banner 728x90
Dokumentasi Hj Dewi Kumalasari menyambut kedatangan Ibu Negara Iriana Jokowi meninjau stan Dekranasda Kepri di Solo. F- diskominfo kepri

Iriana Jokowi Mengapresiasi Keunikan Kerajinan Khas Kepri

Komentar
X
Bagikan

Solo, suaraserumpun.com – Ibu Negara Iriana Jokowi mengapresiasi keunikan kerajinan khas Kepri, saat meninjau stan Dekranasda Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), pada pameran Dekranas di lapangan Pamedan Mangkunegaran, Surakarta, Kamis (16/5/2024) pagi. Ibu Negara mengunjungi stan Dekranasda Kepri dalam acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Dekranas ke-44.

Saat mengunjungi stan Dekranasda Kepri, Istri Presiden RI itu disambut langsung oleh Ketua Dekranasda Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari Ansar. Di stan Dekransda Kepri, Iriana Jokowi mengapresiasi kepada Dekranasda Provinsi Kepri yang telah membina dan menampilkan produk-produk kerajinan khas Provinsi Kepri, baik kriya maupun wastra.

Baca Juga :  Roby Kurniawan Menyampaikan Kendala Lahan dan Benih Ikan buat Pengembangan BBI ke Komisi IV DPR RI

Ibu Negara juga sangat tertarik dengan produk-produk yang ditampilkan dan bahkan sempat memborong beberapa produk kriya berupa Bros Sisik Ikan.

“Saya ambil ini ya. Nanti akan digunakan untuk tamu kenegaraan, idenya juga sangat unik ini bagus kalau dikembangkan terus. Kepri kan banyak laut ya, ikannya juga banyak. Biasa sisik ikan kita buang, ini dibikin begini jadi bisa dijual, keren Kepri,” ucap Iriana Jokowi.

Dewi Kumalasari Ansar pun terlihat memperkenalkan beberapa kerajinan lainnya seperti tas rajut dan anyam, Kebaya Labuh, Songket dan Tanjak hingga batik dengan motif khas Kepri. Selain Ibu Negara, beberapa Ketua Dekranasda daerah lainnya juga mengunjungi stan Kepri.

Baca Juga :  Bandar dan Pembeli Chip Higgs Domino di Bintan Ditangkap Polisi

“Alhamdulillah banyak Ketua Dekranasda juga yang datang ke stan Kepri. Minimal kita bisa kenalkan produk Kepri ke daerah lain,” kata Dewi Kumalasari.

Pameran ini akan dihelat selama empat hari, mulai dari tanggal 15 hingga 18 Mei 2024, di Kota Surakarta, bersempena dengan HUT Dekranas ke-44. Sejak dibuka pada tanggal 15 Mei 2024, stan Provinsi Kepri ramai dikunjungi tamu dan tidak sedikit yang berswafoto di depan stan yang juga menampilkan model fashion carnaval khas Kepri.

Sebanyak 257 stan pada pameran kali ini memang cukup memanjakan mata dan menambah takjub akan kreativitas perajin nusantara. Dewi Kumalasari juga memanfaatkan momen tersebut untuk berkeliling melihat beberapa stan daerah lain untuk mengenal bagaimana kreativitas dalam melahirkan kerajinan yang bernilai jual dan bernuansa daerah.

Baca Juga :  BP Batam Segera Tagih Piutang dari Sumber PNBP

Selain mengikuti pameran, Dekranasda Provinsi Kepri juga ikut berpartisipasi dalam parade mobil hias dan diminta menampilkan fashion show wastra Kepri dalam rangkaian acara HUT Dekranas ke-44 di Solo. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *