banner 728x90
Petugas membuka amplop bersegel hasil rekapitulasi tingkat PPK saat rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Bintan di Bintan Agro Resort, Senin (26/2/2024). F- yen/suaraserumpun.com

KPU Bintan Menggelar Pleno Terbuka, Wabup Bintan: Partisipasi Pemilih di Atas 80 Persen

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten Bintan pada Pemilu tahun 2024, di Ballroom Hotel Agro Beach Resort, Senin (26/2/2024). Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith memperkirakan, tingkat partisipasi pemilih di Bintan, di atas 80 persen.

Rapat pleno terbuka yang dilaksanakan KPU Bintan ini dihadiri Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) seKabupaten Bintan. Masing-masing PPK melaporkan hasil pemutahiran di wilayahnya masing-masing. Turut hadir Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, Wakil Ketua I DPRD Bintan Hj Fiven Sumanti, Ketua dan Komisioner KPU Bintan, perwakilan Forkopimda, Kepala OPD, Bawaslu, para saksi serta Pengurus Partai Politik (Parpol).

Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith berharap agar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara ini berjalan lancar. Serta mempercepat proses rekapitulasi hingga ke KPU Pusat. Dirinya yakin keterlibatan berbagai pihak akan memperlancar kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Membuka Program Bangga Kencana

“Harapannya tentu supaya semuanya berjalan lancar di atas koridor ketentuan regulasi yang berlaku. Semuanya untuk yang terbaik bagi bangsa ini. Khususnya untuk Bintan yang kita cintai ini,” kata Ahdi Muqsith.

Wakil Bupati Bintan bersama Ketua KPU dan Komisioner KPU Bintan serta Forkopimda saat rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara pada Pemilu 2024, Senin (26/2/2024). F- diskominfo bintan

Menurut Wabup Bintan, Pemkab Bintan dalam kapasitasnya selalu siap memberi dukungan. Agar setiap tahapan dalam pesta demokrasi ini bisa sukses sebagaimana yang diharapkan. Wabup Bintan mengapresiasi kepada jajaran TNI/Polri, tokoh masyarakat. Serta unsur lainnya yang turut serta menjaga ketertiban dan ketenangan selama masa kampanye, masa pemungutan suara hingga rekapitulasi di tingkat KPU Bintan, Senin (26/2/2024).

“Kalau kita terawang (gambaran), tingkat partisipasi pemilih di Bintan berkisar di atas 80 persen,” sebut Ahdi Muqsith Wakil Bupati Bintan.

Ketua KPU Bintan Haris Daulay secara resmi membuka rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten Bintan. Haris Daulay menyampaikan, rekapitulasi tingkat kabupaten ini adalah proses penghitungan atau penjumlahan hasil dari rekapitulasi dari masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tingkat kecamatan.

Baca Juga :  Jadwal Pertandingan Liga Champions: AC Milan Vs Liverpool, Barcelona Terancam!

“Rekapitulasi ini yang nantinya di tingkat kabupaten akan menjumlahkan hasil dari kecamatan dengan perolehan suara. Baik caleg parpol, calon DPD maupun Calon Presiden dan Wakil Presiden,” jelas Haris Daulay.

Haris Daulay mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pemilu. Sehingga Pemilu berjalan dengan lancar dan aman. Baik kepada jajaran keamanan baik TNI maupun Polri yang selalu mendampingi KPU mengikuti alur tahapan Pemilu 2024.

“Tanpa pengamanan yang baik, maka jalannya Pemilu tidak akan aman dan kondusif,” ujarnya.

Di lain hal, Haris Daulay mengungkapkan, sampai saat ini, tidak ada kendala dalam proses Sirekap maupun dalam penghitungan hasil perolehan suara di Kabupaten Bintan.

Baca Juga :  Satpolairud Polres Karimun Menggagalkan Lagi Pengiriman PMI Ilegal Ke Malaysia

“Alhamdulillah, tidak ada kendala yang berarti dalam rekapitulasi perolehan suara. Kalau pun ada, seperti pengambilan dokumen rekapitulasi, itu karena teknologi hapenya. Tapi, itu sudah kita perbaiki, dan tidak ada kendala dalam rekap hasil suara. Semuanya sinkron,” sebut Haris Daulay.

“Kalau untuk persentase pemilih, kita perkirakan kisaran di angka 80 persen,” sambungnya.

Haris Daulay Ketua KPU Bintan memberikan keterangan pers di sela rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada Pemilu-2024, Senin (26/2/2024). F- yen/suaraserumpun.com

Kemudian, lanjut Haris Daulay, hasil rapat pleno ini akan disampaikan ke KPU Provinsi Kepri.

“Kita sifatnya menetapkan hasil penghitungan perolehan suara. Untuk penetapan kursi DPRD Kabupaten Bintan, kita akan menunggu arah dari KPU Provinsi Kepri,” tambah Haris.

“Insya Allah, hasil pleno ini kita sampaikan ke KPU provinsi, Selasa (27/2/2024) besok atau Rabu (28/2/2024) lusa paling lambat,” demikian Haris Daulay. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *