banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan trofi kepada siswi berprestasi pada kegiatan O2SN tingkat Provinsi Kepri di Kota Batam. F- diskominfo kepri

O2SN SMA dan SMK Tingkat Provinsi di Batam, Berikut Pesan Ansar Ahmad

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H. Ansar Ahmad secara resmi membuka Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SMA dan SMK tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2024 di One Batam Mall, Batam, Jumat (28/6/2024). Berikut pesan Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Gelaran olahraga ini mengusung tema “Merdeka Berprestasi, Talenta Olahraga Menginspirasi” dan melombakan lima cabang olahraga yaitu Pencak Silat, Karate, Bulu Tangkis, Renang, dan Atletik.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad berpesan, event ini sebagai pengembangan bakat olahraga bagi siswa di Kepri.

“O2SN adalah ajang penting untuk menjaring bibit-bibit unggul olahraga dari seluruh Kepulauan Riau. Ini sejalan dengan misi kita untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehat, dan berdaya saing,” ujar Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Senkom Mitra Polri Menjadi Mata dan Telinga untuk Keutuhan NKRI

Gubernur Kepri menyoroti prestasi atlet Kepri di kancah nasional dan internasional. Tidak hanya Muhammad Ramadhan Sananta di cabang olahraga sepak bola yang mengharumkan Kepri dan Indonesia. Namun juga Tengku Muhammad Septiadi Ardiansyah di cabang olahraga e-sport, Agustine Wulandari di cabang olahraga voli, serta Claudions Reco di cabang olahraga kickboxing.

“Kita bangga dengan prestasi putra-putri Kepri di SEA Games Kamboja 2023 lalu. Ini membuktikan bahwa talenta olahraga Kepri mampu bersaing di level tertinggi,” tambahnya.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menghubungkan prestasi olahraga dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kepri. Berdasarkan Hasil Long Form Sensus Penduduk (SP) 2020, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2023 mencapai 79,08 poin, meningkat sebesar 0,6 poin atau tumbuh 0,76% dibandingkan capaian tahun 2022.

Baca Juga :  Polres Bintan Bersama Jajaran Berbagi Bendera Merah Putih di Jalan dan Laut

IPM Kepulauan Riau selalu berada pada status IPM kategori “tinggi” yang di atas rata-rata IPM Nasional 74,39 poin, menempatkannya sebagai urutan pertama di Pulau Sumatera dan urutan ketiga secara nasional.

“Peningkatan ini membuktikan bahwa sumber daya manusia di Kepulauan Riau mampu bersaing dengan provinsi lain di Indonesia. Meskipun Kepulauan Riau merupakan provinsi muda,” jelasnya.

O2SN Tingkat Provinsi Kepri diikuti oleh 106 peserta didik yang mewakili tujuh kabupaten/kota. Gubernur Kepri Ansar Ahmad berpesan kepada para peserta untuk menjunjung tinggi sportivitas.

Baca Juga :  Pemprov Kepri Menandatangani MoU dengan Dewan Pariwisata Thailand, Simak Misinya

“Bertandinglah dengan semangat juang tinggi. Namun tetap jaga sportivitas. Kalian adalah duta terbaik dari daerah masing-masing,” pesan Ansar Ahmad.

Acara pembukaan dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Warsita SS MPd, Tim Percepatan Pembangunan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Andi Agung SE MM, para kepala sekolah SMA/MA/SMK se-Provinsi Kepri, serta seluruh peserta O2SN. Pemenang dari masing-masing cabang olahraga akan mewakili Provinsi Kepri di O2SN tingkat nasional. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *