banner 728x90
Gubernur Kepri H Ansar Ahmad dan Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah memberikan keterangan pers tentang pengamanan pemilu 2024 di sela meninjau TPS di wilayah Tanjungpinang dan Bintan, Selasa (13/2/2024). F- diskominfo kepri

Sehari Menjelang Pencoblosan, Gubernur Kepri Meninjau TPS di Tanjungpinang hingga Bintan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Sehari menjelang pencoblosan, Gubernur Kepri H Ansar Ahmad bersama Forkopimda Kepri meninjau langsung beberapa TPS di Kota Tanjungpinang dan Bintan, Selasa (13/2/2024). Setelah di Tanjungpinang, Gubernur Kepri dan Bupati Bintan Roby Kurniawan meninjau TPS di Kijang, Bintan Timur.

Turut serta pada peninjauan tersebut Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah, Kajati Kepri Rudi Margono, Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Watuseke, Kabinda Kepri Brigjen TNI Bonar Panjaitan, Asops Pangkogabwilhan I Laksma TNI Bambang Dharmawan, Pj Wali Kota Tanjungpinang Hasan SSos dan Bupati Bintan Roby Kurniawan.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama jajaran Forkopimda Kepri mengawali peninjauan TPS 042 Tanjungpinang di Jalan Usman Harun dan TPS 036 Tanjungpinang di Simpang Jalan Damai. Gubernur Kepri menyampaikan, peninjauan ini untuk mengecek langsung kesiapan TPS untuk menggelar pemungutan suara.

“Kami bersama Forkopimda Kepri turun langsung hari ini untuk melihat kondisi TPS yang ada di Tanjungpinang. Juga melihat kesiapan petugas KPPS untuk melayani masyarakat besok,” kata Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Camat dan Lurah Se-Kota Batam Kompak Tak Hadir di Rakor Se-Kepri, Begini Kata Gubernur

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengungkapkan, sampai Selasa (13/2/2024), persiapan pelaksanaan Pemilu di Provinsi Kepri sudah berjalan dengan baik dan lancar. Gubernur Kepri menekankan pentingnya koordinasi dan sinergitas antar lembaga penyelenggara baik KPU, Bawaslu, pemerintah daerah, dan TNI-Polri untuk memastikan penyelenggaraan pemilu bisa berjalan lancar.

Selanjutnya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan jajaran Forkopimda Kepri mengunjungi Puskesmas Sei Jang di Tanjungpinang untuk melihat kesiapan tenaga medis dan fasilitas kesehatan menghadapi Pemilu 2024.

Di Puskesmas Sei Jang, Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri mengatakan, untuk menjamin kesehatan penyelanggara pemilu maupun masyarakat, petugas medis akan berkeliling dan puskesmas bersiaga 24 jam penuh.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengecek kesiapan TPS di wilayah Kota Tanjungpinang bersama Pj Wako Tanjungpinang Hasan SSos sehari menjelang pencoblosan, Selasa (13/2/2024). F- diskominfo kepri

“Kita memitigasi dan menghilangkan resiko kejadian 2019 yang banyak sakit semoga di pemilu kali ini bisa jauh berkurang,” katanya.

Dari Tanjungpinang, rombongan bertolak ke Bintan untuk meninjau TPS 076 di Jalan Tenggiri, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur. Dilanjutkan peninjauan ke TPS 002 di Kampung Jati 2, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan timur.

Baca Juga :  Kapolres Bintan dan Imigrasi Bahas Kolaborasi Pengawasan Orang Asing

Di Kijang, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menambahkan, Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) sebagai ujung tombak suksesnya pelaksanaan pemungutan suara pemilihan Calon Presiden dan pemilihan legislatif di tingkat TPS, diminta melayani pemilih dengan baik.

“Sebagai penyelenggara di TPS, saya imbau agar keberadaan KPPS dapat membantu berikan ketertiban dan kelancaran dan ciptakan pemilu yang aman, damai dan sejuk. Kemudian Pastikan kembali DPT yang telah terdaftar, verifikasi kembali datanya baik daftar Pemilih tetap maupun daftar Pemilih tambahan. Hal ini perlu dipastikan agar menghindari kecurangan demi terwujudnya pemilu yang jujur dan adil,” ucapnya.

Ketua KPPS TPS 076 Kijang Kota, Muhammad Arafat, menyampaikan jumlah DPT terdaftar di TPS 076, sebanyak 279 orang. Sejauh ini menurutnya, persiapannya telah mencapai 99 persen, tinggal menunggu distribusi logistik dan tidak ada kendala berarti sehingga dapat dipastikan pemilihan besok dapat berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Untuk tempat pencoblosan kita gunakan ruang kelas sekolah Madrasah ibtidaiyah swasta, sementara diluar kami sediakan tenda untuk pemilih yang antri untuk pencoblosan. Jadi kalaupun terjadi hujan atau perubahan cuaca tidak terlalu berpengaruh terhadap teknis pelaksaan dilapangan sehingga dapat dipastikan kegiatan akan berjalan sesuai rencana,” ungkapnya.

Baca Juga :  Ini Makna Peringatan Hari Marwah Provinsi Kepri bagi Gubernur Kepri

Di sisi lain, Ketua TPS 002 Kelurahan Kijang Kota, Rifki mengatakan, dirinya diminta untuk memitigasi kemungkinan adanya cuaca ekstrem pada saat pencoblosan, dikarenakan lokasi TPS yang agak rendah.

“Ini tenda kami diminta untuk dipindahkan sedikit ke atas, mengantisipasi banjir atau air tergenang kalau besok hujan lebat. Untuk persiapan lain, saya kira sudah hampir selesai semua. Tinggal menunggu logistik kira-kira pukul 13.00 nanti,” ucap Rifki.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Bintan Roby Kurniawan mendiskusikan persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 di sela meninjau TPS di Kijang Kota, Bintan Timur, Selasa (13/2/2024). F- diskominfo kepri

Pada kesempatan lain, Bupati Bintan Roby Kurniawan menerangkan, persiapan Pemilu di Bintan, sudah oke. Bahkan untuk distribusi logistik Pemilu ke daerah terdepan seperti di Tambelan, sudah dilakukan lebih awal.

“Semoga lancar penyelenggaraan Pemilu di daerah kita ini,” kata Roby Kurniawan didampingi Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo dan FKPD lainnya. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *