banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyapa jemaat saat menghadiri Perayaan Syukur Ekaristi 25 Tahun Tahbisan Imamat di Gereja Katolik Maria Bunda, Kota Batam, Kamis (18/4/2024) malam. F- diskominfo kepri

Ansar Ahmad: Rp13,5 Miliar untuk Bantuan Gereja di Kota Batam

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad menyebutkan, tahun 2023 lalu, dana sebesar Rp13,5 miliar untuk bantuan gereja di Kota Batam. Hal itu disampaikan Ansar Ahmad saat menghadiri Perayaan Syukur Ekaristi 25 Tahun Tahbisan Imamat bertempat di Gereja Katolik Maria Bunda Pembantu Abadi Kavling Lama Batu Aji Kota Batam, Kamis (18/4/2024) malam tadi.

Perayaan Ekaristi dipimpin langsung Uskup Keuskupan Pangkalpinang Adrianus Sunarko dan dimeriahkan dengan pemotongan kue serta hiburan berupa musikalisasi puisi dan juga tarian Gampang Hala dan Gawi.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepri sejauh ini terus memberikan perhatian pada penguatan keagamaan sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara melalui program lintas agama. Hal ini demi agar moderasi dan toleransi beragama di Kepri tetap terjaga dan terawat.

Baca Juga :  Harapan Wagub Kepri Ketika Suaminya Dinobatkan sebagai Datuk Setia Amanah

Di antaranya, sebut Ansar Ahmad, melakukan penguatan dan kolaborasi terhadap forum komunikasi umat beragama, dan juga pemberian bantuan hibah untuk semua rumah ibadah termasuk di dalamnya gereja.

“Tahun 2023 lalu, kita alokasikan anggaran sebesar Rp94,4 miliar. Khusus Kota Batam dialokasikan bantuan sebesar Rp52,6 miliar dan sebanyak Rp13,5 miliar kita alokasikan untuk gereja,” sebut Ansar Ahmad Gubernur Kepri.

Menurut Ansar Ahmad, Pemerintah Provinsi Kepri juga terus memberikan bantuan dana insentif untuk Tim Pembinaan dan Pengawasan Keagamaan baik kepada guru agama non formal, penyuluh Non ASN hingga pemuka agama.

Baca Juga :  Cen Sui Lan: Hak Masyarakat Rempang Jangan Terabaikan Begitu Saja

“Selain penguatan program keagamaan, kita juga fokus pada pembangunan lintas sektoral, sebagai representasi pembangunan skala nasional. Mengingat Kepri sebagai salah satu daerah perbatasan sekaligus beranda luar Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Di antaranya, tambah Ansar, Pemprov Kepri memberikan asuransi bagi nelayan, program Kepri Terang, pemberdayaan program UMKM melalui modal subsidi bunga 0 persen, hingga pembangunan rumah singgah baik di Jakarta ataupun Batam.

“Akhirnya tak lupa saya mengucapkan selamat atas pelaksanaan Perayaan Ekaristi Peringatan 25 Tahun Tahbisan Imamat. Semoga perayaan ini memberikan kedamaian dan inspirasi kepada kita semua, serta makin meningkatkan nilai- nilai persaudaraan dan keharmonisan,” tambah Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Timnas Indonesia ke Final Piala AFF 2020, Ketum PSSI Beri Petuah Lagi

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Karimun Aunur Rafiq, Uskup Keuskupan Pangkalpinang Monsinyur Adrianus Sunarko, Pastor Paroki MBPA Referendus Dominus dan Emanuel Vengi Nivak, Ketua Paguyuban Nagekeo Aris dan Ketua Panitia Hironimus Nuga.

Selain itu, hadir Tim Percepatan Pembangunan Provinsi Kepri, Kadisnaker Provinsi Kepri Mangara Simartmata, Kabiro Adpim Dody Sepka Noviandy, dan para jamaat Gereja Katolik MBPA Kavling Baru Batu Aji Kota Batam. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *