banner 728x90
Tim F1QR Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Karimun (TBK) mengamankan empat orang pencuri kapal di Selat Malaka dan digiring ke Markas Lanal TBK. F- pen lanal tbk

Tim F1QR Lanal TBK Menangkap Empat Pencuri Kapal di Selat Malaka

Komentar
X
Bagikan

Karimun, suaraserumpun.com – Tim F1QR Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Karimun (TBK) berhasil menangkap empat orang pelaku spesialis pencurian kapal di Selat Malaka. Empat pelaku pencurian itu ditangkap oleh Tim F1QR Lanal TBK saat akan bertransakasi hasil curiannya, Selasa (25/6/2024).

Selat Malaka merupakan salah satu perairan terpadat di dunia. Sehingga hal tersebut bisa saja timbul kerawanan kerawanan yang akan terjadi. Seperti contohnya Sea Theft atau pencuri di atas kapal yang sedang melintas, ataupun sedang lego jangkar.

Baca Juga :  Fahresi Angga Gunawan, Wasit Berlisensi ASTAF dari Bintan Memimpin Pertandingan di PON XXI Aceh-Sumut

Salah satu target operasi Sea Theft Tim F1QR Lanal TBK yang selama ini dilakukan pengintaian, berhasil Selasa (25/6/2024) pagi. Akhirnya kelompok tersebut dapat diamankan oleh Tim F1QR Lanal TBK saat akan bertransaksi hasil curiannya. Modus operandinya mereka dalam melakukan pencurian dengan melihat perlintasan kapal-kapal yang melewati Selat Malaka di salah satu Aplikasi Marine Trafick. Sehingga mereka dapat menentukan kapal target yang akan dicuri.

Kapal yang ditarget biasanya kapal yang memiliki kecepatan rendah/pelan. Sehingga pelaku dapat dengan mudah melaksanakan aksinya.

Baca Juga :  Gubernur Kepri: Mari Resapi dan Meneladani Rasulullah SAW

Lanal TBK sangat intens menyikapi permasalahan/kasus tersebut. Di samping membahayakan pengguna lalu lintas laut juga dapat mencoreng nama baik bangsa Indonesia di mata dunia.

“Tentunya Lanal TBK juga tidak dapat berjalan sendirian dan perlu dukungan dari stakholder terkait. Sehingga permasalahan keamanan di Selat Malaka dapat terjaga dengan aman bersama-sama.” jelas Danlanal TBK Letkol Laut (P) Anro Casanova saat memberikan keterangan pers, Jumat (28/6/2024).

Tim F1QR Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Karimun (TBK) menangkap empat orang pencuri kapal di Selat Malaka. F- pen lanal tbk

Anro menjelaskan, sampai saat ini pelaku dan barang bukti masih diamankan di Mako Lanal TBK, guna pemeriksaan lebih lanjut untuk mengungkap jaringan lainnya. Saat ini unsur patroli dan tim F1QR Lanal TBK terus berjaga di sepanjang Selat Singapura yang beririsan dengan perairan Karimun. Guna mengantisipasi segala macam bentuk kejahatan dan pelanggaran di laut. Serta menjamin keamanan dan keselamatan bagi pengguna laut yang melintas di perairan tersebut. (nurul atia/ion)

Baca Juga :  Sudah Terbentuk 14 LKSA di Tanjungpinang, Ketahui Apa Itu LKSA?

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *