banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri meninjau gedung BMKG untuk penempatan radar tercanggih dan termodern saat kunker ke Natuna, Selasa (16/1/2024). F- dok/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan: Agustus 2024, Radar Tercanggih dan Termodern Senilai Rp800 Miliar Sudah Berfungsi di Natuna

Komentar
X
Bagikan

Natuna, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri memperkirakan, radar tercanggih dan termodern serta satu-satunya di Indonesia sudah terpasang dan berfungsi di Natuna, pada Agustus 2024 nanti. Pengadaan radar canggih tersebut berasal dari aspirasi Cen Sui Lan, yang diperjuangkannya sejak 2 tahun lalu.

Cen Sui Lan begitu peduli, merakyat dan berpengalaman. Untuk kepentingan pertahanan NKRI serta pertumbuhan ekonomi di wilayah Provinsi Kepulauan Riau, Cen Sui Lan meminta kepada pemerintah pusat, agar disediakan radar canggih di Natuna. Pengadaan radar ini selalu disuarakan Cen Sui Lan dalam rapat dengar pendapat dengan kementerian terkait, di Komisi V DPR RI. Cen Sui Lan meminta radar yang dipasang di Natuna itu berjenis radar canggih MS-2 yang bisa mengcover (coverage) radius 500 km sampai dengan 600 km.

Penyediaan radar canggih MS-2 di Natuna, bertujuan mendukung keberadaan Flight Information Region (FIR), yang sudah diambil alih oleh negara Indonesia dari Singapura. Serta sebagai fungsi ekonomi dan pertahanan NKRI di wilayah Natuna sebagai daerah perbatasan antarnegara. Hal itu disampaikan Cen Sui Lan lagi pada saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Prof DR Dwikorita Karnawati Kepala BMKG, dan Marsekal Madya Hendri Alpiandi, di ruang rapat Komisi V DPR RI, Senayan, Jakarta, Februari 2023 lalu.

Baca Juga :  SSB Bina Bintang Muda Juara Umum Festival Sepak Bola PPSB Karya Muda

Dalam RDP itu, Cen Sui Lan mengingatkan kepada Dwikorita Kepala BMKG, agar pengadaan program radar canggih MS-2 di Natuna, mampu mengcover radius 500 sampai 600 Km. Pengadaan radar itu, harus segera. Karena hampir 2 tahun lalu, sudah diprogramkan. Bahkan gedung untuk fasilitas radar canggih tersebut, sudah selesai dibangun.

Selasa (16/1/2024) kemarin, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri didampingi Eko Prasetyo Kepala Pusat Meterologi Maritim BMKG, meninjau gedung BMKG Natuna. Peninjauan gedung tersebut merupakan rangkaian Kunjungan Kerja Cen Sui Lan ke Natuna. Di lokasi, Cen Sui Lan diterima Feriomas Kepala BMKG Natuna beserta stafnya.

Baca Juga :  Foto: Anggota DPRD Bintan Pantau Usulan Pembangunan di Musrenbang Kecamatan

Cen Sui Lan dan Eko Prasetyo Kapus Meteorologi Maritim BMKG meninjau satu per satu ruangan gedung BMKG Natuna yang dibangun secara Multi Years Contract tahun anggaran 2022, dan tahun anggaran 2023 senilai Rp15 miliar tersebut. Gedung ini hasil dari usulan Cen Sui Lan untuk kepentingan NKRI perbatasan negara.

Gedung ini sebagai pendukung untuk penempatan radar MS-2 radar tercanggih dan termodern di Indoensia. Pengadaan radar tersebut juga hasil perjuangan Cen Sui Lan. Radar MS-2 itu nantinya untuk mengumpulkan data data kepentingan ekonomi dan berfungsi untuk pertahanan negara Indonesia di wilayah utara.

“Sekarang, gedung BMKG di Natuna dalam tahap penyelesaian, atau finishing,” kata Cen Sui Lan kepada suaraserumpun.com, Rabu (17/1/2024).

Baca Juga :  Rakor Evaluasi Pelaksanaan APBD Bersama Gubernur Kepri dan Mendagri, Ini Kata Bupati Bintan

Cen Sui Lan merasa senang dan bahagia melihat hasil kerja dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara untuk pengadaan radar itu bisa terwujud. Gedung BMKG Natuna itu dipergunakan juga sebagai back office untuk radar tercanggih dan termodern jenis MS-2, yang dimiliki Indonesia.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri bersama Kepala BMKG saat meninjau gedung untuk penempatan Radar MS-2 di Natuna, Selasa (16/1/2024). F- dok/suaraserumpun.com

“Saya melihat langsung untuk lokasi penempatan radar tercanggih senilai Rp800 miliar itu. Sudah 2 tahun lebih saya perjuangkan radar tercanggih, termodern itu. Radar ini berfungsi untuk kepentingan ekonomi dan juga fungsi pertahanan,” ujar Cen Sui Lan yang juga Penasehat IKAL Lemhanas Provinsi Kepri itu.

“Alhamdulillah, Agustus 2024 nanti, radar tersebut sudah ready dan terinstal di Natuna. Puas rasanya kita bisa memperkuat NKRI di perbatasan (Natuna-Kepri). Radar itu bisa mengcover sampai 500 km,” tambah Cen Sui Lan tokoh nasional Perempuan Partai Golkar Terpopuler ini. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *