banner 728x90
Pegawai di lingkungan Pemprov Kepri mengikuti upacara hari Peringatan Otonomi Daerah tahun 2024, Kamis (25/4/2024). F- diskominfo kepri

Adi Prihantara Pimpin Upacara Peringatan Otonomi Daerah Tahun 2024

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara bertindak sebagai inspektur pada upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah ke-28 tahun 2024 di halaman Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (25/4/2024). Peringatan Otonomi Daerah tahun ini mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”.

Tema ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup ditingkat lokal.

Selain itu, tema ini juga bertujuan untuk mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi Indonesia mendatang.

Baca Juga :  Hari Dharma Samudera 2023, Danlanal TBK Ziarah Makam Pahlawan

Dalam sambutannya, Adi Prihantara membacakan arahan dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, menyampaikan bahwa otonomi daerah merupakan hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sebagaimana yang diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dengan filosofi otonomi daerah dilandaskan pada prinsip-prinsip dasar yang tertuang dalam pasal 18 UUD 1945,” kata Adi Prihantara.

Adi Prihantara juga menjelaskan bahwa otonomi daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan utama, yaitu tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi.

Dari segi tujuan kesejahteraan, desentralisasi diarahkan untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat secara efektif, efisien dan ekonomis. Sedangkan dari segi tujuan demokrasi, kebijakan desentralisasi menjadi instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang mempercepat terwujudnya masyarakat madani atau Civil Society.

Baca Juga :  Polres Bintan Bikin Simulasi TFG Menjelang Pemberlakuan Travel Bubble Singapura-Lagoi

“Untuk itu, Pentingnya memperingati Hari Otonom Daerah menjadi momentum untuk mengukuhkan komitmen Pemerintah daerah dalam memajukan daerahnya dan kesempatan bagi kita semua untuk merefleksikan perjalanan otonomi daerah dan merencanakan langkah-langkah strategis ke depan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kepulauan Riau,” ujarnya.

Kemudian, Adi Prihantara menekankan pentingnya otonomi daerah dalam memajukan pembangunan di tingkat lokal. Ia juga menyampaikan komitmen Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dalam mendukung dan mengoptimalkan pelaksanaan otonomi daerah demi kesejahteraan masyarakat Provinsi Kepulauan Riau.

“Dengan semangat baru dalam memperkuat otonomi daerah, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik serta mempercepat pembangunan di seluruh wilayahnya,” tegasnya.

Baca Juga :  Kadiskominfo: Inflasi hingga Angka Kemiskinan Tanjungpinang Turun

Adi Prihantara atas nama pemerintah Kepri juga mengajak seluruh masyarakat Provinsi Kepulauan Riau untuk bersama-sama menjaga dan memperjuangkan keberhasilan otonomi daerah demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Upacara ini, diikuti para pimpinan OPD Kepri, para ASN, PPPK dan THL dilingkungan pemerintah Kepri, para pimpinan Instansi Vertikal Kepri, para pimpinan FKPD Kepri, perwakilan dari TNI dan Polri. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *