banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan didampingi Wabup Bintan Ahdi Muqsith serta FKPD mengangkat bendera start saat melepas peserta lomba Bintan Triathlon 2024 di pantai Lagoi Bay, Sabtu (1/6/2024). F- diskominfo bintan

Foto Bintan Triathlon 2024 Diikuti 35 Negara, Roby Kurniawan: Ini Kebangkitan Pariwisata

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Event bergengsi Bintan Triathlon digelar lagi. Bintan Triathlon 2024 diikuti ratusan triatlet dari 35 negara, Sabtu (1/6/2024) sampai Minggu (2/6/2024). Bupati Bintan Roby Kurniawan menyatakan, ini merupakan kebangkitan pariwisata Bintan.

Bintan Triathlon merupakan satu ikon olahraga wisata (sport tourism) di Kabupaten Bintan. Penyelenggaraan Bintan Triathlon tahun 2024 ini menyita perhatian dunia olahraga. Setelah vakum selama tiga tahun, Bintan Triathlon 2023 mulai menarik perhatian para atlet dunia dan turis mancanegara. Tahun 2024, lebih dari 400 atlet yang berasal dari 35 negara di dunia yang berpartisipasi.

Ketua TP-PKK Bintan Hafizha Rahmadhani melepas peserta Bintan Triathlon 2024 untuk kategori women. F- diskominfo bintan

Bintan Triathlon 2024 ini menguji ketahanan fisik melalui renang, bersepeda dan berlari secara berurutan. Sabtu (1/6/2024) mulai pukul 06.00 WIB, peserta dilepas langsung oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan didampingi Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith bersama FKPD Bintan.

Turut hadir Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Guntur Sakti mewakili Gubernur Kepri Ansar Ahmad. Ketua TP-PKK Bintan Hafizha Rahmadhani turut melepas Sabine Rohden dan puluhan triatlet. Hadir pula Ketua KONI Kepri Usep RS, Ketua KONI Bintan Dedi Sutanto, COO PT BRC Abdul Wahab, Sekda Bintan Ronny Kartika, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, Kadisbudpar Bintan Arief Sumarsono, dan pimpinan FKPD.

Peserta Bintan Triathlon 2024 dan Bupati Bintan Roby Kurniawan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum pelepasan peserta lomba. F- diskominfo bintan

Flag Off Bintan Triathlon kategori Enduro (101,5 Km), Olympic (51,5 Km) dan Sprint (25,75 Km) berhasil mengguncang perhatian seluruh pasang mata yang hadir. Menariknya lagi, atlet Triathlon ternama tanah air seperti Andy Wibowo, Inge Prasetyo dan Chaidir Akbar turut serta dalam kompetisi ketangkasan dan ketangguhan fisik ini.

PT Bintan Resorts Cakrawala bergandengan dengan TriFactor serta dukungan penuh Pemerintah Kabupaten Bintan dan Provinsi Kepri menjadikan salah satu event kebanggaan ini, dirasa sangat sukses.

Peserta lomba Bintan Triathlon melanjutkan balap sepeda setelah renang. F- diskominfo bintan

“Luar biasa Bintan Triathlon tahun ini (2024). Pesertanya pun bertambah dari tahun lalu. Ini salah satu jawaban bahwa pariwisata di Bintan benar-benar bangkit kembali,” kata Bupati Bintan saat memberikan keterangan pers, di Plaza Lagoi Bay, kawasan Bintan Resorts, Lagoi.

Baca Juga :  Memasuki Tahun Baru 2023, Adi Prihantara: Selesaikan LPJ 2022

Para atlet (triatlet) dari berbagai negara juga merupakan atlet yang cukup punya nama dalam dunia Triathlon. Nama besar seperti Arthur Tong, Elaine Young dan Choo Ling Er dari Singapura merupakan duta-duta yang mendukung gelaran Bintan Triathlon 2024. Ada juga beberapa atlet mancanegara yang semakin menambah pesona kelas dunia dalam Bintan Triathlon.

Bupati Bintan Roby Kurniawan didampingi Wabup Bintan Ahdi Muqsith serta FKPD menyapa peserta lomba Bintan Triathlon 2024. F- diskominfo bintan

“Pemerintah daerah akan selalu siap sepenuhnya mendukung event yang mengangkat nama Bintan di mata dunia ini. Tidak hanya kita kenalkan pesona alam Bintan, tapi kita kenalkan juga semua kekayaan yang ada di Bintan,” jelas Roby Kurniawan.

Melalui Bintan Triathlon ini, Roby Kurniawan berharap, bisa menambah hiburan bagi masyarakat. Karena, atlet yang berlomba tidak hanya atlet dalam negeri (nasional). Tapi, banyak atlet dari luar negeri. Kemudian, dari kegiatan Bintan Triathlon ini, bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Baik bagi pedagang UMKM maupun binaan PT BRC. Serta memperkenalkan Bintan kepada Indonesia dan luar negeri.

Bupati Bintan Roby Kurniawan, Wabup Bintan Ahdi Muqsith, Kadispar Kepri Guntur Sakti, FKPD, Ketua TP-PKK Bintan, Ketua KONI Kepri dan Ketua KONI Bintan berfoto bersama. F- diskominfo bintan

Untuk membangkitkan pariwisata Bintan, lanjut Roby Kurniawan, Pemkab Bintan bersama semua pihak terkait tidak hanya mengandalkan satu event seperti Bintan Triathlon saat ini. Dalam waktu dekat, Pemkab Bintan juga menggelar event Bintan Fishing yaitu lomba mancing di pantai timur Trikora. Bintan Fishing ini bisa dijadikan agenda tahunan, dan hadiahnya lebih besar lagi.

Baca Juga :  Polres Bintan Memburu Buronan yang Kabur dan Membegal Sepeda Motor Remaja

Event lainnya seperti Bintan Culture, Bintan Trekking (Gunung Bintan), dan Bintan Marathon. Serta event baru akan digelar di Pulau Tambelan, yaitu Pesona Tambelan akhir Juni 2024 ini. Kegiatan Pesona Tambelan ini, pesertanya terbuka secara umum. Peserta akan diangkut menggunakan kapal Roro, dari Tanjung Uban ke Tambelan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan didampingi Wabup Bintan Ahdi Muqsith, Kadisbudpar Bintan Arief Sumarsono, serta FKPD berfoto bersama dengan COO PT BRC Abdul Wahab. F- diskominfo bintan

“Upaya-upaya ini, untuk membangkitkan pariwisata daerah dan ekonomi masyarakat Bintan. Semoga Bintan Triathlon 2024 dan event-event pariwisata lainnya di Bintan berjalan lancar dan sukses,” harap Roby Kurniawan Bupati Bintan.

Pemenang Bintan Triathlon
Event Bintan Triathlon 2024 dibagi dalam beberapa kategori. Antara lain kategori enduro dengan perlombaan Berenang sejauh 1,5 Km, dilanjutkan dengan bersepeda sajauh 80 Km. Kategori Olympic Berenang sejauh 1,5 KM, dilanjutkan 40 Km. Kategori Sprint Berenang sejauh 750 meter dilanjutkan bersepeda sejauh 20 Km.

Peserta Bintan Triathlon kategori olimpic bersiap untuk berlomba. F- diskominfo bintan

Bintan Triathlon 2024 dengan pemenang di hari Sabtu (1/6/2024) kategori Enduro usia 18-39 Juara 1 yaitu Junya Nakadate yang berasal dari Jepang. Enduro Umur 40-49 Juara 1 Sami Nazar dari Perancis, Enduro Umur 50-59 Juara 1 Stephen Dow. Peserta Wanita Enduro umur 18-39 Juara 1 Priscillia Gunawan dari Indonesia. Enduro umur 40 ke atas Juara 1 Kayo Ikeda berasal dari Jepang.

Untuk kategori Olympic laki-laki umur 30-39 Juara 1 Guillaume Pichot dari Perancis. Kategori Olympic umur 40-49 Juara 1 Andy Wibowo dari Indonesia. Olympic umur 50-59 Juara 1 Tim Winter. Olympic Umur 60 ke atas Juara 1 Greg Donovan dari Selandia Baru. Peserta Olympic Wanita Umur 18-39 Juara 1 Ines Caby berasal dari Perancis.

Ketua GOW Bintan Sabine Rohden dan peserta Bintan Triathlon 2024 kategori women lainnya. F- diskominfo bintan

Kategori Sprint Umur 16-34 Juara 1 Kyan Kai Heng Low berasal dari Singapura. Sprint Umur 35-49 Juara 1 Chaidir Akbar dari Indonesia. Sprint Umur 50 ke atas juara 1 Takao Kato dari Jepang. Peserta Wanita Kategori Sprint Umur 16-39 Juara 1 Mei Tze Jacqueline Ann Chong dari Singapura.

Baca Juga :  Kunjungan Perdana Tahun 2023 ke Bintan Resorts Lagoi, Ada 280 Orang Turis

Kunjungan Pariwisata
Pada kesempatan lain, Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti menyatakan, pelaksanaan Bintan Triathlon tahun 2024 ini spektakuler dibandingkan tahun lalu. Pesertanya bertambah pada tahun ini. Rintangannya juga berat, para atlet menghadapi cuaca hujan.

Peserta Bintan Triathlon 2024 memasuki garis finis. F- diskominfo bintan

Guntur Sakti yakin, pelaksanaan event internasional di kawasan Lagoi akan lebih banyak lagi untuk masa mendatang. Terutama peserta yang mengikuti setiap event pariwisata di kawasan Bintan Resorts Lagoi ini. Sebab, jumlah kamar perhotelan di Lagoi sudah bertambah.

“Tadi, kita dapat laporan. Ada tiga hotel besar yang segera beroperasi. Dan jumlah kamar hunian hotel itu jumlahnya mencapai 1.500, dan akan bertambah lagi. Ini peluang untuk membikin kegiatan bertaraf internasional,” ucap Guntur Sakti.

Bupati Bintan Roby Kurniawan didampingi Wabup Bintan Ahdi Muqsith, Kadispar Kepri Guntur Sakti serta FKPD meninjau investasi Lagoi Bay usai pelepasan peserta Bintan Triathlon 2024. F- diskominfo bintan

Guntur Sakti menambahkan, hingga Maret 2024 data kunjungan wisman ke Kepri mencapai 377 ribu orang. Bintan menurutnya, menyumbang 15 persen kunjungan. Kepri sebagai daerah border di pariwisata internasional, memiliki 3 aspek penting. Yaitu alam, budaya dan pariwisata buatannya sudah ada.

“Pariwisata Kepri akan semakin berkembang. Buktinya, kawasan Bintan Resorts Lagoi sudah memiliki 3.000 kamar yang siap menampung kunjungan wisman,” kata Guntur Sakti menambahkan. (adv)

Editor: Sigik RS
Foto: Diskominfo Bintan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *