banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengimbau masyarakat agar ikut mengawasi penyelenggaraan Pemilu 2024 pada saat dialog di stasiun radio di Tanjungpinang, Senin (12/2/2024). F- diskominfo kepri

Gubernur Kepri Mengimbau Masyarakat Ikut Mengawasi Penyelenggaraan Pemilu 2024

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengimbau seluruh masyarakat Kepri untuk ikut mewujudkan Pemilu bersih, jujur dan damai. Caranya, masyarakat ikut mengawasi penyelenggaraan Pemilu 2024. Cegah dan laporkan segala bentuk pelanggaran Pemilu yang ada, melalui saluran yang sudah disediakan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam dialog melalui stasiun radio di Tanjungpinang, Senin (12/2/2024). Turut serta dalam dialog tersebut Ketua KPU Kepri Indrawan Susilo.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad berharap masyarakat sadar bahwa Pemilu ini adalah penentu masa depan bangsa. Ia meminta masyarakat agar ikut memaksimalkan persentase keikutsertaan dalam pemilu.

“Mudah-mudahan dengan imbauan-imbauan dari pemerintah pusat, KPU, Bawaslu, pemerintah daerah dan kesadaran masyarakat dalam membangun demokrasi Saya kira seluruh masyarakat dapat hadir di TPS untuk memberikan hak pilihnya,” harap Gubernur Kepri.

Baca Juga :  2022, Iven Sport Tourism Digelar Lagi di Lagoi Bintan

Gubernur Kepri mengapresiasi teman-teman di KPU dan Bawaslu yang telah menjalankan tahapan demi tahapan Pemilu kali ini dengan baik. Menurutnya, dari pihak pemerintah daerah juga telah memastikan tahapan-tahapan dan kewajiban telah dipenuhi.

“Pertama dukungan anggaran Pemilu. Kita bersyukur Kepulauan Riau menjadi provinsi pertama dan kabupaten kotanya yang menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah. Kemudian untuk memastikan Pemilu berjalan baik kita juga sudah melaksanakan pelakor bersama seluruh Forkopimda dan stakeholder terkait beberapa waktu yang lalu untuk memastikan distribusi logistik berjalan lancar dan tepat waktu,” jelas Gubernur Kepri.

Baca Juga :  40 Juta Kendaraan Bermotor Belum Melunasi Pajak

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau telah berkomitmen dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu melalui alokasi anggaran terhadap penyelenggara Pemilu dengan total anggaran Rp199,1 miliar. Dengan rincian, untuk KPU Rp141,6 miliar dan Bawaslu Rp57,4 miliar.

Mengenai netralitas ASN dan peran Pemda untuk pemilih pemula, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, untuk menjaga netralitas ASN aturannya sudah jelas dan sudah ada. Kemudian peran Pemda untuk pemilih pemula pihaknya telah mendorong bahkan melakukan usaha jemput bola ke sekolah-sekolah bersama pemerintah kabupaten kota.

“Sampai saat ini boleh dikatakan dari persentase hampir tidak ada ASN yang berkecimpung langsung karena mereka sudah mengerti posisinya. Tapi kita juga menghimbau ASN untuk terus memantau perkembangan-perkembangan yang ada untuk juga dapat memberikan hak miliknya nanti. Kemudian untuk pemilih pemula kita juga sudah menyurati sekolah agar kepala sekolah mengidentifikasi anak-anak yang sudah punya hak sebagai warga negara untuk memiliki KTP,” tutup Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Lion Air Membuka Penerbangan Ibadah Umrah Rute Jakarta-Madinah

Ketua KPU Kepri Indrawan Susilo Pribowoadi mengatakan persiapan KPU pada H-2 menjelang pencoblosan berjalan lancar sampai saat ini. Sampai hari Minggu (12/2/2024), 60 persen logistisk telah bergeser ke kecamatan, Senin (12/2/2024), dituntaskan dan segera digeser ke kelurahan/desa. Selasa (13/2/2024) besok, akan didistribusikan ke TPS. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *