banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menerima piagam Baznas Awards 2024 dari Kepala Baznas RI, pekan kemarin. F- diskominfo kepri

Baznas Kepri Borong Tiga Penghargaan di Baznas Awards 2024, Ini Prestasi Kerjanya

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memborong tiga penghargaan bergengsi di Baznas Awards 2024 di Jakarta, pekan kemarin. Penghargaan tersebut pantas diberikan kepada Baznas Kepri. Berikut ini alasan dan prestasi kerja Baznas Kepri.

Pada acara penyerahan Baznas Awards 2024 yang merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun Baznas RI ke-23, Baznas Provinsi Kepulauan Riau berhasil memborong tiga penghargaan bergengsi. Gubernur Kepri Ansar Ahmad dianugerahi sebagai Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Tingkat Provinsi. Baznas Kepri meraih penghargaan sebagai Pengumpul Zakat Terbaik tahun 2023 tingkat provinsi, dan diakui untuk Koordinasi Terbaik Antar Lembaga Tingkat Provinsi.

Baca Juga :  Laporan Warga, Pelabuhan ASDP Tanjung Uban Jadi Tempat Mabuk-mabukan bagi Remaja

Prestasi kerja Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2023 lalu, mencatatkan peningkatan yang signifikan. Terutama dalam pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) serta dana sosial keagamaan lainnya (DSKL) pada tahun 2023.

Pada tahun 2023, total pengumpulan dana ZIS dan DSKL mencapai angka Rp 9.375.583.789, menunjukkan pertumbuhan sebesar 113 persen dibandingkan tahun sebelumnya (2-22) yang berjumlah Rp 4.397.800.993. Kontribusi terbesar datang dari dana zakat mal perorangan yang menyumbang sekitar 90 persen dari total dana, dengan jumlah Rp 8.405.517.858.

Periode bulan Maret dan April 2023 menunjukkan kenaikan yang sangat signifikan, yang dipengaruhi oleh Peraturan Gubernur Nomor 54 Tahun 2021 dan Surat Edaran Gubernur Tahun 2022 tentang Optimalisasi ZIS. Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Dinas Pendidikan memberikan kontribusi terbesar dengan 45 persen dari total pengumpulan.

Baca Juga :  Polri Menerima Anggota Baru, Iptu Missyamsu Alson: Buka Website Berikut Ini

Selain itu, selama bulan Ramadhan 1444 hijriah, pengumpulan dana ZIS dan DSKL juga mengalami peningkatan sebesar 34 persen, dengan total pengumpulan sebesar Rp 1.581.060.295.

Baznas Kepri berkomitmen untuk terus meningkatkan pengumpulan ZIS, dengan harapan dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi kesejahteraan masyarakat. Keberhasilan ini merupakan langkah maju yang penting dalam upaya memperkuat tali solidaritas sosial di Kepulauan Riau.

Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad mengucapkan terima kasih kepada Baznas RI yang telah memberikan penghargaan ini. Gubernur juga mengapresiasi kinerja Baznas Provinsi Kepri yang telah berkontribusi dalam menyejahterakan masyarakat dan membantu pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan serta kesejahteraan umat.

Baca Juga :  Pasangan Robin Mencuat untuk Pilkada 2024 di Bintan, Begini Tanggapan Ketua Golkar

“Semoga ke depan program di Baznas Provinsi Kepri semakin ditingkatkan, semakin inovatif, dan semakin memberikan kemaslahatan untuk seluruh umat di Provinsi Kepri,” ujar Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad berharap dukungan kepada Baznas RI untuk terus meningkatkan peran dan fungsi zakat sebagai instrumen ekonomi syariah yang dapat memberdayakan masyarakat dan mengurangi kesenjangan sosial. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *