banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri memancing ikan bersama warga di pelabuhan Tanjung Moco di Tanjungpinang, saat Kundapil awal Desember 2022 lalu. F- dok/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan: Harus Ada Kebijakan Kemenhub untuk Penyelesaian Pelabuhan Tanjung Moco di Tanjungpinang

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menyatakan, harus ada kebijakan Kemenhub RI, untuk penyelesaian pembangunan pelabuhan Tanjung Moco di Kota Tanjungpinang. Sebab, sampai saat ini, pelabuhan bongkar muat Tanjung Moco di ibu kota Provinsi Kepri, belum beroperasi.

Cen Sui Lan, sudah menyampaikan mengenai persoalan pembangunan dan pemanfaatan pelabuhan Tanjung Moco di Tanjungpinang, kepada Kementerian Perhubungan RI. Hal itu disampaikan Cen Sui Lan dalam RDP Komisi V DPR RI dengan Sekjen, Irjen dan Kepala Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub RI di Senayan, Jakarta, Rabu (14/6/2023).

“Banyak pembangunan pelabuhan di Kepri, yang macet. Termasuk pelabuhan bongkar muat di Tanjung Moco, Dompak, Tanjungpinang. Itu hampir Rp150 miliar (pembangunannya),” sebut Cen Sui Lan.

Baca Juga :  Penampilan Juicy Luicy Memukau Ribuan Generasi Z Tanjungpinang di Melayu Square

Sekarang, lanjut Cen Sui Lan, pelabuhan bongkar muat Tanjung Moco di Tanjungpinang, menjadi tempat pemancingan ikan bagi masyarakat.

“Jadi, mohon ada satu kebijakan. Kalau memang bisa dilanjutkan, tolong solusinya. Apakah bisa diselesaikan, dan seperti apa langkah ke depannya,” tambah Cen Sui Lan.

Sebelumnya, awal Desember 2022 lalu, Cen Sui Lan melakukan Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) untuk melakukan pengawasan ke pelabuhan Tanjung Moco, Tanjungpinang, Provinsi Kepri. Kundapil ini guna melihat langsung kondisi riil pelabuhan yang dibangun sejak tahun 2009 tersebut. Tapi, kondisinya masih belum bisa difungsikan. Padahal, sudah menghabiskan Rp120 millar.

Baca Juga :  Perjanjian Kerja Sama Pembangunan Jembatan Batam-Bintan Sudah Diteken, Cek Nilai Proyek dan Tahapannya

Saat peninjauan pelabuhan Tanjung Moco, Cen Sui Lan didampingi Kol (Mar) Benyamin Ginting selaku Kepala KSOP Tanjungpinang Ditjen Hubla KemenHub RI dan stafnya. Serta mengikutsertakan ahli ahli DPR RI Victor Angsono, Herdyanto dan Agustar.

Cen Sui Lan bersama Kol (Mar) Benyamin Ginting meninjau bagian darat kawasan pelabuhan Tanjung Moco, dan jalan pelabuhan (pelantar) menuju laut sepanjang 600 meter. Di jalan pelabuhan ini, Cen Sui Lan sempat memancing ikan bersama masyarakat di pelabuhan Tanjung Moco yang mangkrak atau belum selesai dibangun, sejak 2009 tersebut. Pembangunan pelabuhan Tanjung Moco sepanjang 600 meter itu sudah menghabiskan anggaran Rp120 miliar.

Cen Sui Lan meminta kebijakan Kemenhub RI tentang penyelesaian pelabuhan Tanjung Moco di Tanjungpinang saat RDP Komisi V DPR RI dengan Sekjen, Irjen dan Kepala Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub RI di Senayan, Jakarta, Rabu (14/6/2023). F- dok/suaraserumpun.com

Tahun anggaran 2023, Cen Sui Lan menginginkan, pelabuhan FTZ Tanjung Moco Tanjungpinang ini diselesaikan. Sehingga bisa difungsikan sebagai pelabuhan bongkar muat. Justru itu, di sela meninjau kawasan pelabuhan Tanjung Moco, Cen Sui Lan langsung berkoordinasi dengan Arief Thoha Dirjen Hubla dan Novie Riyanto Sekjen Kemenhub RI.

Baca Juga :  Program Nasional Golkar, Cen Sui Lan Mendampingi Airlangga Hartarto Melepas 500 Pemudik Gratis

“Nah, sekarang, kita minta agar ada kebijakan Kemenhub RI untuk menyelesaikan pembangunan pelabuhan Tanjung Moco di Tanjungpinang ini,” tegas Cen Sui Lan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *