Beranda All News Aspirasi Cen Sui Lan Senilai Rp5 Miliar untuk 24 Ponpes dan Sekolah...

Aspirasi Cen Sui Lan Senilai Rp5 Miliar untuk 24 Ponpes dan Sekolah Buddhis, Berikut Daftar Penerimanya

0
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, menyerahkan bantuan Alquran dan beras kepada 9 pengasuh dan pimpinan Ponpes di Batam penerima program aspirasi Cen Sui Lan, untuk kegiatan pembangunan sarana prasarana sanitasi LPK dan Ponpes, di Rumah Aspirasi Cen Sui Lan, di Batam Center, Kota Batam, Kepri, Sabtu (30/10/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Batam, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menganggarkan dana aspirasinya sebesar Rp5 miliar, untuk pondok pesantren dan sekolah Buddhis se-Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), pada tahun anggaran 2021 ini. Berikut daftar pondok pesantren (ponpes) dan sekolah Buddhis penerima bantuan tersebut.

Anggaran Rp5 miliar dari aspirasi Cen Sui Lan tersebut dialokasikan kepada program aspirasi untuk kegiatan pembangunan sarana dan prasarana sanitasi Lembaga Pendidikan Keagamaan (LPK), pondok pesantren (ponpes). Alokasi kegiatan berupa pembangunan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK), Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), dan sarana air bersih.

“Untuk tahun anggaran 2021 ini, saya alokasikan sebesar Rp5 milyar untuk program LPK dan Ponpes itu. Masing-masing untuk 24 Ponpes se-Kepri sebesar RP200 juta. Jadi untuk Ponpes, total dana yang dikucurkan Rp4,8 miliar. Kemudian, 1 sekolah Buddhis Maha Bodhi Karimun sebesar Rp200 juta,” sebut Cen Sui Lan di sela penyerahan bantuan Kitab Suci Alquran dan beras kepada 9 pengasuh dan pimpinan Ponpes Batam, di Rumah Aspirasi (RumAs) Cen Sui Lan, Batam Center, Kota Batam, Sabtu (30//10/2021) kemarin.

“Jadi, total program aspirasi untuk sanitasi Lembaga Pendidikan Keagamaan (LPK) itu semuanya sebesar Rp5 miliar, pada tahun anggaran 2021 ini,” sambung Cen Sui Lan.

Penyerahan bantuan Kitab Suci Alquran dan paket sembako ini disejalankan dengan syukuran HUT ke-57 Partai Golkar dan silaturahmi Cen Sui Lan dengan 9 pimpinan Ponpes se-Kota Batam, yang menerima program sanitasi Ponpes tersebut.

Cen Sui Lan menjelaskan, dengan program pembangunan sarana dan prasarana sanitasi Lembaga Pendidikan Keagamaan (LPK) dan ponpes ini, bisa turut membantu masyarakat Kepri dalam membina umat. Agar mendapatkan fasilitas hidup sehat. Terutama bagi anak anak yang berada di asrama pondik pesantren, supaya lebih hidup sehat.

Baca Juga :  Narapidana Nekat Simpan Alat Isap Sabu dan Senjata Tajam di Lapas Kelas II Tanjungpinang

“Ini menjadi bagian dari kita, untuk menciptakan generasi yang sehat untuk Indonesia maju ke depannya. Ya, seperti ini bentuk dukungan saya terhadap kemajuan Lembaga Pendidikan Keagamaan di Provinsi Kepri, pada saat duduk di DPR RI, sekarang ini,” ucapnya.

Berikut daftar penerima bantuan program aspirasi Cen Sui Lan, untuk kegiatan pembangunan sarana dan prasarana sanitasi LPK dan Pondok Pesantren se-Provinsi Kepri.

Pondok pesantren penerima program di Kota Batam yaitu Ponpes Darul Falah, Ponpes Al-Itisom, Ponpes Badarriyah, Ponpes Yahusnaya, Ponpes Yanbul Qur’an, Ponpes Al-Kautsar, Ponpes Miftahul Huda, Ponpes An Nikmah, dan Ponpes Hidatullah Kota Batam

Di Kabupaten Karimun, program ini diterima oleh Ponpes Attoriyah Karimun, Ponpes Darul Furqan,, Ponpes Darul Mukhlasin, Ponpes Ar Raudah, Ponpes Salafiyah Darul Taufiq, Pusat Tahfiz Alqur’an Pulau Niur, Ponpes Alhikmah. Kemudian, 1 sekolah Buddhis Maha Bodi Karimun juga menerima bantuan pembangunan sarana dan prasarana sanitasi.

