Beranda All News Cerita di Balik Program Nasi Kapau, Polisi Berangkat Dini Hari Sebelum Mengarungi...

Cerita di Balik Program Nasi Kapau, Polisi Berangkat Dini Hari Sebelum Mengarungi Laut Berjam-jam

0
Jajaran Polres Bintan menggunakan kapal motor (pompong) saat ingin memberikan vaksinasi kepada warga pulau di wilayah Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, Senin (1/11/2021) dini hari. F- Istimewa/Humas Polres Bintan

Bintan, suaraserumpun.com – Pandemi Covid-19 belum usai. Beragam cerita di balik kegiatan personel kepolisian ketika menjalankan tugas kegiatan vaksinasi. Jajaran Polres Bintan rela berjam-jam mengarungi laut ke Pulau Pengikik, Kecamatan Tambelan, demi menjalankan program vaksinasi jangkau pulau (Nasi Kapau), Senin (1/11).

Sejumlah personel Polres Bintan bersama rombongan sudah siap menuju pulau terdepan, Senin (1/11/2021) dini hari. Sebagian personel sudah memasukan alat kesehatan dan ratusan dosis. Ada yang dosis pertama, ada pula yang dosis kedua. Mereka menggunakan kapal motor menuju pulau terdepan di wilayah Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Tepat pukul 01.00 WIB, kapal motor mulai bergerak. Ombak di bagian haluan pompong mulai membelah besar. Tanda kecepatan armada kapal motor mulai naik. Gelombang sudah mulai terasa menggoyang lambung kapal. Namun, personel jajaran Polres Bintan tak surut untuk mengarungi laut, demi menjalankan tugas negara untuk menyuntikkan vaksin kepada masyarakat pulau.

Perjuangan mengarungi antarpulau di wilayah pulau itu merupakan bentuk andil Korps Bhayangkara Polres Bintan dalam mengendalikan pandemi Covid-19 di Provinsi Kepri. Karena, berbagai upaya dilakukan untuk membantu pemerintah serta satgas Covid-19 guna meningkatkan herd immunity.

Bagi di daerah daratan, mungkin upaya menyukseskan vaksinasi sedikit mudah. Namun untuk di wilayah Kabupaten Bintan yang terdiri dari wilayah kepulauan, perlu waktu, tenaga dan kesiapan mental yang lebih. Jangan heran, jika personel Polres Bintan bekerja di luar batas. Tak sedikit keringat dan energi yang dihabiskan untuk melakukan vaksinasi menjangkau pulau ini.

Baca Juga :  Cen Sui Lan: Opung, Program Jembatan Batam-Bintan Jangan Direcokin

Di Bintan, sinergitas Polri bersama TNI, Pemda, Satgas Covid-19 dan seluruh lapisan masyarakat terbilang semakin tinggi. Setiap daerah pulau yang dikunjungi Polres Bintan, antusias masyarakat untuk disuntik vaksin cukup tinggi. Tempat yang disinggahi Kapolres Bintan dan jajarannya tak cuma satu tempat. Dalam sehari, terkadang berpindah-pindah di lima hingga sepuluh pulau.

Tak cuma di daerah sekitar pulau yang berada di sekitar Pulau Bintan yang menjadi sasaran. Tim vaksinasi jangkau pulau (Nasi Kapau) Polres Bintan kini, sudah menjangkau hingga ke Pulau Pengikik, Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan.

Untuk menjangkau Pulau Pengikik, harus mengawali perjalanan dari Pulau Bintan ke Tambelan, sebagai ibu kota kecamatan. Dari Pulau Bintan menuju Tambelan, memerlukan waktu hampir sehari, sekitar 21 jam dengan kapal Pelni. Dari Tambelan menuju Pulau Pengikik, memerlukan waktu 5 jam lebih.

Begitu yang dilalui Personel Polres Bintan bersama TNI dan pemerintah Kecamatan Tambelan, tatkala berangkat dari Tambelan, Senin (1/11/2021) dini hari kemarin. Mereka pun tiba di Pulau Pengikik, Senin (1/11/2021) pagi.

Kapolsek Tembelan Iptu Epi Erianto menjelaskan, program Nasi Kapau ini adalah program Polda Kepri sampai ke jajaran Polsek-Polsek dalam jajaran Polda Kepri, yaitu pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat Kabupaten Bintan yang tinggal di daerah pulau terpencil yang berpenghuni di Kabupaten Bintan.

Jajaran Nasi Kapau Polres Bintan, menggandeng TNI, Kecamatan Tambelan dan Puskesmas Tambelan, dalam kegiatan tersebut turut hadir mendampingi tim vaksinator Camat Tambelan, Teguh Sakti Aji SSos, Danramil 07/Tambelan Kapt Inf M Yusuf, Danposal, Sertu Cecep dan Kepala Puskesmas Tambelan Yuliansisti SKep.

Baca Juga :  Dicari Sosok untuk Menjabat Ketua IKA Unri di Kepri

Saat tiba di pulau Pengikik, kapal motor tak bisa merapat langsung ke Pulau Pengikik. Karena tidak ada pelabuhan. Sementara, di pesisir pantai terdapat terumbu karang. Personel harus menggunakan perahu untuk mencapai pesisir pantai. Kapal motor, harus ditambatkan di tengah laut, sekitar 300 meter.

“Kedatangan rombongan Nasi Kapau disambut dengan antusias oleh masyarakat Desa Pulau Pengikik, Kecamatan Tambelan. Mereka juga antusias untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Karena sebagian besar masyarakat Desa Pulau Pengikik belum divaksin,” ujar Iptu Epi Erianto Kapolsek Tambelan mewakili Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono.

Di Pulau Pengikik ini, tim program Nasi Kapau juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang keuntungan vaksinasi Covid-19. Sehingga dengan mudah dicerna dan dipahami oleh masyarakat setempat, dan terlaksanalah program Nasi Kapau dengan sukses.

Jumlah masyarakat yang mendapat vaksinasi dari program Nasi Kapau tersebut 50 persen dari jumlah masyarakat Desa Pengikik. Karena, sebagian warga desa sedang melaut, menangkapkan ikan. Jumlah penduduk di Pulau Pengikik ini 150 jiwa yang terdiri dari anak-anak, remaja, dewasa dan lansia.

Dari data kependudukan, masyarakat Desa Pengikik yang harus mendapatkan vaksin itu sebanyak 100 orang. Warga yang diberikan suntikan divaksin oleh rombongan sebanyak 42 orang. Sebelumnya, warga sudah divaksin sebanyak 8 orang. Sehingga capaian vaksin untuk desa pulau pengikik 50 persen,” sebutnya.

Baca Juga :  Porter Pelabuhan Sri Bintan Pura Ditemukan Meninggal di Hotel Surya

Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono menyampaikan, setelah pelaksanaan Nasi Kapau di Desa Pulau Pengikik, dalam waktu dekat program Nasi Kapau akan dilaksanakan di Desa Pulau Mentebung dan Desa Pulau Pinang. Dua desa tersebut berada di luar pulau Kecamatan Tambelan, dengan jarak tempuh 5 sampai 7 jam dari pusat pemerintahan Kecamatan Tambelan.

Meski rintangan mengarungi laut ini cukup tinggi, tak pernah terbersit bagi polisi di jajaran Polres Bintan untuk surut ke belakang, dalam menjalankan tugas. Semangat kerja keras itu demi menjalankan misi kemanusiaan, dan menyukseskan program vaksinasi jangkau pulau (Nasi Kapau) yang digagas Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman.

“Kita sudah biasa berjam-jam mengarungi laut demi mengawal pelaksanaan program Nasi Kapau, yaitu vaksinasi jangkau pulau yang digagas Pak Kapolda Kepri,” kata AKBP Tidar Wulung, Kapolres Bintan, kemarin.

Selain memberikan vaksin kepada warga di daerah pulau, pihak kepolisian juga memberikan sosialisasi protokol kesehatan. Vaksin dan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, itu adalah ikhtiar melawan virus corona.

Kapolres Bintan berdoa, semoga wabah Covid-19 ini bisa segera berakhir. Dan aktivitas ekonomi masyarakat kembali bangkit lagi.

“Bagi kami, tak masalah harus berjam-jam mengarungi laut demi mengawal program vaksinasi menjangkau pulau, atau dinamakan Nasi Kapau ini,” demikian disampaikan AKBP Tidar Wulung Dahono, Kapolres Bintan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here