banner 728x90
Kepala Disnaker Bintan Ii Santo menyampaikan sambutan pada peringatan Mayday 2024 di Pantai Dugong, Trikora, Kabupaten Bintan, Rabu (1/5/2024). F- suaraserumpun.com

Mayday 2024 Tanpa Demo, Disnaker Bintan Menyediakan Door Prize dan Fun Game

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Peringatan Hari Buruh Internasional atau Mayday 2024 tanpa aksi demo lagi, di Kabupaten Bintan, Rabu (1/5/2024). Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bintan menyediakan door prize (hadiah) dan fun game (permainan) bagi buruh dan pengurus serikat pekerja, di Pantai Dugong, Trikora IV, Gunung Kijang.

Rangkaian peringatan Mayday 2024 di Kabupaten Bintan, diawali dengan acara halalbihalal Pemkab Bintan dan Forkopimda bersama buruh, pengurus serikat pekerja, Apindo, serta kepala OPD. Dalam kegiatan silaturahmi ini, serikat pekerja menyampaikan beberapa aspirasi kepada pemerintah kabupaten.

Bupati Bintan Roby Kurniawan memberikan selamat kepada pekerja yang mendapat door prize sepeda motor listrik pada peringatan Mayday 2024, Rabu (1/5/2024). F- suaraserumpun.com

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan hiburan nyanyi bersama, sambil membagi hadiah undian atau door prize. Hadiah yang disediakan panitia bersama antara Disnaker Bintan dan serikat pekerja ini, jumlahnya cukup banyak. Bahkan secara spontan, Bupati Bintan Roby Kurniawan menyediakan hadiah sepeda motor listrik.

Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith menyerahkan hadiah undian kepada peserta peringatan Mayday 2024. F- suaraserumpun.com

Selanjutnya, Pemkab Bintan memberikan penghargaan kepada masing-masing pengurus serikat pekerja. Dan sebaliknya, pengurus serikat pekerja juga memberikan cendera mata kepada Pemkab Bintan. Rangkaian kegiatan silaturahmi juga dimeriahkan pelbagai kegiatan lomba permainan atau fun game.

Peringatanan Hari Buruh Internasional tingkat Kabupaten Bintan tersebut dihadiri Bupati Bintan Roby Kurniawan, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo SIK MM, Dandim 0315/Tanjungpinang yang diwakili oleh Kapten Inf Maswendra, Kasi Intel Kejari Syamsul, Sekda Bintan Ronny Kartika, Kepala Disnaker Bintan Ii Santo dan jajarannya, serta seluruh FKPD Kabupaten Bintan.

Para buruh dan serikat pekerja bergoyang pada saat hiburan bersama Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Wabup Bintan Ahdi Muqsith. F- suaraserumpun.com

Selain itu juga dihadiri oleh Ketua SPSI Pariwiata Bintan Mansur, Ketua SBSI Bintan T Sianturi, Ketua FSPSI Reformasi Korwil Kepri Rizalun Simatupang dan Ketua SPSI Logam Elektonik Mesin Bintan Suarli, dan Kopong dari SP Pariwisata Bintan. Perayaan Mayday 2024 dengan slogan Mayday is Terampil Day di Kabupaten mengusung tema Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh yang Kompeten.

Mansur mewakili serikat pekerja menyampaikan sambutan dan aspirasi. F- suaraserumpun.com

Kepala Disnaker Bintan Ii Santo menyampaikan, kegiatan silaturahmi peringatan Mayday ini merupakan saran Bupati Bintan, dan keinginan bersama dan menjadi agenda rutin. Karena, Mayday ini merupakan peringatan dan momen yang sangat penting bagi pemerintah kabupaten. Kegiatan ini meningkatkan silaturahmi antara Pemkab Bintan, pekerja dan serikat pekerja, serta kalangan pengusaha.

Baca Juga :  Turun ke Lokasi Banjir, Ini Instruksi Roby Kurniawan kepada Seluruh Camat

“Selama ini, kami merasa hubungan pekerja dengan pihak pengusaha dan pemerintah berjalan baik. Sehingga, iklim investasi di Kabupaten Bintan ini aman. Sinergi dan koloborasi, terus kita tingkatkan. Kami dari pemerintah, akan berusaha agar kawan-kawan buruh memiliki kompetensi yang baik,” ujar Ii Santo.

Bupati Bintan Roby Kurniawan, Wabup Bintan Ahdi Muqsith, Kapolres dan Forkopimda, Sekda Bintan Ronny Kartika, Kadisnaker Bintan Ii Santo bersalaman dengan buruh. F- suaraserumpun.com

“Dengan pekerja yang berkompeten, kita dapat bersaing untuk mendapatkan peluang kerja itu. Kita sudah melakukan beberapa pelatihan untuk meningkatkan kompetensi itu. Kami juga perlu masukan dari kawan-kawan serikat pekerja dan pengusaha, agar iklim investasi di Bintan semakin baik,” sambung Kadisnaker Bintan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan didampingi Wabup, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo dan Kasi Intel Kejari menyerahkan penghargaan kepada serikat pekerja. F- suaraserumpun.com

Pada kesempatan lain, Mansur mewaliki serikat pekerja di Kabupaten Bintan menyatakan, peringatan Mayday di Bintan tanpa aksi demo. Namun, hal itu bukan berarti pemerintah tidak memperhatikan aspirasi serikat pekerja. Saat ini, serikat pekerja di Bintan meminta agar pemerintah benar-benar memperhatikan status pekerja di perusahaan. Terutama mengangkat status pekerja outsourcing menjadi karyawan tetap.

Baca Juga :  Muhammad Rudi Menargetkan KEK Batam Aero Technic Merekrut 10 Ribu Pekerja hingga 2027

“Kita memang taat aturan. Tapi di Undang Undang Cipta Kerja itu, ada hal yang perlu menjadi perhatian pemerintah. Terutama pengangkatan karyawan tetap. Jangan kami ini sampai tiga kali lebih, tetap statusnya outsourcing atau pekerja kontrak. Kami juga selalu terbuka buat Pak Bupati, untuk berdiskusi tentang investasi dan membahas persoalan tenaga kerja lainnya,” tambah Mansur.

Kadisnaker Bintan Ii Santo bersama panitia penyelenggara berfoto bersama dengan Bupati Bintan dan Forkopimda. F- suaraserumpun.com

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengucapkan selamat Hari Buruh Internasional 2024. Peringatan Hari Buruh adalah suatu peringatan yang sangat penting dan strategis dalam meningkatkan tali silaturhami antara Pemerintah Kabupaten Bintan bersama Pengusaha dan serikat pekerja.

Menurut Bupati Bitan, peringatan Mayday merupakan agenda rutin di Bintan yang tujuannya sangat positif. Tak lupa dirinya mengingatkan melalui Dinas Tenaga Kerja untuk terus meramu kepentingan-kepentingan serikat pekerja dan industri yang ada dalam rangka memberikan pelatihan yang berdaya guna dan berdaya saing.

Pekerja berlomba pada ajang fun game. F- suaraserumpun.com

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bintan Roby Kurniawan menuturkan, dirinya menginginkan yang terbaik untuk para pekerja Bintan. Bupati Bintan juga akan menyiapkan program-program tenaga kerja seperti akan memperbanyak program pelatihan kerja yang bersertifikasi bagi calon tenaga kerja di Bintan.

Baca Juga :  Tri Suaka dan Nabila 'Menghadiahkan' Aku Bukan Jodohnya buat Ribuan Kaum Milenial

“Ke depannya kita akan fokus bagaimana bisa menyiapkan banyak program-program dari pemerintah daerah. Seperti akan memperbanyak pelatihan skil tenaga kerja yang bersertifikasi,” tegas Roby Kurniawan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan, Wabup Bintan Ahdi Muqsith, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo dan Kadisnaker Bintan Ii Santo saat bersama pekerja. F- suaraserumpun.com

Bupati Bintan menambahan, buruh adalah salah satu penggerak roda perekonomian, apalagi di Bintan. Karena tanpa buruh dan para pekerja, roda perekonomian tidak akan bisa bergerak. Ibarat kata, perusahaan dengan buruh umpama orang mencari jodoh, sekali cocok maka akan langsung dipekerjakan atau sebaliknya.

Justru itu, Bupati Bintan Roby Kurniawan berpesan kepada buruh maupun perusahaan swasta untuk mengikuti dan menerapkan aturan pemerintah yang memang telah diberlakukan. Pada kesempatan tersebut, Bupati Bintan menyerahkan secara simbolis hadiah sepeda motor listrik kepada Mama Coki yang beruntung mendapatkan nomor undian 931. (adv)

Editor: Sigik RS
Foto: suaraserumpun.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *