banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) menjelaskan program revitalisasi kawasan Kolong dan Paya Manggis, Karimun, Rabu (26/7/2023). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan Menganggarkan Rp25 Miliar untuk Penataan Kolong dan Paya Manggis Karimun

Komentar
X
Bagikan

Karimun, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menganggarkan Rp25 miliar untuk penataan kawasan Kolong dan Paya Manggis di Kabupaten Karimun. Penataan dua kawasan di Kabupaten Karimun tersebut, Kolong dan Paya Manggis akan direalisasikan pada tahun anggaran 2024 mendatang.

Hal itu dikatakan Cen Sui Lan usai melaksanakan kunjungan kerja reses di Paya Manggis, Sungai Lakam, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Rabu (26/7/2023).

Pada saat kunjungan kerja reses ini, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menerima persembahan makan sirih tradisi Melayu sebagai penghormatan kepada pejabat tinggi negara. Kunjungan kerja reses di Paya Manggis, Tanjung Balai Karimun ini, untuk program revitalisasi embung atau waduk di depan RSUD, kawasan Kolong dan Paya Manggis.

Baca Juga :  Kado Rakornas PKK, Hafizha Rahmadhani Bawa Isu Stunting dan Optimalisasi Posyandu

Turut hadir dan mendampingi Cen Sui Lan dalam kegiatan tersebut Aunur Rafiq Bupati Karimun, Danil Kepala BWS Kepri Ditjen SDA Kementerian PUPR, serta sejumlah pejabat lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, tokoh masyarakat menyampaikan aspirasi tentang keluhan penataan embung atau waduk di depan RSUD Karimun tersebut. Terutama keberadaan populasi tumbuhan eceng gondok yang sangat padat. Sehingga, embung tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kolong dan Paya Manggis di sekitarnya.

“Kami sudah coba bersihkan Bu (Cen Sui Lan). Bersih di sini, tumbuh yang di sana. Bersihkan di sana, tumbuh lagi yang di sini. Ini perlu penataan dan butuh anggaran yang besar,” ujarnya.

Cen Sui Lan Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) bersama Bupati Karimun Aunur Rafiq dan pejabat Kementerian PUPR dalam Kunker Reses di Kolong Paya Manggis, Karimun. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan, dirinya segera memasukan anggaran penataan kawasan Kolong dan Rawa Manggis Karimun sebesar Rp25 miliar pada tahun anggaran 2024 mendatang. Anggaran penataan itu dimasukan melalui Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR.

Baca Juga :  Rawan Bencana, Simak Pembicaraan Kepala Basarnas dan Plt Bupati Bintan Berikut Ini

“Khusus untuk penanganan eceng gondok di embung Kolong dan Paya Manggis ini, bisa sekitar Rp4 miliar, dari anggaran tersebut,” ujar Cen Sui Lan.

Dari program revitalisasi atau penataan tersebut, lanjut Cen Sui Lan, kawasan waduk di Paya Manggis bisa berfungsi sebagai embung sumber air baku untuk penyediaan sumber air bersih. Selain itu, penataan di daerah Kolong dan Paya Manggis ini, juga berfungsi sebagai arena olahraga air nantinya. Sekaligus berfungsi untuk destinasi wisata Karimun.

“Setelah selesai penataan kawasan Kolong dan Paya Manggis, nanti diserahkan pengelolaannya kepada BUMD Karimun. Agar dikelola secara profesional. Sehingga dikelola berkelanjutan dan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” harap Cen Sui Lan.

Baca Juga :  Wow! Sekeluarga Jadi Anggota Dewan, Ini Daftar 25 Nama Anggota DPRD Kabupaten Bintan Periode 2024-2029

“Dan saya berkomitmen akan mengajukan anggaran penataan ini, kepada Pak Menteri (PUPR),” tegas Cen Sui Lan.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja reses Cen Sui Lan ke Karimun. Sehingga, bisa menyerap aspirasi dari masyarakat Karimun, untuk pembangunan ke depannya.

“Ibu respon aspirasi kami. Kami terima kasih buat Ibu (Cen Sui Lan). Karena kita sama-sama dari Partai Golkar, dan tanggap untuk membantu kami,” ujar Aunur Rafiq kepada Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) bersama Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda Kolong dan Paya Manggis, Karimun, Rabu (26/7/2023). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Setelah melaksanakan kunjungan kerja reses di kawasan Kolong dan Paya Manggis di Kecamatan Karimun, Cen Sui Lan melanjutkan reses ke daerah Sawang, Tanjungbatu, Kundur, Karimun. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *