banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Danil Kepala BWS Sumatera IV, Sui Hiok, Agus Marli, Erlangga Kepala Satker Program Irigasi BWS, Camat Abdul Malik, dan tokoh masyarakat Desa Panggak Darat, menyaksikan air irigasi yang mengalir setelah pintu irigasi induk dibuka secara resmi, Selasa (16/5/2023). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan Meresmikan Irigasi Senilai Rp25 Miliar di Panggak Darat

Komentar
X
Bagikan

Lingga, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) meresmikan penggunaan irigasi senilai Rp25 miliar di Panggak Darat, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri, Selasa (16/5/2023). Peresmian penggunakan irigasi senilai Rp25 miliar di Panggak Darat ini, ditandai dengan membuka pintu air irigasi induk.

Peresmian program pembangunan irigasi senilai Rp25 milyar itu, Cen Sui Lan didampingi Danil Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV (Kepri) Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR. Turut hadir Sui Hiok Anggota DPRD Kabupaten Lingga. Agus Marli Anggota DPRD Lingga. Abdul Malik Camat Lingga dan Kades Panggak Darat.

Baca Juga :  BRK Syariah Memberikan Beasiswa kepada Puluhan Mahasiswa

Di sela peresmian irigasi senilai Rp25 miliar di Desa Panggak Darat, Kabupaten Lingga tersebut, Cen Sui Lan menyampaikan, berfungsinya irigasi ini dapat meningkatkan hasil padi dan palawija para petani. Pembangunan irigasi Panggak Darat ini juga menjadi upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Cen Sui Lan membuka pintu induk irigasi Panggak Darat, Kabupaten Lingga pada peresmian irigasi tersebut, didampingi Danil Kepala BWS Sumatera IV. F- nurul atia/suaraserumpun.com

“Serta memicu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lingga,” ujar Cen Sui Lan saat memberikan sambutan pada peresmian penggunaan irigasi induk di Panggak Darat, Kabupaten Lingga.

Cen Sui Lan yang juga Anggota DPR RI Terpopuler dari Fraksi Golkar ini menjelaskan, program pembangunan irigasi ini merupakan Usulan dari Muhammad Nizar Bupati Lingga, dan ditindaklanjuti oleh Cen Sui Lan kepada Menteri PUPR RI Basuki Hadi Mulyono.

Baca Juga :  Kadinkes Karimun Menyatakan Vaksin AstraZeneca Lebih Baik Dibandingkan Sinovac

“Kita anggarkan dalan Multi Years Contract (MYC) tahun anggaran 2022 dan tahun anggaran 2023,” jelas Cen Sui Lan Dewan Kehormatan PSMTI Provinsi Kepri.

Cen Sui Lan juga menjelaskan, irigasi di Kabupaten Lingga ini selain berfungsi untuk pertanian, juga sebagai fungsi obyek wisata. Karena kawasan irigasi ini ditata sebagai kawasan dengan estetika, dan bisa sebagai destinasi wisata.

“Anggaran Rp25 miliar itu juga kita gunakan juga untuk memperindah kawasan tersebut. Sehingga juga sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Lingga,” jelas Cen Sui Lan yang juga menjabat sebagai Penasehat IKA Lemhannas Provinsi Kepri.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri disambut penamilan pencak silat ketika tiba di lokasi bendungan irigasi Desa Panggak Darat, Kabupaten Lingga sebelum meresmikan irigasi induk. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Tahun 2023 ini, proses pengerjaan fungsi estetika irigasi Panggak sebagai fungsi destinasi wisata, baru mulai dimulai oleh pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) IV Sumatera Ditjen SDA Kementerian PUPR. Selanjutnya, pada tahun anggaran 2024, Cen Sui Lan meminta kepada Muhammad Nizar selaku Bupati Lingga, agar menyiapkan pascaprogram fisik, agar bersama-sama membina masyarakat.

Baca Juga :  Atlet Binaraga Bintan Meraih 2 Medali Emas di Porprov Kepri, Batam Juara Umum

“Sehingga, fungsional sebagai irigasi dan fungsional sebagai destinasi wisata, bisa terwujud. Agar bisa menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar kawasan tersebut, harap Cen Sui Lan yang juga tokoh nasional Partai Golkar Terpopuler tersebut. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *