banner 728x90
Hasan SSos Pj Wali Kota Tanjungpinang meninjau produk lomba Teknologi Tepat Guna (TTG), Kamis (17/3/2024). F- diskominfo tanjungpinang-

Pj Wali Kota Tanjungpinang Menginginkan DP3APM Membina Produk TTG Pascalomba

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Hasan SSos Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang menginginkan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) menindaklanjuti hasil perlombaan inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG), melalui pengembangan produk teknologi yang dihasilkan. Hasan meminta DP3APM melakukan pembinaan produk TTG pascalomba. Sehingga lomba TTG tidak sekadar kegiatan seremonial belaka.

Hal itu disampaikan Hasan ketika membuka Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna di aula Kantor Camat Tanjungpinang Barat, Kamis (7/3/2024). Hasan minta agar hasil kegiatan, atau teknologi yang dinilai keluar sebagai juara, harus menjadi referensi dann siap untuk diuji coba.

Baca Juga :  Plt Bupati Bintan dan Dubes RI untuk Singapura Minta Pembebasan VoA ke Pusat

“Jika memang teknologi yang dikembangkan peserta memiliki nilai manfaat bagi masyarakat, tentu harus dikembangkan secara luas. Jika ada yang masih kurang, dilakukan pembinaan melalui penyempurnaan teknologinya. Seperti itu hendaknya pembinaan yang dilakukan pemerintah. Tidak berhenti sebatas kegiatan telah dilaksanakan,” tegas Hasan.

Sebagai bentuk keseriusannya, Hasan akan menampilkan seluruh produk hasil lomba TTG selama 3 tahun terakhir pada pelaksanaan Jambore PKK bulan April 2024. Pada kesempatan itu, Hasan akan mengundang Badan Riset Nasional untuk secara langsung melihat dan melakukan pembinaan terhadap produk yang potensial.

Baca Juga :  Bedah Rumah Aspirasi Cen Sui Lan di Pena'ah-Lingga Sudah Dimanfaatkan Warga

Lomba inovasi TTG yang dilaksanakan DP3APM tahun 2024 diikuti oleh 8 peserta dengan 15 produk TTG. Menariknya, sebanyak 7 peserta merupakan pelajar sekolah menengah atas dan satu pelajar SMP Negeri 1 Tanjungpinang. Satu peserta lagi merupakan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia (STTI).

Hasan berkesempatan meninjau satu demi satu produk teknolgi tepat guna yang ditampilkan peserta. Mulai dari pembangkit listrik dari tenaga angin, pemotong bawang, pengering ikan, sampai pengolahan limbah menjadi lampu sensor gerak.

“Kita lihat bahwa banyak inovasi yang mampu dihasilkan para pelajar. Pemko akan segera merangcang sistem agar produk-produk teknologi ini dikembangkan lebih jauh. Pembinaan harus terus dilanjutkan agar teknologinya dapat diaplikasikan untuk mendukung kegiatan perekonomian, dan aktivitas masyarakat,” ungkap Hasan. (yen)

Baca Juga :  Kapolsek Gunung Kijang: Berawal Video Porno, Adik Tiri Dirayu hingga Dihamili

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *