banner 728x90
Perahu layar peserta Bintan Regatta yang menyisir pantai Bintan Resorts. F- bintan resorts

Weekend di Lagoi Bay, Saksikan Kontes Bintan Regatta 2024 dan Festival Maritim Jong

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bagi yang hobi travelling, nikmati liburan akhir pekan (weekend) pada Bulan Suci Ramadan ini, di Lagoi Bay, kawasan Bintan Resorts. Selama dua hari, para pengunjung bisa menyaksikan balapan perahu layar turis dari mancanegara, dalam event Kontes Bintan Regatta 2024 dan Festival Maritim Jong, Sabtu (30/3/2024) sampai Minggu (31/3/2024).

Pulau Bintan dikenal karena keindahan maritim. Bintan, akan menjadi tuan rumah bagi edisi kedua Kontes Bintan Regatta yang juga menyuguhkan Festival Jong sebagai atraksi tontonan yang menarik di pantai Lagoi Bay kawasan wisata Bintan Resorts di Kepulauan Riau.

Kontes Bintan Regatta 2024 dan Festival Maritim Jong direncanakan berlangsung pada tanggal 29 hingga 31 Maret 2024 ini. Event pariwisata ini memberikan pengalaman maritim yang menakjubkan bagi peserta dan pengunjung. Perahu layar akan bersaing sengit untuk meraih posisi podium tiga teratas dalam kategori Keelboat, IRC, Keelboat PY, dan Multihull.

Pada tahun pertama (2023), Kontes Bintan Regatta dipindahkan ke Changi Sailing Club, Singapura. Karena perairan Lagoi Bay dilanda cuaca buruk. Namun, tahun 2024 ini, diperkirakan cuaca lebih baik. Para peserta dari anggota Sailing Club Singapura diharapkan dapat bersaing di perairan wisata internasional ini.

Baca Juga :  Peserta Tour de Bintan 2022 Sudah 946 Pebalap, Roby: Terbanyak dari Singapura, Inggris dan Australia

Kolaborasi antara Bintan Resorts dan Changi Sailing Club menarik minat bagi pecinta olahraga perahu layar. Dengan musim angin ideal di bulan Maret di Utara Pulau Bintan, peserta dapat menikmati pelayaran menantang di bawah sinar matahari tropis.

Pada akhir pekan ini (weekend), perahu-perahu layar dari berbagai negara, termasuk Singapura, akan berkompetisi di utara Pulau Bintan. Mereka tiba, Jumat (29/3/2024) besok, di marina dekat pelabuhan feri Bandar Bentan Telani (BBT) di Bintan Resorts, Lagoi, untuk mempersiapkan diri. Pertandingan akan dimulai pada pukul 11.00 WIB setiap hari Sabtu dan Minggu, dengan perkiraan berakhir pukul 15.00-16.00 WIB.

Setelah menyelesaikan kontes mengarungi ombak dan angin, peserta akan menikmati jamuan makan malam bertemakan Sailor’s Night di Tidal Bar, Lagoi Bay, Sabtu (30/3/2024). Acara tersebut akan dimeriahkan dengan tarian tradisional, memperkaya pengalaman berwisata para pelayar di Pulau Bintan.

Delapan perahu dengan total 28 awak akan bersaing dalam perlombaan epik. Dimulai dari titik kordinat yang telah ditentukan di depan perairan Hotel Kapal Doulos Phos, melewati Nirwana Gardens Resorts dan Banyan Tree Resorts di destinasi pariwisata utama Kepulauan Riau ini.

Baca Juga :  Pekerja PT BRC Lagoi Diberikan Penyuluhan Tata Cara Berlalu Lintas

Nama-nama perahu ini, seperti Soluna, Kubilai Khan, Silhoutte, Grok This 2, Miss Visayan, Born in Fire, Birreguera, dan Remington, memberikan warna tersendiri pada perlombaan. Sementara, dua perahu dari manajemen Changi Sailing Club masing-masing bertugas memandu perlombaan, dan sebuah perahu lagi sebagai perahu penyelamat akan memastikan keamanan di sepanjang jalur pertandingan.

Anak Bintan asyik bermain perahu jong di pantai Lagoi Bay kawasan Bintan Resorts. F- yen/suaraserumpun.com

Dalam momen yang sama, juga ditampilkan Festival Jong, yaitu perahu layar tanpa awak. Perahu jong ini merupakan permainan tradisional masyarakat Kepulauan Riau. Perahu jong digerakan dengan tenaga angin. Festival Maritim Jong ini diprakarsai oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan.

Event ini menjadi tambahan tontonan yang seru dalam pesta festival maritim ini di hari kedua, Minggu (31/3/2204) pukul 14.00 WIB hingga selesai. Dukungan penuh dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan menambah semangat bagi pelaksanaan Bintan Regatta 2024.

Baca Juga :  Pelaku UKM Naik Kelas, Dewi Kumalasari: Kesenjangan Gender Masih Jadi Masalah

“Festival Jong yang diadakan sejalan dengan kontes Bintan Regatta ini bertujuan untuk memperkenalkan tradisi lomba miniatur perahu layar khas masyarakat Melayu, kepada pelayar internasional dan pengunjung di Bintan Resorts,” ujar Arief Sumarsono Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan usai rapat persiapan kegiatan dengan manajemen Bintan Resorts, beberapa hari lalu.

Chief Operating Officer (COO) PT BRC pengelola Bintan Resorts, Abdul Wahab berharap, Bintan Regatta akan terus berkembang. Untuk masa mendatang, diharapkan bisa mengundang lebih banyak peserta internasional dari negara tetangga.

“Seperti Malaysia, Thailand, dan pastinya Indonesia untuk berpartisipasi dalam event ini pada tahun-tahun mendatang,” tutur Abdul Wahab.

Awak perahu layar dalam event kontes Bintan Regatta 2024 menyaksikan festival jong di pantai Lagoi Bay. F- bintan resorts

Dengan demikian, Bintan Regatta 2024 tidak hanya menjadi ajang kompetisi atau balapan perahu layar bagi turis asing di perairan Pulau Bintan di kawasan Bintan Resorts yang memacu adrenaline. Tetapi juga menjadi panggung untuk mempromosikan keindahan maritim dan budaya Bintan kepada dunia.

Semoga Kontes Bintan Regatta 2024 dan Festival Maritim Jong ini terus memacu perkembangan pariwisata maritim di Pulau Bintan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *