banner 728x90
Sekdaprov Kepri Adi Prihantara bersama peserta forum perangkat daerah Provinsi Kepri di Hotel CK Tanjungpinang, Rabu (13/3/2024). F- diskominfo kepri

Forum Perangkat Daerah Kepri, Adi Prihantara: Akhir Maret, Musrenbang Provinsi

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Mewakili Gubernur Kepulauan Riau, Sekdaprov Kepri Adi Prihantara membuka Forum Perangkat Daerah Provinsi Kepulauan Riau tahun 2024 di Grand Ballroom Hotel CK Tanjungpinang, Rabu (13/3/2024). Adi Prihantara menyebutkan, hasil forum perangkat daerah ini akan dibahas lebih lanjuta pada Musrenbang Provinsi Kepri, akhir Maret nanti.

Sekdaprov Kepri Adi Prihantara menjelaskan, forum perangkat daerah provinsi adalah rangkaian dari tahapan perencanaan yang merupakan forum sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah. Guna merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah provinsi dan kabupaten/kota.

“Hasil forum perangkat daerah ini selanjutnya akan digunakan untuk penyempurnaan rancangan Renja perangkat daerah provinsi tahun 2024. Dan penyempurnaan rancangan awal RKPD tahun 2025. Tahapan selanjutnya adalah pelaksanaan Musrenbang, yang direncanakan pada akhir Maret 2024. Serta Musrenbangnas pada Mei 2024,” kata Adi Prihantara.

Baca Juga :  Piala AFF U-19 2022, Timnas Indonesia Naik ke Peringkat 2 Klasemen Sementara

Selain itu, Sekdaprov Kepri Adi Prihantara berharap, forum perangkat daerah ini bisa dimanfaatkan untuk menyelaraskan program dan kegiatan antarperangkat daerah. Untuk optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

Kemudian, mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah provinsi sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah, menyesuaikan pendanaan program kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah Provinsi Kepri. Serta menjadi bahan pemutakhiran rancangan RKPD provinsi. Selanjutnya dibahas di dalam Musrenbang RKPD Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Tim Wasev Mabesad Meninjau Realisasi Kegiatan TMMD Ke-119 di Bintan

“Semoga forum ini dapat digunakan dengan sebaik mungkin sebagai media konstruktif dan strategis dalam sistem perencanaan daerah dan dalam rangka peningkatan keberhasilan pembangunan Provinsi Kepri,” ucap Adi Prihantara.

Kepala Barenlitbang Provinsi Kepri Misni menerangkan, forum perangkat daerah bertema Optimalisasi Potensi Sumber Daya Alam secara Berkelanjutan dalam Akselerasi Peningkatan Ekonomi Kerakyatan ini dilaksanakan, tanggal 13 sampai dengan 15 Maret 2024. Peserta yang berasal dari OPD kabupaten/kota dan OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, kurang lebih 300 orang.

Baca Juga :  Klasemen Sementara U21 Turnamen Pembinaan Bintan, Katar dan Bintanesia Tersisih

“Pada forum ini akan dilakukan pembahasan dengan prioritas kegiatan yang akan dibahas dalam 3 kelompok pembahasan di antaranya untuk kelompok pertama bidang perencanaan pemerintah dan bidang pembangunan manusia. Kelompok kedua bidang perencaan ekonomi dan sumber daya alam. Serta kelompok ketiga bidang perencanaan infrastruktur wilayah,” sebutnya.

Turut hadir Tim Percepatan Pembangunan Provinsi Kepri, beberapa Kepala OPD Provinsi Kepulauan Riau serta Kepala Bappeda kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Riau. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *