banner 728x90
Ratusan personel Polres Bintan dan gabungan mengikuti apel gelar pasukan pengamanan Bintan Triathlon 2024, Kamis (30/5/2024). F- dok/suaraserumpun.com

Polres Menurunkan Ratusan Personel Gabungan untuk Mengamankan Rute Bintan Triathlon 2024

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Ratusan personel Polres Bintan dan gabungan akan mengamankan rute lomba Bintan Triathlon 2024, Sabtu (1/6/2024) sampai Minggu (2/6/2024). Hal itu untuk mengantisipasi kerawanan yang terjadi terhadap ratusan peserta Bintan Triathlon dari 35 negara tersebut.

Polres Bintan selaku penanggungjawab tugas pengamanan melakukan pengecekan akhir kesiapan pasukan pesukan dengan melaksanakan apel gelar pasukan di lapangan Bhayangkara Polres Bintan, Kamis (30/5/2024). Apel gelar pasukan tersebut dipimpin oleh Wakapolres Bintan Kompol Amir Hamzah SH MH.

Apel gelar pasukan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bintan, Kasatpol PP kabupaten Bintan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan, Dinas Kesehatan, COO PT Bintan Resort Cakrawala, Event Organizer TriFactor, dan Pejabat Utama Polres Bintan serta ratusan personel yang terlibat dalam pengamanan.

Baca Juga :  Universitas Rhode Island Menawarkan Kerja Sama Peningkatan SDM ASN Pemprov Kepri, Begini Jawaban Adi Prihantara

Wakapolres Bintan menyampaikan, kegiatan Bintan Triathlon 2024 ini merupakan event internasional yang akan dilaksanakan Sabtu (1/6/2024) sampai Minggu (2/6/2024), di Kabupaten Bintan.

“Ini merupakan event berskala internasional yang banyak menghadirkan Warga Negara Asing (WNA). Maka pelaksanaan pengamanannya harus kita maksimalkan,” kata Wakapolres Bintan.

Melalui apel gelar pasukan ini, lanjutnya, dapat memastikan kesiapan personel pengamanan yang akan diterjunkan di lapangan. Guna menjamin pelaksanaan pengamanan event Bintan Triathlon 2024 ini, dapat terlaksana dengan aman dan lancar.

Kompol Amir Hamzah menyebutkan, Bintan Triathlon 2024 ini akan diikuti ratusan peserta dari 35 negara, termasuk atlet Indonesia. Dalam pelaksanaan perlombaan akan dibagi menjadi 3 kategori. Yaitu kategori enduro, kategori olympic dan kategori sprint, yang menggunakan jalur jalan raya di dalam kawasan wisata Lagoi maupun di luar kawasan wisata Bintan Resorts Lagoi.

Baca Juga :  Hardiknas 2024, Bupati Bintan: Pendidikan Itu Mutlak Hak Dasar Setiap Warga Negara

Hal ini tentunya memiliki berbagai potensi kerawanan. Seperti kecelakaan lalu lintas, teror dan kejahatan konvensional lainnya. Karena mencakup jalur jalan yang sangat panjang dan tentunya akan menimbulkan kerumunan warga yang menyaksikan perlombaan.

Dengan adanya berbagai kerawanan tersebut, pihak pengamanan yang terdiri dari unsur Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan instansi lainnya akan ditugaskan melakukan pengamanan Bintan Triathlon 2024. Personel pengamanan nantinya akan disebar ke titik-titik pelaksanaan kegiatan. Titik-titik keramaian maupun jalur jalan yang dilalui peserta.

Baca Juga :  Kawasan Gurindam Dua Belas Ditata, Ansar: Pedagang Anjung Cahaya Direlokasi ke Tempat Representatif

“Dengan pola pengamanan yang diterapkan ini diharapkan percepatan untuk melakukan bantuan pengamanan bila terjadi sesuatu dapat segera dilakukan untuk meminimalisir tingkat kefatalan terhadap gangguan yang terjadi,” jelas Wakapolres Bintan.

Wakapolres Bintan menekankan saat pelaksanaan tugas nantinya agar menjaga keselamatan diri dan kelancaran kegiatan yang akan dilaksanakan. Para perwira pengendali memberikan APP, teknis pelaksanaan tugas dan cara bertindak kepada seluruh anggotanya.

“Laksanakan pengamanan dengan disiplin dan penuh rasa tanggung jawab dan sesuai dengan SOP yang berlaku, mengedepankan komunikasi yang baik dan sikap humanis. Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan jaga kesehatan untuk mendukung pelaksanaan tugas tersebut,” demikian pesan Wakapolres Bintan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *