Beranda All News 2021, Cen Sui Lan Merealisasikan Rp31,4 Miliar untuk Pengembangan Pertanian di Lingga

2021, Cen Sui Lan Merealisasikan Rp31,4 Miliar untuk Pengembangan Pertanian di Lingga

0
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menyaksikan Tuti Sutiasiah, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) IV Kepulauan Riau Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, menyerahkan 12 paket P3TGAI kepada 12 P3A se-Kabupaten Lingga, Minggu (17/10/2021). F- Istimewa/Staf Ahli DPR RI

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri merealisasikan aspirasinya mencapai Rp31,4 miliar, khusus untuk pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Lingga. Anggaran dari pusat itu direaliasikan pada tahun anggaran 2021 ini.

Total anggaran Rp31,4 miliar tersebut dialokasi dalam bentuk kegiatan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI), dan pembangunan irigasi induk.

“Negara sangat awarnes terhadap fungsi irigasi dalam meningkatkan kapasitas produksi petani. Dan pemerintah akan terus konsen dalam mewujudkan petani yang sejahtera. Makanya, kita dukung pengembangan sektor pertanian di Lingga itu,” kata Cen Sui Lan yang berada di Jakarta, saat diwawancarai redaksi suaraserumpun.com melalui telepon, Sabtu (23/10/2021).

Baca Juga :  Polres Bintan Kembali Menggelar Vaksinasi Jangkau Pulau

Cen Sui Lan mengungkapkan, dirinya telah menyerahkan 12 paket Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI), pada saat kunjungan kerja ke Desa Bukit Pangkap, Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga, Sabtu (16/10/2021) sampai Minggu (17/10/2021) pekan lalu. 12 paket P3TGAI itu diserahkan kepada 12 Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) se-Kabupaten Lingga.

12 paket P3TGAI ini merupakan program aspirasi Cen Sui Lan untuk Kabupaten Lingga. 1 paket P3TGAI sebesar Rp200 juta. Sehingga total program aspirasi Cen Sui Lan khusus untuk para Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) se-Kabupaten Lingga itu sebesar Rp2,4 miliar.

12 P3A se-Kabupaten Lingga yang menerima kegiatan P3TGAI itu antara lain P3A Sri Rejeki Bukit Langkap. P3A Pangestu Bukit Langkap. P3A Jatayu Bukit Langkap. P3A Maju Jaya?Kerandin. P3A Suka Damai Kerandin. P3A Harap Panjang Kerandin. Dan P3A Jaya Bersama Kerandin. Tujuh P3A ini berasal dari Kecamatan Lingga Timur.

Baca Juga :  Dewi Kumalasari Balik Kampung, Berbagi Rezeki dengan Santri dan Anak Panti Asuhan

Selain itu, penerima program P3TGAI ini dua P3A dari Kecamatan Singkep Pesisir. Yaitu P3A Jaya Desa Lanjut dan P3A Makmur Desa Lanjut. Kemudian, penerima program dari P3A Penuh Berkah Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara. P3A Berkah Abadi Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara. P3A Hijau Berdaun Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga.

Cen Sui Lan Ang Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri memberikan pengarahan kepada 12 P3A pada saat serah terima 12 paket P3TGAI di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur, Lingga, Minggu (17/10/2021). F- Istimewa/Staf Ahli DPR RI

Selain kegiatan P3TGAI, Cen Sui Lan juga menjelaskan, usulan?program untuk pembangunan drainase induk di Kerandin, juga pada tahun anggaran 2021 ini, disetujuinya dengan anggaran Rp29 miliar.

Baca Juga :  Pengorder 2 Kilogram Sabu dan Ekstasi dari Malaysia Ditangkap di Sumbawa-NTB

“Jadi, untuk pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Lingga, totalnya sekitar Rp31,4 miliar direalisasikan tahun anggaran 2021 ini,” sebut Cen Sui Lan.

Untuk peningkatan pembangunan irigadi induk di Kerandin, lanjut Cen Sui Lan, merupakan program yang bertujuan agar irigasi di Kabupaten Lingga, berdaya guna dan dapat meningkatkan produktivitas para petani di Lingga.

“Apa yang sudah digagas oleh Pak Wello Bupati Lingga periode 2016-2021, terus saya dukung angarannya di APBN, lewat Ditjen SDA Kementerian PUPR,” kata Cen Sui Lan menambahkan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here