Selain itu, bantuan aspirasi Cen Sui Lan untuk pembangunan sarana dan prasarana sanitasi LPK dan Ponpes juga ditujukan di Kabupaten Bintan. Bantuan kegiatan dialokasikan untuk Ponpes Al Idris Bintan, Ponpes Al-Ikhsan Bintan, Ponpes Mambaus Sholihin Bintan, Ponpes Hidayatulah Bintan, Ponpes Khadimul Ummah,, Ponpes Darussilmi, serta Ponpes Madani Unggulan Kabupaten Bintan. Pada tahun anggaran 2021 ini, aspirasi Cen Sui Lan juga dialokaskan untuk Ponpes Nurul Jannah di Kabupaten Natuna.

Baca Juga :  Cen Sui Lan: Setelah Tabung Oksigen Medical Gratis, Warga Memerlukan Bahan Pangan

“Saya berharap, kegiatan pembangunan sarana dan prasarana sanitasi Ponpes dan LPK se-Provinsi Kepri ini, bisa bermanfaat. Untuk daerah lain, akan saya usahakan di tahun anggaran berikutnya,” kata Cen Sui Lan menambahkan.

Menampung Aspirasi

Dalam kegiatan silaturahmi dan syukuran HUT ke-57 Partai Golkar di Rumas Aspirasi di Kota Batam tersebut, Cen Sui Lan mengadakan tanya jawab dan testimoni dalam upaya menampung aspirasi dari pengasuh yayasan ponpes maupun dari organisasi pemuda Islam.

Ummy sebagai pimpinan Ponpes Miftahul Huda Rempang, Kota Batam mengungkapkan, dirinya sangat kaget dan berterima kasih kepada Cen Sui Lan. Ummy kaget, karena tiba-tiba pesantren kedatangan tim survei. Kemudian, dilanjutkan datang bahan-bahan material untuk pembangunan sarana dan prasarana di Ponpesnya. Bahkan, langsung dikerjakan.

“Kini, pembangunan sarana dan prasarana itu sudah 85 persen la siapnya. Anak-anak kami saking gembiranya, tidak boleh dulu dipakai sarana itu. Malah pintunya dikunci, saking bagusnya keadaan bangunan MCK yang dibangun di Ponpes kami,” ungkap Ummy.

“Hanya Allah yang membalas segala amal baik Bu Cen Sui Lan,” lirih ustazah Ummy seakan menitikkan air mata sebagai tanda kebahagiaan.

“Tak kami sangka, Bu Cen Sui Lan begitu tulus dan ikhlas,” ujar pengasuh Ponpes yang santrinya berasal dari anak-anak jalanan di Kota Batam ini.

Pada kesempatan lain, ustaz Jamaluddin Nur juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Cen Sui Lan.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Optimis, Bandara RHA Karimun Bakal Digunakan Pesawat Boeing Berbadan Lebar

“Bukan hanya bantuan kepada Ponpes ini. Kkita bersyukur dan sangat berterima kasih kepada Bu Cen Sui Lan, hampir seluruh kegiatan beliau di nasional (Senayan, DPR RI), beliau curah dan abdikan untukkemajuan pembangunan Kepri,” tuturnya.

ustaz Jamaluddin Nur mengungkapkan, dirinya sudah kenal dan sangat dekat dengan Cen Sui Lan.

“Belasan tahun yang lalu, sebelum beliau jadi Anggota DPR, saya sering makan di rumah Kak Cen Sui Lan. Pak Raja Mustakim suami Kak Cen Sui Lan, sudah bersahabat belasan tahun. Saya tahu betul dengan ketulusan mereka,” kata ustaz Jamaluddin Nur seraya menyakinkan kepada para pimpinan Ponpes yang menghadiri acara tersebut.

BP2W Kepri Pelaksana Program

Kegiatan silaturahmi ini turut dihadiri unsur pimpinan RPTQ dan unsur pimpinan Pengurus Pemuda Muhammadiyah Provinsi Kepri dan pimpinan NU Provinsi Kepri. Setelah ustaz Jamaluddin Nur menyampaikan tauziah, perwakilan Ponpes juga menyampaikan terima kasih kepada Cen Sui Lan.

Pada sesi terakhir, Cen Sui Lan menambahkan, kegiatan dari aspirasinya tersebut, pelaksana kegiatan sanitasi Lembaga Pendidikan Keagamaan (LPK) Ponpes serta Sekolah Maha Bodhy itu dilaksanakan pada Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BP2W) Kepulauan Riau, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

“Saya juga berterima kepada BP2W Kepri, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, yang telah merealisasikan program aspirasi buat 24 ponpes se-Kepri dan satu sekolah Buddhis di Karimun ini,” demikian tutup Cen Sui Lan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here