banner 728x90
Ketua KPU Bintan Haris Daulay bersama Wan Rudi Iskandar Asisten I Setdakab Bintan dan sejumlah OPD terkait usai menanam bibit pohon bersama petugas KPPS, Kamis (25/1/2024). F- yen/suaraserumpun.com

Usai Dilantik KPU, 3.472 Petugas KPPS di Bintan Langsung Menanam Ribuan Bibit Pohon

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Sebanyak 3.472 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) KPPS resmi dilantik oleh KPU Bintan di GOR Demang Lebar Daun Kijang, Kamis (25/1/2024) pagi. Usai dilantik, 3.472 petugas KPPS turut serta menanam ribuan bibit buah-buahan dan pohon pelindung di sekitar kawasan waduk Kolong Enam, Bintan Timur serta di daerah lainnya.

Petugas KPPS ini akan bertugas pada pemungutan suara pada Pemilu Tahun 2024, 14 Februari nanti. Kegiatan pelantikan petugas KPPS dipusatkan di masing-masing wilayah kecamatan, desa/kelurahan yang tersebar se-Kabupaten Bintan. Usai pelantikan dilaksanakan penanaman bibit pohon dan buah-buhan. 1 orang petugas KPPS menanam 1 bibit pohon.

Ketua KPU Bintan Haris Daulay menyampaikan, pelantikan tersebut sesuai dengan agenda masa kerja KPPS mulai aktif bekerja sejak tanggal 25 Januari sampai dengan 25 Februari 2024. Usai pelantikan ini, petugas KPPS akan mengikuti bimbingan teknis untuk pemahaman kerja-kerja berkenaan dengan kegiatan tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

Baca Juga :  Kejuaraan Futsal Zona Bintan, SMKN Bintan Timur dan SMKN Binut Mengamankan Tiket Perempat Final

“Berkenaan dengan agenda penanaman ribuan pohon yang dilakukan KPPS adalah bentuk perhatian KPU atas kontribusi alam. Bahwa Pemilu 2024 menggunakan bahan kertas yang bersumber dari pohon. Nah, sebagai penggantinya, kita menanam pohon,” sebut Haris Daulay.

Petugas KPPS di Bintan mengikuti pelantikan secara langsung di GOR Demang Lebar Daun Kijang, Bintan Timur yang dilaksanakan oleh KPU Bintan, Kamis (24/1/2024). Dilanjutkan dengan menanam ribuan bibit pohon. F- yen/suaraserumpun.com

Haris Daulay menyebutkan, Total kebutuhan bahan kertas untuk logistik Pemilu 2024 secara nasional sebanyak 65.998 ton. Maka, jika setiap KPPS kembali menanam pohon se-Indonesia, maka akan ada sebanyak 5,7 juta bibit pohon yang kembali ditanam se-Indonesia.

Haris Daulay mengucapkan selamat serta berpesan kepada petugas KPPS, untuk tetap menjaga independensi sebagai penyelenggara profesional yang bersikap sesuai dengan kode etik dan kode prilaku sebagai penyelenggara Pemilu 2024.

Baca Juga :  Sah, Roby Kurniawan Menjadi Bupati Bintan, Berikut Jadwal dan Tempat Pelantikannya

KPU Bintan juga mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten Bintan atas perhatian penyelenggara Pemilu di Kabupaten Bintan antara lain upaya perlindungan BPJS Ketenagakerjaan, pemeriksaan kesehatan, SDM untuk sekretariatan di jajaran badan Adhoc. Serta fasilitas-fasilitas yang digunakan untuk menyelenggarakan Pemilu 2024 di Kabupaten Bintan.

Haris juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang berkontribusi memberikan bibit pohon. Antara lain, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, BPDAS Sei Jang Duriangkang Provinsi Kepri, PT Buana Megawisatama, PT Surya Bangun Pertiwi (SBP) dan PWI Kabupaten Bintan.

Petugas KPPS di Bintan bersama KPU menanam bibit pohon dan buah-buahan usai pelantikan. F- yen/suaraserumpun.com

Turut hadir dalam agenda pelantikan petugas KPPS di GOR Demang Lebar Daun Kijang Asisten I Bidang Pemerintahan Wan Rudy Iskandar MM, Wakapolres Bintan Kompol Amir Hamzah SH MH serta Forkopimda Kabupaten Bintan. Pada saat pelantikan, sebagian petugas KPPS mengikuti pelantikan secara virtual di daerah masing-masing.

Baca Juga :  Kunjungan Kerja ke Polres Bintan, Dewi Yan Fitri: Dukung Tugas Suami

“Pelantikan ini menandai sudah resmi anggota KPPS mulai bekerja,” kata Wan Rudi Iskandar Asisten I Setdakab Bintan.

“Kita harapkan mereka punya komitmen menyelenggarakan Pemilu dengan sebaik-baiknya sesuai aturan yang berlaku, dan bersifat independen,” sambungnya. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *