banner 728x90
Wisawatan asing menyaksikan lomba Bintan Triathlon di pantai Lagoi Bay kawasan Bintan Resorts, baru-baru ini, dengan membayar visa on arrival (VoA) 30 hari. F- yen/suaraserumpun.com

Roby Kurniawan: Kebijakan Short VoA Bagi Turis Asing ke Kepri Segera Diberlakukan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan menyebutkan, kebijakan short visa on arrival (VoA) bagi wisatawan atau turis asing ke Kepri segera diberlakukan, dalam waktu dekat ini. Bupati Bintan menyambut baik kebijakan pemerintah pusat yang disampaikan oleh Menparekraf RI tersebut. Sebab, akan berdampak positif untuk kunjungan turis ke Kabupaten Bintan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, short visa atau visa kunjungan jangka pendek untuk wisatawan mancanegara (wisman) ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), segera diumumkan dalam waktu dekat.

Baca Juga :  Tampil Beda, Launching Vaksinasi Booster di Bintan Ada Oleh-oleh

“Yang akan segera diumumkan ini adalah short visa, yang tujuh hari di Kepri,” kata Menparekraf di Jakarta Pusat, Senin (24/6/2024) baru-baru ini.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menuturkan, dengan adanya kebijakan short visa atau visa kunjungan jangka pendek itu, diharapkan dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan asing ke Kabupaten Bintan.

Menurutnya, jika telah ditetapkan dan diberlakukan, Pemkab Bintan tentu menyambut baik atas kebijakan short visa on arrival atau visa kunjungan jangka pendek bagi wisatawan mancanegara (wisman) yang akan berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Baca Juga :  Bupati Bintan Melantik Ratusan Guru Menjadi P3K

“Kita terus meminta ke pemerintah pusat untuk memberikan kemudahan-kemudahan bagi kunjungan wisatawan asing ke Bintan. Karena hal ini sekaligus mampu meningkatkan pendapatan daerah,” kata Roby Kurniawan, Kamis (27/6/2024).

Kebijakan visa on arrival (VoA) jangka pendek memiliki kemudahan. Hanya membayar tarif 10 dolar, untuk kunjungan wisatawan selama 7 hari. Saat ini, Provinsi Kepri telah menjadi salah satu penyumbang wisman ketiga terbesar di Indonesia, setelah Bali dan Jakarta.

Tahun 2023, data Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan khususnya angka kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bintan, telah mencapai 589,07 ribu wisatawan yang terdiri dari 265,74 ribu wisatawan asing dan 323,32 ribu wisatawan nusantara. (yen)

Baca Juga :  Pemko Menghibahkan Aset Anjung Cahaya Jika Ada Tempat Baru buat Pelaku UMKM

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *