banner 728x90
Warga Kabupaten Lingga merasa bersyukur mendapat bantuan program BSPS dari aspirasi Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri. F- dok/suaraserumpun.com

Giliran Warga Tanjung Kelit Lingga yang Bersyukur Menerima Program BSPS dari Aspirasi Cen Sui Lan

Komentar
X
Bagikan

Lingga, suaraserumpun.com – Tak sedikit warga di daerah pulau dan pesisir wilayah Provinsi Kepulauan Riau, yang merasa terbantu dengan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari aspirasi Cen Sui Lan. Setelah warga Mensanak, kini giliran warga Desa Tanjung Kelit, Kabupaten Lingga yang bersyukur menerima program BSPS dari aspirasi Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri.

Seperti yang disampaikan Hamdani seorang warga penerima program BSPS di Dusun Linau, Desa Tanjung Kelit, Kabupaten Lingga. Hamdani mengatakan, dirinya serta mewakili yang lainnya penerima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), merasa sangat bersyukur, dan berterima kasih atas program BSPS ini. Terutama kepada Cen Sui Lan yang sudah memperjuangkan melalui dana aspirasinya.

“BSPS ini, program yang sangat bermanfaat bagi kami, untuk merenovasi rumah yang sudah tidak layak menjadi layak huni. Terima kasih Bu Cen Sui Lan,” ucapnya, Selasa (3/10/2023).

Pengerjaan pembangunan renovasi rumah di Desa Tanjung Kelit dan dusun sekitarnya maupun yang mendapatkan bantuan program BSPS, masih berproses. Namun, sudah banyak yang rampung 100 persen.

Baca Juga :  Gubernur Kepri dan Forkopimda Mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Via Virtual

“Kami siap berjuang dan sangat pantas didukung dengan penuh harapan. Semoga ibu Cen Sui Lan terpilih menjadi Anggota DPR RI pada Pileg 2024, untuk melanjutkan programnya yang menyentuh langsung kepada masyarakat. Salah satunya program bedah rumah ini,” tambah Hamdani.

Pada kesempatan lain, Zakky selaku Penasehat Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Kabupaten Lingga menjelaskan, pemerintah pusat Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan, Satker BP2P Kepri, Riau, Sumbar, terus mengesa pembangunan rumah tidak layak huni melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Setiap masyarakat penerima program mendapatkan Dana BSPS senilai Rp20 juta dengan rincian Rp17,5 juta untuk pembelian bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk upah tukang.

PPK Rumah Swadaya Evi Linawaty Purba ST menjelaskan, salah satu lokasi program BSPS yaitu di Kabupaten Lingga, mendapatkan kuota bantuan sejumlah 323 unit. Hingga saat ini, progres fisik yang telah rampung mencapai 174 unit. Sedangkan 147 unit lainnya progresnya sudah mendekati 100 persen.

Baca Juga :  Karimun Bakal Kekurangan Sapi Menjelang Idul Adha 1443 Hijriah

“Pelaksanaan program BSPS atau pembangunan bedah rumah di Desa Tanjung Kelit kecamatan Bakung Serumpun Kabupaten Lingga, berjalan sesuai dengan perencanaan dan realisasi sudah ada yang mencapai 100 persen,” sebut Evi.

Terkait dengan upah tukang dananya sudah ada di rekening yang bersangkutan, tetap harus selesai pekerjaan, baru bisa dicairkan. Sebelumnya upah tukang dengan total Rp2,5 juta, sudah cair Rp1,25 juta. Nanti jika sudah selesai semua baru sisanya Rp1,25 juta langsung dicairkan.

“ini ada SOP-nya agar pelaksanaannya berjalan dengan baik,” ungkap Evi, Selasa (3/10/2023).

Menurutnya, warga penerima manfaat program BSPS sangat antusia. Mereka mengerjakannya secara swadaya dan ada juga bergotong royong. Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Desa Tanjung Kelit, kecamatan Katang Bakung Serumpun, Kabupaten Lingga mendapatkan kuota hunian 28 unit yang tersebar di beberapa dusun.

Di antaranya Tanjung Kelit, Linau, Air Batu, Pulau Manik dan Secawar rumah yang masih berprogres penyelesaian dan sudah banyak selesai 100 persen.

Baca Juga :  SEA Games 2022, Indonesia Unggul 3-0 Vs Myanmar di Babak Pertama, Semifinal di 'Depan Mata'

“Adapun bahan pembangunannya yang digunakan sudah sesuai dengan ketentuan Standar Nasional Indonesia (SNI),” jelas Evi.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri selalu hadir di tengah masyarakat. Selain PISEW, PIP dan bantuan sarana produksi nelayan, Cen Sui Lan juga memperjuangkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR-RI sebagai mitra kerja komisi V DPR RI.

Program BSPS merupakan bantuan Negara bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang dilaksanakan dengan skema Padat Karya Tunai (PKT) guna mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumah huniannya beserta prasarana, sarana dan utilitas umumnya.

Cen Sui Lan melalui Dana Aspirasinya mengalokasikan program unggulan diantaranya Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal sebutan Bedah Rumah yang tersebar di tujuh Kabupaten/Kota Se-Kepri. Pada Kunjungan Kerja Daerah Pemilihan (Kundapil) ke Lingga bulan Mei tahun 2023 lalu Cen Sui Lan meninjau langsung salah satu dari programnya yaitu pengerjaan bedah rumah di Desa wilayah pesisir Lingga. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *