banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan piala bergilir kepada H Muhammad Rudi Wali Kota Batam pada pembukaan MTQH ke-X Provinsi Kepri. F- diskominfo kepri

Ansar Ahmad Resmi Membuka MTQH Ke-X Provinsi Kepri di Kota Batam

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadis (MTQH) ke-X Provinsi Kepri di Astaka Utama Alun-alun Engku Putri, Batam Center, Kota Batam, Senin (20/5/2024) malam. Pembukaan ditandai dengan penyerahan piala bergilir dari Gubernur Kepri Ansar Ahmad kepada H Muhammad Rudi Wali Kota Batam sebagai tuan rumah atau panitia penyelenggara.

Pembukaan MTQH X Provinsi Kepri ditandai dengan pemukulan kompang oleh Gubernur Ansar, didampingi oleh Ketua TP-PKK Kepri, Wakil Gubernur Kepri selaku Ketua LPTQ, Bupati dan Walikota se-Kepri, Forkopimda, Ketua Dewan Hakim dan Ketua Panitia Pelaksana.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad berpesan agar ajang ini tidak hanya dijadikan sebagai acara seremonial belaka. Namun harus ada pesan yang terkandung di dalamnya.

“Kita dorong masyarakat untuk membaca dan mendalami Al-Quran dan menginternalisasi nilai-nilainya di dalam kehidupan dan di tengah-tengah masyarakat,” pesannya.

Baca Juga :  Hafizha Bangga, Duta GenRe Bintan Mengukir Prestasi

Ansar Ahmad mengatakan, kepada para Dewan Hakim untuk dapat kiranya memberikan penilaian yang objektif dan sebaik-baiknya. Karena penyelenggaraan MTQH X ini juga salah satu faktor yang menentukan adalah penilaian dewan hakim, agar bisa menghasilkan qari dan qariah yang berkualitas.

“Dan nanti bisa dapat menjadi duta-duta Provinsi Kepri di ajang MTQH Nasional yang akan di selenggarakan di bulan september yang akan datang,” kata Gubernur Kepri.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengucapkan terima kasih kepada Pemko Batam di bawah kepemimpinan Muhammad Rudi yang menjadi tuan rumah, para bupati dan walikota, dan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina selaku ketua LPTQ Kepri.

“Terima kasih kita sampaikan kepada Pemerintah Kota Batam yang berkenan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQH X Provinsi kepri tahun 2024. Juga kepada teman-teman bupati dan walikota yang telah ikut berpartisipasi aktif membawa seluruh kafilahnya ikut serta dalam semua rangkaian kegiatan MTQH X Provinsi Kepri. Dan juga kepada Ketua LPTQ ibu Wakil Gubernur beserta jajaran LPTQ Kepri yang bekerja bersama-sama mempersiapkan penyelenggaraan MTQH X Provinsi Kepri, Mudah-mudahan semua menjadi ladang amal ibadah kita semua,” pungkasnya.

Baca Juga :  Tuah Keramat Bukit Embun Juara, Berikut Daftar Pemenang Festival Pacu Jalur 2023

MTQH X Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024 yang dipusatkan di Kota Batam akan diselenggarakan selama 8 hari terhitung mulai tanggal 20 sampai dengan 27 Mei 2024.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan MTQH X Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024 akan diawali dengan malam ta’aruf pada Minggu (19/5) malam di Ballroom Pasific Palace Hotel, kemudian dilanjutkan dengan pawai ta’aruf, pelantikan dewan hakim, pembukaan bazar, dan Malam Pembukaan pada Senin (20/5).

Kemudian pelaksanaan MTQH dari Selasa (21/5) hingga Minggu (26/5). Acara ditutup dengan sidang pleno dewan hakim dan Penutupan secara resmi pada senin, (27/5).

Baca Juga :  Perolehan Medali Sementara Popda 2022 Kepri, Lingga dan Tanjungpinang Bersaing Ketat

Pagelaran MTQH X Tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2024 akan melombakan sebelas cabang musabaqah, di antaranya Cabang Seni Baca Al-Qur’an, Qira’at Al-Qur’an, Hafalan Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, Fahmil Al-Qur’an, Syarhil Al-Qur’an, Seni Kaligrafi Al-Qur’an, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ), eksibisi, Musabaqah Al-Hadits, dan Rebana.

Adapun venue pelaksanaan selain di astaka utama adalah di Masjid Tanjak Batam, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, SMPN 31 Batam, Politeknik Batam, One Mall Batam, Mega Mall Batam, dan Gedung LAM Batam. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *