banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan meninjau kawasan investasi PT Bintan Offshore Marine di kawasan industri Lobam, baru-baru ini, F- ist

Roby Kurniawan: Tahun 2023, Nilai Investasi di Bintan Mencapai Rp3,6 Triliun

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Nilai investasi dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau menunjukan pertumbuhan nilai investasi yang positif. Hal ini ditandai dengan kenaikan investasi menjadi Rp3,68 triliun pada tahun 2023. Nilai investasi itu, naik jika dibandingkan dengan tahun 2022 yang hanya berkisar Rp3,5 triliun.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menjelaskan, total realisasi investasi pada tahun 2023, investasi PMA mencapai angka Rp2,68 triliun. Ditambah investasi PMDN mencapai angka Rp995,566 miliar. Hal itu cenderung meningkat jika berbanding nilai investasi yang masuk ke Kabupaten Bintan pada tahun 2022, dengan rincian PMA sebesar Rp2,5 triliun, dan PMDN sebesar Rp1,042 triliun.

Baca Juga :  Selamat Datang dan Bertugas Kapolda Kepri Irjen Pol Drs Tabana Bangun MSi

Terkait tingginya nilai investasi yang masuk ke Kabupaten Bintan, Bupati Bintan Roby Kurniawan menegaskan, capaian investasi di Bintan itu merupakan komitmen Pemkab Bintan, dengan memberikan kemudahan segala urusan perizinan terhadap investor. Serta melakukan pendampingan mengenai pengembangan sektor-sektor investasi di wilayah Bintan.

“Kita harapkan tahun 2024 ini, iklim investasi di Bintan juga dapat terus tumbuh dan meningkat. Karena, dengan investasi yang masuk juga memberikan dampak yang positif. Baik bagi pertumbuhan ekonomi maupun peningkatan lapangan kerja di Bintan,” ujar Roby Kurniawan, usai mengadaan kunjungan ke PT Bintan Offshore Marine, Kecamatan Sri Kuala Lobam, Selasa (23/4/2024) lalu.

Baca Juga :  Wabup Bintan Ikut Belajar Memanah di Bintan Archery Festival 2023

Roby juga menuturkan, bahwa angka pengangguran di tahun 2023 juga turun dibandingkan di tahun 2022 lalu. Berdasarkan data BPS Kepri tingkat pengangguran terbuka Kabupaten Bintan pada tahun 2021 sekitar 8,62 persen. Kemudian, mengalami penurunan pada tahun 2022 sekitar 6,91 persen dan kembali turun sekitar 5,43 persen pada tahun 2023.

“Sedangkan, untuk pertumbuhan ekonomi di Bintan sendiri juga melaju sampai 6,14 persen. Angka itu melebihi pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri sebesar 5,20 persen dan nasional sebesar 5,05 persen. Kita bangga, tahun 2023, nilai investasi di Bintan mencapai Rp3,6 triliun,” demikian Roby Kurniawan Bupati Bintan. (yen)

Baca Juga :  Posko Tambelan Peduli Bantu Uang dan Pakaian untuk Korban Longsor Serasan

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *