare, Cen Sui Lan menyatakan, keadaan rumah-rumah warga di sana, banyak tidak layak huni. Lingkungan pemukiman warga di Pulau Gare, juga tidak sehat.

“Saya membuat diskresi dari hasil Reses ini. Saya segera ajukan melalui Komisi V DPR RI, agar membuatkan program Rumah Khusus Nelayan untuk keluarga kita suku laut di Pulau Gare, Batam,” tegas Cen Sui Lan.

Keramba jaring apung berbahan HDPE aspirasi Cen Sui Lan untuk Pokdakan Bahagia Pulau Gare, Batam. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Selanjutnya, Cen Sui Lan segera memprogramkan rumah khusus nelayan untuk warga Suku Laut Pulau Gare, pada masa sidang berikutnya, di Komisi V DPR RI.

“Tinggal nanti Pemko (Batam) menyediakan lahan sebagai readiness criteria-nya. Saya minta Pak Rudi selaku wali kota menyiapkan lahannya,” harap Cen Sui Lan, yang juga Anggota DPR RI Terpopuler dari Fraksi Golkar ini. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *