banner 728x90
Hasan SSos Pj Wali Kota Tanjungpinang membantu petani memanen tomat dan cabai tanaman hortikultura di lahan ekstambang bauksit. F- diskominfo tanjungpinang

Pj Wali Kota Tanjungpinang Mendorong Gerakan Menanam di Lahan Ekstambang Bauksit buat ASN

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang Hasan SSos mengajak jajarannya untuk melaksanakan gerakan menanam hortikultura di lahan ekstambang bauksit dan lingkungan kantor. Gerakan ini sebagai bentuk upaya untuk menekan angka inflasi.

Pengendalian inflasi di Tanjungpinang dinilai cukup berhasil. Karena per April 2024 secara year on year inflasi Tanjungpinang berada di peringkat 8 terendah se-Sumatera. Justru itu, Hasan mengajak para ASN untuk menanam tanaman hortikultura di lahan pekarangan kantor, pekarang rumah hingga lahan ekstambang bauksit.

Gerakan menanam tanaman hortikultura tersebut, ucap Hasan, dapat dilakukan melalui media tanam polybag dan pekarangan kantor lingkungan kantor OPD. Hasan juga mengharapkan agar perangkat OPD juga dapat mengarahkan gerakan menanam tanaman hortikultura kepada jajaran ASN di lingkungannya.

Baca Juga :  Satpolairud Polres Bintan Mengajarkan Cara Menggunakan Life Jacket kepada Anak KB Karmila

“Setidaknya, tanaman hortikultura seperti cabai merah, cabai rawit, dan sayuran yang ditanam dapat memenuhi kebutuhan harian ASN. Jika hal ini dilakukan secara masif, saya yakin akan berdampak pada pemenuhan kebutuhan harian. Dan lebih luas lagi mampu mempengaruhi angka inflasi,” kata Hasan, Selasa (7/5/2024).

Gerakan menanam tanaman hortikultura di lingkungan OPD itu, sebenarnya telah berjalan sejak awal tahun 2024. Kebijakan Hasan melaksanakan gerakan menanam di awal tahun tersebut, sejalan dengan arahan Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir Balaw.

Baca Juga :  Pengunjung Pantai Trikora Diimbau Tak Berenang ke Tengah Laut

Pada rapat koordinasi pengendalian inflasi bersama Kementerian Dalam Negeri, yang dilaksanakan secara daring, Senin (6/5/2024) kemarin, Tomsi mengarahkan agar pemerintah daerah melaksanakan gerakan menanam tanaman hortikultura. Gerakan tersebut diharapkan menjadi upaya pengendalian inflasi di masing-masing daerah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang Teguh Susanto menambahkan, selain telah melaksanakan gerakan menanam tanaman hortikultura, Pj Wali Kota Tanjungpinang Hasan SSos sebelumnya juga telah mengarahkan pelaksanaan kegiatan pengolahan lahan bouksit menjadi lahan pertanian.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, lanjut Teguh, Pemko memberikan dukungan berupa bibit dan sarana pendukung pertanian kepada kelompok-kelompok tani.

Baca Juga :  405 Rumah Masyarakat Pesisir di Bintan Dapat Sertifikat Gratis pada GTRA Summit 2023

“Salah satu kelompok tani yang telah mengolah lahan ekstambang bauksit menjadi lahan pertanian itu, ada di Kelurahan Air Raja. Bapak Pj Wali Kota juga ikut menyaksikan sendiri panen cabai merah di lahan pertanian eks tambang bouksit itu. Gerakan menanam tanaman hortikultura. Sudah lama diarahkan oleh Pj Wali Kota, sebagai salah satu upaya pengendalian inflasi di daerah,” tambah Teguh. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *