banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad membubuhkan tanda tangan pada buku catatan tausiyah Ramadan milik pelajar di Masjid Miftahul Falah, Tanjungpinang, Rabu (20/3/2024). F- diskominfo kepri

Tausiyah Ramadan Gubernur Kepri di Masjid Miftahul Falah Tanjungpinang

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad melaksanakan Safari Ramadan di Masjid Miftahul Falah Tanjungpinang, Rabu (20/3/2024). Berikut tausiyah Ramadan Gubernur Kepri di Masjid Miftahul Falah Tanjungpinang.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan, limpahan berkah yang Allah SWT berikan selama bulan Ramadan hendaknya dimanfaatkan seluruh umat muslim untuk meraih derajat muttaqin di hadapan Allah SWT. Bulan Ramadan adalah bulan yang paling dinanti oleh seluruh umat muslim di dunia, banyak keistimewaannya.

“Tidak ada seorang muslim pun yang mengingkari segala nikmat yang nyata di setiap detik perjalanan Bulan Suci Ramadan,” kata Ansar Ahmad saat menyampaikan tausiyah Ramadan di Masjid Miftahul Falah Tanjungpinang.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengajak seluruh jemaah untuk bersungguh-sungguh beribadah pada bulan Ramadan, agar mencapai derajat manusia muttaqin sebagaimana dijelaskan oleh Allah SWT dalam Alquran, Surah Al-Baqarah Ayat 183.

Baca Juga :  Jadwal Perempat Final FGO Futsal Cup I Tanjungpinang

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menjelaskan, bulan Ramadan sangat istimewa. Karena Allah secara langsung memerintahkan kepada orang-orang beriman untuk menjalankan puasa seperti orang-orang terdahulu agar mencapai derajat manusia bertaqwa.

“Takwa sendiri adalah tingkatan yang paling istimewa dan telah berada pada tahapan yang paling tertinggi bagi seorang hamba Allah,” paparnya.

Secara rinci, Gubernur Kepri Ansar Ahmad memaparkan derajat manusia menurut Alquran. Tingkatan yang pertama adalah muslim. Untuk menjadi muslim dilakukan dengan mengucapkan dua kalimah syahadat sebagai bukti sumpah terhadap Allah dan Rasulullah Muhammad SAW.

Tingkat yang kedua adalah mukmin, adalah orang yang mengatakan keimanan dengan lidah, diyakini dengan hati, dan dikerjakan dengan perbuatan.

Baca Juga :  Bupati Bintan Menyerahkan Bantuan Beras untuk Masyarakat Dendun

Selanjutnya adalah level di mana orang-orang selalu merasakan kehadiran Allah dalam setiap kehidupannya, ia merasa melihat Allah dan Allah selalu melihatnya, level ini disebut seorang yang mukhsin.

Level selanjutnya adalah orang yang disebut mukhlis, yaitu orang-orang yang ikhlas yang melakukan segala sesuatu semata-mata hanya mengharap ridha Allah SWT.

Tingkatan terakhir adalah muttaqin, yaitu orang yang bertakwa, orang-orang yang bertakwa adalah orang-orang yang sukses dan berhasil.

Pada akhir tausiyahnya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga mengajak seluruh jemaah Masjid Miftahul Falah untuk menyambut bulan Ramadan kali ini dengan suka cita dan penuh makna.

“Kita menyambut bulan Ramadan itu harus dengan rona kegembiraan. Bulan Ramadan penuh dengan ampunan, amal ibadah akan dilipat gandakan. Oleh karena itu, dalam beribadah harus memiliki standar agar bisa selalu ditingkatkan. Kalau ibadah seseorang sudah memenuhi standar yang ia buat, maka suatu saat seseorang dapat meningkatkan porsi ibadahnya tersebut,” jelas Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Langkah Siluman Buayo Danou Juara, Ini Hasil Pacu Jalur di Topian Pincuran Sati Kecamatan Benai

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan bantuan hibah untuk Masjid Miftahul Falah sebesar Rp150 juta. Baznas Kepri menyerahkan bantuan untuk fakir miskin dan fisabilillah.

PJ Wali Kota Tanjungpinang Hasan SSos yang juga hadir pada kesempatan tersebut mengatakan, Pemko Tanjungpinang akan memberikan bantuan hibah untuk Masjid Miftahul Falah sebesar Rp100 juta, pada APBD Perubahan tahun 2024.

“Sedianya kami ingin memberikan Rp25 juta, namun yang Rp25 juta kami tahan dulu supaya bisa kami tambah jadi Rp100 juta di APBD perubahan,” kata Hasan SSos. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *