banner 728x90
Ketua KONI Kepri Usep RS menjanjikan bonus atlet lebih besar, saat menerima berkas presentasi dari Ketum PBJI Kepri Rozi Juhendra, Kamis (25/1/2024). F- ist

KONI Kepri Menjanjikan Bonus Atlet Lebih Besar, Cabor Jujitsu Menargetkan 2 Medali di PON 2024

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – KONI Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjanjikan bonus atlet berprestasi di PON 2024 lebih besar, dibandingkan PON Papua lalu. Cabor jujitsu Kepri pun menargetkan 1 emas dan 1 perak (2 medali) saat mengikuti PON 2024 Sumut-Aceh, September 2024 mendatang.

Saat ini, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepri terus mematangkan persiapan. Targetnya, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut-Aceh 2024 itu, rangking kontingen Kepri harus jauh lebih baik dibandingkan PON 2020 Papua.

“Untuk cabor yang lolos jauh meningkat dibandingkan PON Papua lalu,” sebut Usep RS Ketua Umum KONI Kepri, di Kantor Sekretariat KONI Kepri di kawasan Sukajadi, Kota Batam, Kamis (25/1/2024).

Usep RS mengatakan, KONI Kepri tak puas hanya dengan bertambahnya jumlah cabor yang lolos PON 2024 Sumut-Aceh, dibandingkan jumlah cabor yang lolos PON Papu. Target raihan emas pada PON Sumut-Aceh pun menjadi perhatian bagi KONI Kepri.

“Untuk itulah, KONI Kepri mulai memanggil pengurus Cabor dan pelatih untuk memaparkan peluang raihan medali di cabor masing-masing,” jelas Usep.

Ada 29 cabang olahraga (cabor) yang akan dipanggil. Itu sudah dijadwalkan. Masing-masing cabor diberi waktu sekitar satu jam memaparkan target perolahan medali dan anggaran pelatihan daerah (pelatda) yang dibutuhkan. Jika sehari ada lima cabor yang dijadwalkan untuk presentasi, agenda itu digelar selama sepekan di Kantor KONI Kepri.

“Sebenarnya, KONI Kepri juga sudah bisa memetakan kekuatan perolehan medali PON XXI nanti berdasarkan hasil Porwil, Pra PON maupun BK PON,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pilkades di Tiga Desa Dikawal Seratusan Personel Polres Bintan

Usep menegaskan, presentasi cabor ini tetap harus dilaksanakan guna mematangkan kesiapan Kontingen Kepri.

“Dari hasil Porwil, Pra PON atau BK PON, presentasi pengurus cabor serta kajian kita di KONI Kepri. Nantinya, akan ada pemetaan pembinaan untuk persiapan PON Sumut-Aceh ini. Misal, Cabor yang menargetkan beberapa medali dan hasil Porwil atau Pra PON-nya juga bagus, nanti masuk pada kategori Super Prioritas. Kategori berikutnya Priorotas dan seterusnya. Jadi, setiap cabor yang lolos PON ini, besarnya anggaran pembinaan tentu tak bisa disamakan,” jelas Ketua KONI Kepri.

Dengan begitu, Usep optimis, target pada PON XXI 2024 Sumut-Aceh ini, Kepri bisa memperbaiki rangking kontingen.

“Sejauh ini, setidaknya kita bisa menarget sepuluh emas. Atau, bisa lebih,” sebut Usep RS.

Usep menjelaskan, ada 29 Cabor di Kepri yang lolos PON XXI. Dari 29 cabor itu tercatat ada 109 atlet. Dibandingkan periode lalu pada PON XX Papua, jumlah cabor yang lolos jauh meningkat.

“Di Papua lalu, total cabor di Kepri yang ikut PON hanya 14 cabor,” ujarnya.

Agenda selanjutnya, kata Usep, semua cabor yang lolos PON XXI Sumut-Aceh akan mengikuti Pelatihan Daerah (Pelatda) yang langsung di bawah pengawasan KONI Kepri.

“Diperkirakan setelah lebaran,” jawab Usep.

Kemudian, akan ada Training Centre (TC) yang sifatnya terpusat di satu lokasi. Selain program tersebut, nantinya KONI Kepri juga akan memfasilitasi atlet yang akan mengikuti pertandingan uji coba.

Rozi Juhendra, Ketua Umum Pengurus Besar Jujitsu Indonesia (PBJI) Provinsi Kepri menyebut optimis dengan target yang sudah ditetapkan.

Baca Juga :  Tahun 2022, 36 Ribu Sertifikat Tanah Selesai di Kepri

“Kita sangat optimis,” ujar pria yang akrab disapa Oji ini.

Cabor Jujitsu, salah satu cabor yang dijadwalkan presentasi pada Kamis (25/1/2024).

“Mendengar penjelasan dari Ketum KONI Kepri tadi, kita makin semangat menyiapkan atlet,” sebut Oji.

Walau sebenarnya, kata Oji, Kepri termasuk terlambat dalam melakukan Pelatda.

“Kita ketahui beberapa provinsi yang rangkingnya memang di atas kita, sudah menggelar Pelatda,” sebutnya.

Kendati KONI Kepri belum menggelar Pelatda, namun Cabor Jujitsu sudah menggelar Pelatda secara mandiri.

“Ini demi tercapainya target 1 emas dan 1 perak dari cabor Jujitsu,” ujar pelatih Jujitsu Sabuk Hitam DAN III Indonesia Spider Jujitsu (ISJ) ini.

Target ini tentu saja bukan asal ucap. Berdasarkan pengalaman dan prestasi dua atlet Jujitsu Kepri yang lolos, target itu bukan hal mustahil untuk dicapai.

“Terakhir, pada Babak Kualifikasi (BK) PON di Bekasi pada 28-29 Oktober 2023, Danang, atlet kita berhasil meraih perak. Yang hebatnya lagi, Danang juga bisa mengalahkan atlet dari DKI yang sudah punya jam terbang tinggi. Bahkan atlet yang dikalahkan Danang ini pernah memperkuat Timnas Jujitsu Indonesia di ajang multievent,” sebut Oji.

Hanya saja, kata Oji, pada BK PON itu, Danang belum bisa berdiri di podium tertinggi di kelas 69 Kg Newaza Putra itu lantaran kalah dari atlet Jawa Barat.

“Faktor kelelahan juga, selain atlet dari Jawa Barat ini juga mantan atlet nasional,” ucap Oji menyebutkan alasan Danang tak bisa mengalahkan atlet Jawa Barat.

Baca Juga :  Operasi Patuh Seligi 2021, Kapolres Bintan Mewanti-wanti WNA

Alhasil, Danang mampu meraih perak. Namun pada PON XXI Sumut-Aceh, Danang ditarget menyumbangkan emas. Begitu juga Tomi Riono, atlet Jujitsu Kepri lainnya. Bertanding di kelas Fighting System 77 Kg Putra, Tomi mampu menyumbangkan medali perunggu.

“Nantinya Tomi kita target dapat perak pada PON Sumut-Aceh,” sebut Oji.

Pada BK PON lalu, atlet jujitsu Kepri memang tak maksimal melakukan persiapan.

“Ya, itu tadi, KONI Kepri emang tak ada anggaran pembinaan untuk persiapan BK PON. Makanya, pada BK PON, kita hanya target lolos, masuk enam besar agar dapat tiket untuk PON. Namun hasil BK PON itu jauh di atas target,” ujar praktisi Brazilian Jiujitsu ini.

Nah, selain akan adanya program pelatda terpusat dari KONI Kepri setelah lebaran nanti, Oji menyebut janji KONI Kepri akan memberikan bonus lebih besar dibanding periode PON XX lalu diprediksi akan mencambuk semangat atlet untuk mempersiapkan diri.

“Tadi Pak Usep, Ketua KONI Kepri menyebut, pada periode PON XX lalu, atlet peraih emas mendapat Bonus Rp350 juta. Selain itu, selama empat tahun, menjelang periode PON berikutnya, atlet juga mendapat uang saku bulanan,” kata Oji.

Untuk PON XXI Sumut-Aceh, bonus yang dijanjikan pada atlet akan ditambah.

“Memang kata Ketua KONI tadi masih pengajuan, tapi nilainya lebih besar. Semoga saja ini bisa menambah semangat atlet untuk berlatih menyiapkan diri,” harap Oji. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *