banner 728x90
Hasan SSos Pj Wali Kota Tanjungpinang menerima Piala Adipura tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta, Selasa (5/3/2024). F- diskominfo tanjungpinang

Pemko Tanjungpinang Meraih Penghargaan Adipura 2023

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Pemerintah Kota Tanjungpinang meraih lagi penghargaan Adipura. Tahun ini, Kota Tanjungpinang meraih piala anugerah Adipura tahun 2023 kategori kota sedang.

Piala Anugerah Adipura itu diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Kota Tanjungpinang, Hasan SSos dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta. Selasa (5/3/2024). Penghargaan adipura diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada kabupaten/kota dengan kinerja baik dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau, dalam bentuk anugerah adipura kencana, anugerah adipura, sertifikat adipura, dan plakat adipura.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin mengharapkan penghargaan adipura menjadi representasi kesungguhan dalam mengatasi persoalan lingkungan, persoalan sampah dan ruang terbuka hijau.

Baca Juga :  Cerpen: PUASA

“Semoga dengan penghargaan ini menjadi pemicu semangat mengatasi persoalan sampah di masing-masing wilayah,” kata Ma’ruf Amin dalam sambutannya.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menambahkan, pemberian penghargaan adipura 2023 dilakukan berdasarkan hasil pemantauan fisik kota, penilaian kinerja pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau (RTH).

Kemudian, penilaian kondisi operasional dari TPA, serta melihat inovasi yang dilakukan daerah dalam mewujudkan kota bersih, teduh dan berkelanjutan.

Adipura merupakan penghargaan kota yang berhasil dalam kebersihan, serta pengelolaan lingkungan perkotaan dengan tujuan kepemimpinan dan komitmen pemerintah kota/kabupaten serta membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat untuk berperan menyelaraskan pembangunan ekonomi hijau.

Baca Juga :  Masyarakat Diimbau Mewaspadai Beredarnya Surat Palsu Pengangkatan Honorer dari KemenPAN-RB

“Fungsi sosial dan fungsi ekonomi pembangunan dengan menerapkan prinsip tata pemerintah yang baik bagi kota berkelanjutan,” terangnya.

Pj Wali Kota Tanjungpinang Hasan SSos bersyukur atas keberhasilan Kota Tanjungpinang meraih anugerah adipura kategori kota sedang bersama 106 kabupaten/kota lainnya.

“Anugerah adipura ini sebagai penghargaan dari Presiden Republik Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup terhadap kabupaten dan kota yang dianggap mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik,” ungkap Hasan.

Hasan berkomitmen bersama jajaran perangkat daerah akan terus menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaannya. Dengan anugerah adipura ini akan menjadi penyemangat dan motavasi untuk terus berbuat dan menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Juga :  Menuju Pemulihan Ekonomi, Ansar Ahmad Mencanangkan Vaksinasi Remaja 12-17 Tahun

“Atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, komunitas lingkungan, proklim, bank sampah, RT/RW, dan perangkat daerah yang terus mendukung dalam menciptakan lingkungan bersih di Kota Tanjungpinang,” demikian Hasan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *