banner 728x90
Ramlah SSos Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bintan mengingatkan warga agar waspada banjir rob. F- yen/suaraserumpun.com

BPBD: Waspada! Bintan Bakal Dihantam Banjir Rob Lagi

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Masyarakat Bintan yang tinggal di pesisir pantai dan pulau diminta waspada. Sebab, dalam waktu dekat bakal terjadi lagi banjir rob, atau banjir yang disebabkan pasang air laut.

Bupati Bintan Roby Kurniawan melalui Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bintan Ramlah menyampaikan, potensi terjadi banjir akibat pasang air laut (rob) itu berdasarkan edaran Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi (BMKG) Kelas 1 Hang Nadim Batam.

Peringatan potensi banjir rob dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) itu diterima tanggal 13 Juni 2023. Dalam edaran itu diesebutkan, tanggal 18 hingga 20 Juni 2023 wilayah pesisir Kecamatan Bintan Utara, Pesisir Kecamatan Teluk Sebong dan Kecamatan Bintan Timur, bakal terjadi banjir rob. Masyarakat diimbau tetap waspada dan siaga terhadap potensi ketinggian pasang air laut maksimum.

Baca Juga :  Saksikan Festival Band Berhadiah Jutaan Rupiah di Ajang Parade Merdeka Bintan Resorts

“Kita mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga terhadap ketinggian pasang air laut maksimum, jika terjadi dari tanggal 18 hingga 20 Juni 2023 mendatang. Kita berdoa semoga harapan ketinggian air laut tidak sampai menimbulkan banjir rob di pemukiman masyarakat kita. Khususnya di wilayah pesisir Kecamatan Bintan Utara, Teluk Sebong dan Kecamatan Bintan Timur,” sebut Ramlah, Sabtu (17/6/2023).

Ramlah mengatakan melalui edaran BMKG dengan adanya fenomena fase bulan baru (new moon) serta berdasarkan pantauan data water level prediksi pasang air laut, yang di lakukan BMKG, BPBD Kabupaten Bintan selalu siap dan tetap menjadi dasar patokan kesiapsiagaan untuk selalu memberikan penyelamatan bagi masyarakat. Karena itu, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk selalu waspada dan siaga terhadap ketinggian air laut yang akan menimbulkan banjir rob.

Baca Juga :  Wisuda UT Batam, Ansar Ahmad: Jangan Jadi Penonton di Daerah Sendiri

“Kita selalu waspada dan siaga, untuk selalu mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut di wilayah pesisir Bintan,” tutup Ramlah.

Kabupaten Bintan selalu dilanda banjir rob. Bahkan ketika banjir rob terjadi pada musim hujan, bulan Januari 2023 lalu, mengakibatkan pemukiman masyarakat terendam. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *