banner 728x90
Ratusan perahu jong permainan rakyat berjejer di pantai Lagoi Bay kawasan Bintan Resorts pada pembukaan Bintan Regatta 2024 dan Bintan Jong Race Festival, Sabtu (30/3/2024). F- yen/suaraserumpun.com

Bintan Regatta 2024 dan Jong Race Festival Dimulai, Sehari 2.533 Turis Berkunjung ke Bintan Resorts

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Event internasional Bintan Regatta 2024 dan Bintan Jong Race Festival di pantai Lagoi Bay kawasan Bintan Resorts dimulai, Sabtu (30/3/2024). Ratusan perahu jong meramaikan Bintan Regatta 2024. Sehari, tercatat 2.533 turis atau wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Bintan Resorts, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Bintan Regatta 2024 merupakan event kolaborasi antara Bintan Resorts dan Changi Sailing Club, yang menarik minat bagi pecinta olahraga perahu layar. Dengan musim angin ideal di bulan Maret di Utara Pulau Bintan, peserta dapat menikmati pelayaran menantang di bawah sinar matahari tropis.

Baca Juga :  Begini Penjelasan Kasi Humas Polres Bintan Soal Sepeda Motor Ditinggal Pemiliknya di Pelabuhan Roro

Perahu layar tersebut berasal dari berbagai negara, termasuk Singapura, akan berkompetisi di utara Pulau Bintan. Jumat (29/3/2024) kemarin, di marina dekat pelabuhan feri Bandar Bentan Telani (BBT) di Bintan Resorts, Lagoi, sudah mempersiapkan diri. Pertandingan dimulai pada pukul 11.00 WIB, Sabtu (30/3/2024) hingga Minggu (31/3/2024) besok.

Selain Bintan Regatta, Jong Race Festival juga digelar, Sabtu (30/3/2023). Ratusan perahu jong dari belasan komunitas turut meramaikan Bintan Regatta 2024 di pantai Lagoi Bay, kawasan Bintan Resorts. Jong Race Festival 2024 ini dibuka secara resmi oleh Arief Sumarsono Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bintan, mewakili Bupati Bintan Roby Kurniawan.

Baca Juga :  Pemprov Kepri Lelang Enam Jabatan Tinggi Pratama, Berikut Tahapannya

Arief Sumarsono menyampaikan, Bintan Jong Race Festival ini merupakan upaya melestarikan budaya masyarakat Melayu di Bintan dan Provinsi Kepri. Jong ini merupakan permainan rakyat perahu layar dengan mengandalkan kekuatan tenaga angin di daerah kepulauan.

“Sampai sekarang, permainan rakyat jong tetap dilaksanakan di Bintan. Justru itu, kita gelar event Bintan Jong Race Festival, sekaligus meramaikan Bintan Regatta 2024. Event ini digelar di pantai Lagoi Bay, kawasan Bintan Resorts sampai, Minggu (31/3/2024) besok,” jelas Arief Sumarsono.

Arief Sumarsono Kepala Disbudpar Bintan membuka event bintan Jong Race Festival 2024 di pantai Lagoi Bay kawasan Bintan Resorts, Sabtu (30/3/2024). F- yen/suaraserumpun.com

Saat ini, sebut Arief Sumarsono, ada 12 komunitas dengan jumlah 170 perahu jong yang mengikuti Bintan Race Jong Festival. Sedangkan Bintan Regatta 2024 diikuti 11 tim dari luar negeri.

Baca Juga :  Gubernur Kepri: Mei Nanti, Rumah Singgah di Jakarta dan Batam Diresmikan

“Event ini menarik kunjungan wisatawan ke Bintan Resorts. Sehari saja (Sabtu ini), ada 2.533 turis asing yang masuk lewat pelabuhan internasional Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi,” demikian Arief Sumarsono. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *