banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Dolkar Dapil Kepri meminta Kemenhub RI segera merevitalisasi pelabuhan Tarempa pada saat RDP Komisi V DPR RI dengan Sekjen Kemenhub RI, Rabu (14/6/2023). F- dok/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan ‘Ngotot’ ke Kemenhub RI Agar Pelabuhan Tarempa Segera Direvitalisasi

Komentar
X
Bagikan

Jakarta, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) tak putus asa, dalam memperjuangkan agar pelabuhan Tarempa di Siantan, Kepulauan Anambas. Cen Sui Lan ngotot ke Kementerian Perhubungan RI, agar pelabuhan bongkar muat di Siantan, Tarempa, Anambas itu segera direvitalisasi.

Perjuangan Cen Sui Lan untuk merevitalisasi pelabuhan Tarempa tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2021 lalu. Bahkan saat itu, Cen Sui Lan meminta agar pelabuhan di Tarempa direvitalisasi dan dibangun dermaga kapal roro. Permintaan tersebut disampaikan Cen Sui Lan kepada Kemenhub RI, sekaligus untuk membangun pelabuhan penyeberangan di Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas. Serta pelabuhan penyeberangan di Serasan, Kabupaten Natuna.

Baca Juga :  Dua Bersaudara Kandung Membobol Warung Lesehan, Kabur ke Batam, Ditangkap Polsek Binut

Menuru Cen Sui Lan, pelabuhan penyeberangan dan revitalisasi pelabuhan bongkar muat di Tarempa tak hanya berfungsi untuk pelabuhan roro. Tapi, berfungsi untuk kapal penumpang Pelni dan kapal pesiar dan bongkar muat barang. Tujuan revitalisasi pelabuhan Tarempa itu untuk memperlancar arus barang dan orang. Sekaligus untuk pengembangan sektor pariwisata di Anambas.

Tahun 2022, Cen Sui Lan juga menindaklanjuti upaya revitalisasi pelabuhan Tarempa. Bahkan Cen Sui Lan juga menampung aspirasi dari Abdul Haris Bupati Anambas. Ketika itu, hadir mitra Komisi V DPR RI yang dibawa Cen Sui Lan ke Kabupaten Kepulauan Anambas. Mitra itu terdiri Pejabat Tinggi Pratama Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Segera Menambah Vaksinator untuk Vaksinasi Kelompok Remaja

Selain itu, turut hadir Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR. Serta Ditjen Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan, Ditjen Perhubungan Udara (Hubud) Kementerian Perhubungan, dan Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan RI.

Upaya itu belum direalisasi sampai tahun anggaran 2023 ini. Cen Sui Lan pun ngotot agar Kemenhub merevitalisasi pelabuhan Tarempa, pada saat mengikuti RDP Komisi V DPR RI dengan Sekjen, Irjen dan Kepala Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub RI, Rabu (14/6/2023) lalu.

Baca Juga :  Segera Ikuti Seleksi PPAN Indonesia-Korea-Singapura, Berikut Jadwalnya

“Beberapa dermaga di wilayah Kepri itu perlu direvitalisasi. Seperti dermaga di Tarempa, kondisinya sudah sangat tua (lama). Pelabuhan bongkar muat itu urat nadi pertumbuhan ekonomi di Tarempa, Anambas. Kalau tidak direvitalisasi sekarang dan menunggu hancur baru direvitalisasi, itu akan memakan korban. Jadi, Pak Sekjen tolong dibantu,” tegas Cen Sui Lan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *