Beranda All News Cen Sui Lan: Rp20 Miliar di 2023, Runway Bandara Letung Diperpanjang dan...

Cen Sui Lan: Rp20 Miliar di 2023, Runway Bandara Letung Diperpanjang dan Terminal Diperbesar

0
Cen Sui Lan Anggota Komisi DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri melihat kondisi runway- bandara Letung, di Anambas. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Batam, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menyatakan, tahun anggaran 2023 mendatang, runway bandar udara Letung di Kabupaten Kepulauan Anambas akan diperpanjang. Kemudian, terminal bandara tersebut akan direnovasi untuk diperbesar dari kondisi sekarang.

Pernyataan itu disampaikan Cen Sui Lan, setelah mendengarkan presentasi Agus Prihanto Kepala Otoritas Bandara (Otban) Sumatera Wilayah 2 Ditjen Hubud Kementerian Perhubungan, dan Andi Kepala Unit Pelaksana Bandara (UPB) Letung tentang updated bandara Letung, ketika menerima aspirasi reses di ruang rapat Kantor Bupati Anambas, Kamis (4/8/2022) lalu.

Presentasi ini dihadiri Abdul Haris Bupati Anambas, Wan Zulhendra Wakil Bupati Anambas, para Pejabat Tinggi Pratama Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, BMKG, Basarnas dan Tenaga Ahli DPR Victor Angsono, Teddy Martus, Agustar. Dalam rapat ini turut hadir para pimpinan OPD Pemkab Anambas dan 70 staf Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, sertta staf BMKG.

Baca Juga :  Ketentuan Terbaru Terbang Bersama Lion Air dan SUPER AIR JET, Anak 6-17 Tahun Bebas Rapid Tes

Cen Sui Lan mengungkapkan, bandara Letung, Kepulauan Anambas diperpanjang runway dan gedung terminal diperluas. Sehingga dapat mengakselerasi perkembangan kebutuhan ekonomi dan pariwisata Kabupaten Kepulauan Anambas. Runway eksiting 1.400 meter × 30 meter, menjadi 1.600 meter × 30 meter.

“Kegiatan ini masuk program tahun anggaran 2023. Pada saat Raker dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Hubud Nur Isnin maupun dengan pejabat Eselon I Sekjen Kemenhub Novie Riyanto meminta agar penambahan panjang runway menjadi 2.000 meter. Sehingga pesawat boeing bisa mendarat di bandara Letung, Anambas,” jelas Cen Sui Lan kepada suaraserumpun.com, Senin (8/8/2022).

Baca Juga :  Dewi Kumalasari Mengawali Rehabilitasi Kantor APSI Kepri

Cen Sui Lan menambahkan, program untuk penerbangan perintis ditambah di Bandara Letung. Sehingga kebutuhan pelayanan kepada masyarakat, baik itu untuk kepentingan pariwisata maupun ekonomi, dari sekali seminggu menjadi 3 kali seminggu. Dengan menggunakan eksisting yang ada. Sehingga kelancaran terhadap pelayanan penerbangan dapat menjawab kebutuhan pariwiwisata Kabupaten Anambas.

“Pariwisata Kabupaten Anambas akan lebih berkembang, jika infrastuktur bandara dan moda transportasi lainnya disiapkan secara paralel. Anambas ini, pariwisatanya luar biasa,” ujar Cen Sui Lan yang juga menjabat sebagai Dewan Kehormatan DPP Ikatan Tionghoa Muda (ITM) Kepri.

Baca Juga :  Pemilik J.CO Donuts Jadi Ambassador Promosi Wisata Bintan di Singapura

“Untuk perpanjangan runway dan memperbesar gedung terminal bandara itu, pada tahun 2023 dianggarkan sebesar Rp20 miliar. Kondisi nanti, dapat menampung 60.000 fax penumpang per tahun,” sebutnya.

Cen Sui Lan mendengarkan presentasi program perpanjangan runway bandara Letung dan renovasi terminal bandara dari Kementerian Perhubungan RI. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Nantinya, Cen Sui Lan juga akan menggunakan kewenangannya sebagai Anggota Komisi V DPR RI untuk penambahan anggaran subsidi penerbangan perintis bandara Letung. Dengan pertimbangan, kebutuhan layanan penerbangan untuk masyarakat dan pengembangan pariswisata.

“Tahun anggaran 2021 lalu, subsidi untuk penerbangan perintis untuk Kepri, banyak kita dapatkan. Makanya, untuk tahun berjalan 2022 dan 2023 ini, harus meningkat lagi. Karena pertumbuhan ekonomi dan parwisata mulai menggeliat lagi, pascapandemi Covid-19,” demikian ditambahkan Cen Sui Lan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here