Beranda All News Cen Sui Lan: Basarnas Tanjungpinang Perlu Rusun dan Tempat Latihan

Cen Sui Lan: Basarnas Tanjungpinang Perlu Rusun dan Tempat Latihan

0
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI didampingi Riyadi selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Tanjung Pinang meninjau kantor dan fasilitas Basarnas Tanjungpinang, Senin (17/10/2022). F- yen/suaraserumpun.com

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri meninjau fasilitas Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang (Basarnas) Tanjung Pinang, Senin (17/10/2022) sore. Dalam peninjauan ini, Cen Sui Lan menyatakan, Basarnas Tanjungpinang memerlukan rumah susun (rusun) atau asrama untuk personel, serta tempat latihan.

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas merupakan mitra kerja Komisi V DPR RI. Sejak 2021 lalu, Cen Sui Lan selalu memberikan perhatian khusus kepada Basarnas. Terutama dalam melengkapi armada kapal maupun perlengkapan lainnya. Sebab, Kepulauan Riau (Kepri) merupakan bagian dari wilayah Indonesia yang terdiri dari pulau dengan luas perairan mencapai 98 persen. Kepri merupakan daerah pemilihan Cen Sui Lan.

Satu dari sekian program untuk Basarnas, tahun 2021 lalu, Cen Sui Lan mengalokasikan dana aspirasinya untuk pengadaan 6 armada kapal canggih. Kapal canggih ini dihibahkan kepada Basarnas. 6 unit armada Kapal Negara (KN) Search and Rescue (SAR) canggih milik Basarnas ini merupakan produksi perusahaan ‘anak negeri’ dari Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Begini Modus Oknum Guru di Karimun Mencabuli Lima Pelajar

Pelepasan 6 KN SAR dilaksanakan di jeti (pelabuhan) PT Karimun Anugerah Sejahtera (KAS), Tanjung Uncang, Kota Batam, Provinsi Kepri. 6 unit armada KN SAR ini yaitu KN SAR 247 Tetuka untuk Kantor Basarnas Banten. KN SAR 248 Sanjaya untuk Kantor Basarnas Medan. KN SAR 249 Permadi untuk Kantor Basarnas Surabaya. KN SAR 250 Puntadewa untuk Kantor Basarnas di Maumere. KN SAR 251 Parikesit untuk Kantor Basarnas Mamuju. Serta KN SAR 252 Seta untuk Kantor Basarnas Tarakan.

Tahun 2024, Cen Sui Lan ingin mengalokasikan lagi program untuk Basarnas. Khususnya untuk kelengkapan Kantor Basarnas Tanjungpinang yang membawahi 5 kabupaten/kota di Provinsi Kepri. Justru itu, Cen Sui Lan mengadakan pertemuan dengan Kepala Basarnas Tanjungpinang Riyadi, bersama staf dan pegawainya.

Baca Juga :  Nelayan Tanjung Unggat Dapat Bantuan Alat Tangkap Ketam dari Zakat ASN Pemko Tanjungpinang

Dalam kunjungannya, Senin (17/10/2022) sore, Cen Sui Lan meninjau pelbagai fasilitas dan ruangan Kantor Basarnas Tanjung Pinang di Km 8 Atas Kota Tanjungpinang. Pada kesempatan ini, Cen Sui Lan menerima beberapa aspirasi.

“Tadi sudah kita dengarkan, Basarnas Tanjungpinang memerlukan rumah rusun atau asrama untuk personel mereka,” kata Cen Sui Lan menjawab suaraserumpun.com di sela peninjauan Kantor Basarnas Tanjungpinang.

Namun untuk saat ini, lanjut Cen Sui Lan, untuk pembangunan perumahan atau asrama di Basarnas Tanjungpinang ini, masih terkendala lahan. Lahan Basarnas belum ada untuk pembangunan rusun atau asrama tersebut. Cen Sui Lan menyarankan kepada Kepala Basarnas Tanjung Pinang Riyadi, agar berkoordinasi dengan kepala daerah. Bisa melalui Wali Kota Tanjungpinang, Bupati Bintan atau Gubernur Kepri.

Cen Sui Lan menerima cendera mata dari Riyadi Kepala Basarnas Tanjungpinang, saat reses dan menerima aspirasi pembangunan rusun atau asrama personel serta tempat latihan. F- yen/suaraserumpun.com

“Kenapa kita memberikan perhatian khusus kepada Basarnas ini? Karena, Basarnas ini menjaga dan memperhatikan kemanusiaan. Tugasnya untuk kemanusiaan. Makanya, saya berkunjung ke Basarnas dan menyerap aspirasi mereka. Basarnas mitra kami di Komisi V DPR RI. Apa yang disampaikan mereka, akan kami koordinasikan dengan Basarnas pusat,” demikian penjelasan Cen Sui Lan di masa reses ke Bintan dan Tanjungpinang tersebut.

Baca Juga :  Saran Bupati Bintan, Beli Produk PKL dan UMKM Selama Penerapan PPKM

“Jadi, Basarnas sudah bekerja luar biasa. Sudah saatnya kita memikirkan kesejahteraan personel mereka. Kalau mereka mengajukan permohonan tempat latihan dan hunian atau rusun, akan kita perjuangkan dan dianggarkan pada tahun 2024 nanti,” sambung Cen Sui Lan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here