banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan memukul gong saat membuka Musrenbang 2024 untuk RKPD 2025, disaksikan Forkopimda di Bhadra Resort, Selasa (19/3/2024). F- diskominfo bintan

Musrenbang 2024, Bupati Bintan: Hampir Semua Misi Kepala Daerah Sudah Direalisasikan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 tingkat Kabupaten untuk RKPD tahun 2025, di Gedung Convention Hall Awandari Bhadra Resort, Selasa (19/3/2024). Dalam kegiatan Musrenbang 2024 ini, Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan capaian-capaian pembangunan. Serta realisasi visi misi kepala daerah masa jabatan 2021-2024.

Kegiatan Musrenbang 2024 dibuka langsung oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan. Hadir di dalamnya Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Pimpinan dan Anggota DPRD Bintan, Sekda Bintan Ronny Kartika, Forkopimda Bintan, seluruh kepala OPD, camat dan lurah/Kades se-Bintan, para tokoh masyarakat termasuk unsur Ormas, swasta hingga akademisi.

Bupati Bintan Roby Kurniawan meminta seluruh pihak khususnya para OPD untuk menciptakan terobosan dan melahirkan inovasi dalam seluruh programnya. Dirinya ingin kegiatan yang ada dan akan dilaksanakan nantinya tidak monoton dan terkesan hanya sebatas seremoni.

“Jangan lagi monoton itu dan itu saja, jangan pula hanya sekedae seremoni belaka. Wujudkan kolaborasi kita semua dengan dasar pemerataan pembangunan, kesejahteraan dan dampak akhirnya langsung dirasakan oleh masyarakat,” tegas Roby Kurniawan Bupati Bintan.

Berbagai isu dan tantangan yang ada saat ini diharapkannya dapat menjadi sasaran pembahasan yang selanjutnya dapat menghasilkan sebuah solusi. Berbagai prospek pembangunan yang terdiri dari berbagai aspek harus menjadi prioritas sesuai dengan skala kebutuhan yang sejatinya harus diprioritaskan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama Forkopimda dan peserta Musrenbang 2024 di Bhadra Resort. F- diskominfo bintan

Roby Kurniawan meminta kepada seluruh perangkat daerah dalam proses penyusunan RKPD tahun 2025 itu agar dapat melakukan identifikasi kebutuhan secara cermat.

Baca Juga :  Kejari Bintan Segera Melimpahkan Perkara Korupsi Dana Perguliran PNPM ke Pengadilan Negeri

“Serta memperhatikan dengan teliti, setiap usulan prioritas Musrenbang dari tingkat Kecamatan secara efektif dan efisien” tambahnya.

Bupati Bintan juga menegaskan, bahwa agenda-agenda strategis dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia harus terus berjalan. Percepatan penurunan angka kemiskinan ekstrem, angka stunting yang harus diturunkan, peningkatan akses dan kualitas pendidikan. Semuanya harus mendapatkan poin yang sesuai untuk dilaksanakan.

“Belum lagi tenaga kerja yang semakin produktif dan kompetitif. Jadi Saya minta perencanaan harus betul-betul rinci, betul-betul detail dan tentunya betul-betul tepat sasaran” jelas Rony menerangkan.

Musrenbang kali ini memang sedikit berbeda, Pemkab Bintan melaksanakan pembukaan di hari kedelapan Ibadah Puasa Ramadhan 1445. Dilanjutkan dengan buka bersama, diharapkan akan memperkuat kebersamaan. Sehingga penyusunan RKPD yang dijadwalkan esok hari akan lebih segar untuk membahasa berbagai catatan yang harua diselesaikan.

Baca Juga :  Peringatan Isra Mikraj di Polres Bintan, Simak Tausiyah Ustaz Dedi Sanjaya kepada Polisi

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Bintan bersama Kejaksaan Negeri Bintan terkait berbagai hal dalam pengawasan maupun pendampingan proses pelaksanaan pemerintahan. Hal ini menjadi salah satu wujud nyata komitmen dalam membangun sinergitas para pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Bintan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Wabup Ahdi Muqsith serta Kajari Bintan I Wayan Eka Widdyara memperlihatkan nota kesepahaman pendampingan proses pelaksanaan pemerintahan. F- diskominfo bintan

Kemudian, Bupati Bintan menyampaikan, realisasi pembangunan di Kabupaten Bintan pada saat ini. Berdasarkan rilis BPS, pertumbuhan ekonomi Bintan dari angka 4,44 persen naik menjadi 6,14 persen. Angka pertumbuhan ekonomi Bintan saat ini (6,14 persen), di atas angka pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepulauan Riau. Meski masih bisa maksimal lagi, karena ada data-data dari kawasan investasi yang belum masuk datanya.

Selain itu, Bupati Bintan juga menyampaikan, berdasarkan keputusan Menko PMK, data terakhir kemiskinan ekstrem Kabupaten Bintan di angka 0,19 persen sudah turun pada saat ini, pada angka 0 (nol) persen.

“Alhamdulillah, program-program yang kita jalankan itu menyasar secara tepat. Tapi, harus lebih dimaksimalkan lagi. Capaian ini berkat sinergitas dan kerja sama seluruh pihak,” sebut Roby Kurniawan.

Memasuki Musrenbang tahun 2024 atau di akhir masa jabatan kepala daerah 2021-2024, Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan, hampir semua visi dan misi kepala daerah sudah direalisasikan. Meskipun akhir masa jabatan itu seharusnya tahun 2025 mendatang. Kemudian, di awal tahun masa jabatan, terjadi wabah pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Kades Sebong Lagoi Menyatakan Tak Mengerti Roda Pemerintahan, Bikin Dewan Geram

“Tapi secara umum, janji-janji kita atau misi kepala daerah yang dirangkum, itu semuanya hampir terealisasi. Tahun 2024 ini, juga masih ada yang dijalankan. Nah, yang sedang kita gesa sekarang, yaitu meningkatkan pendidikan bersertifikasi. Ini implementasi misi kita mewujudkan SDM yang berkompeten bagi anak Bintan,” jelas Roby Kurniawan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan capaian pembangunan dan misi kepala daerah di sela pembukaan Musrenbang 2024. F- diskominfo bintan

Untuk tahun 2025 yang disusun pada Musrenbang 2024 ini, lanjut Bupati Bintan, program pendidikan bersertifikasi tetap dijalankan. Karena, ini menjadi dasar untuk memberikan peluang tenaga kerja bagi masyarakat Bintan.

“Ini sebagai upaya atau fokus kita, dalam menekan angka tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Bintan. Ini masuk misi kita saat kampanye dulu. Kemudian, rumah sakit stroke di Tanjung Uban, kita buat poli stroke di RSUD Bintan, di Kijang. 2024 ini juga sudah jalan,” terang Roby Kurniawan.

“Saya rasa, semua misi kepala daerah yang kita buat dulu, itu sudah berjalan dan terealisasi,” demikian ditegaskan Bupati Bintan. (adv)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *