banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan meletakan batu pertama pembangunan jembatan Parit Bugis di Kampung Bukit Batu, Desa Bintan Buyu, Selasa (21/5/2024). F- dok/suaraserumpun.com

Jalan Bukit Batu Menuju Sri Bintan dan Gunung Bintan Via Persawahan Parit Bugis Dibuka Lagi

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan menghubungkan lagi jalan dari Kampung Bukit Batu Desa Bintan Buyu, menuju Desa Sri Bintan lewat atau via persawahan Parit Bugis. Jembatan kayu yang terputus di Parit Bugis, kini sudah mulai dibangun. Nantinya, jalan ini bisa untuk lintasan bagi petualang yang ingin trekking Gunung Bintan dari komplek cagar budaya Makam Bukit Batu.

Jembatan di Kampung Bukit Batu atau lebih dikenal dengan jembatan Parit Bugis, dibangun pada masa Ansar Ahmad menjabat sebagai Bupati Bintan. Kini, Ansar Ahmad sudah menjabat sebagai Gubernur Kepri. Pada saat jembatan Parit Bugis tersebut kondisinya bagus, bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

Baca Juga :  Ada Pelepasan Kawasan Hutan, Roby Kurniawan Mengimbau Warga Segera Daftar Kepemilikan Lahan

Bahkan, jembatan ini digunakan bagi para pecinta alam untuk melakukan trekking Gunung Bintan, jika memulai dari komplek cagar budaya Makam Bukit Batu. Sebab, dari Makam Bukit Batu saat melintasi jembatan Parit Bugis ini, para petualang akan melintas persawahan untuk menuju Kampung Bukit Enau. Dari Bukit Enau, baru melakukan pendakian Gunung Bintan. Panorama persawahan padi di Parit Bugis ini memesona bagi petualang.

Selain itu, jalan lintas jembatan Parit Bugis ini memperpendek jarak dari Bukit Batu menuju Desa Sri Bintan. Sehingga, jalan ini biasa digunakan para petani dan masyarakat untuk membawa hasil pertaniannya.

Tapi, jembatan Parit Bugis sebagai akses penghubung tersebut terputus akibat banjir dan laju debit air, pada akhir tahun 2020 lalu. Roby Kurniawan Bupati Bintan menginstruksikan kepada beberapa dinas terkait untuk langsung mengecek kondisi lapangan, yang saat itu dipimpin langsung oleh Sekda Bintan.

Baca Juga :  Cen Sui Lan: Basarnas Tanjungpinang Perlu Rusun dan Tempat Latihan

Hasilnya, tahun 2024 ini jembatan tersebut dibangun lagi dengan total anggaran Rp6,4 miliar, melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Bintan.

Selasa (21/5/2024) kemarin, Bupati Bintan Roby Kurniawan melakukan peletakan batu pertama pembangunan jembatan Parit Bugis tersebut. Bagi Roby Kurniawan, jembatan ini sangat diperlukan masyarakat. Sebab akan menghubungkan langsung Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan ke Desa Sri Bintan, Kecamatan Teluk Sebong. Atau sebaliknya.

“Harapan kita, tentu pembangunan jembatan ini bisa berjalan dengan baik. Sesuai dengan target dan sesuai dengan yang kita rencanakan,” kata Roby Kurniawan usai peletakan batu pertama jembatan Parit Bugis tersebut.

Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama warga berada di lokasi jembatan Parit Bugis yang akan dibangun permanen sebagai penghubung Kampung Bukit Batu menuju Desa Sri Bintan atau Gunung Bintan. F- dok/suaraserumpun.com

Menurut Bupati Bintan, akses ini sangat krusial bagi aktivitas perkebunan maupun pertanian masyarakat di dua wilayah tersebut. Ketika jembatan Parit Bugis itu putus, membuat masyarakat harus memutar jalur yang semakin jauh. Dan memerlukan waktu tempuh yang cukup lama.

Baca Juga :  Tragedi Bocah Diterkam Buaya, Jasad Rina Ditemukan Tak Utuh, Innalillahi Wainnailaihi Rajiun

“Saat jembatan ini selesai nantinya, kita harap akan membawa dampak positif. Khususnya bagi perekonomian masyarakat di wilayah ini,” demikian harapan Roby Kurniawan Bupati Bintan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *