banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota DPR RI Dapil Kepulauan Riau (Kepri) masuk empat tokoh dan politisi perempuan Partai Golkar terpopuler periode Desember 2023. F- golkarpedia

Cen Sui Lan Masuk Empat Tokoh dan Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Periode Desember 2023

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota DPR RI dari Dapil Kepulauan Riau (Kepri) masuk ke dalam daftar empat tokoh dan politisi perempuan Partai Golkar terpopuler periode Desember 2023. Sebelumnya, Cen Sui Lan beberapa kali juga masuk ke dalam daftar tokoh perempuan Partai Golkar yang masuk sepuluh besar terpopuler.

Mengutip dari golkarpedia.com, Mengenai kategori politisi perempuan terpopuler, kami mengangkat hal ini karena merasa dunia politik dan perempuan merupakan dua entitas kata yang jarang didengar beriringan. Politik adalah dunia yang dianggap keras, penuh perdebatan dan silang sengketa persepsi, jauh dari sifat perempuan yang dianggap lembut, bersifat keibuan dan mengedepankan perasaan.

Namun seiring perjalanan waktu hingga dunia semakin modern, keberadaan perempuan mulai mengisi segala lini kehidupan, termasuk dunia politik sebagai profesi yang diisi oleh kaum perempuan.

Partai Golkar sendiri memberi porsi penting bagi keberadaan perempuan di dalam lingkup organisasi politiknya. Beberapa nama perempuan hebat berada di Partai Golkar, sebut saja politisi perempuan senior Partai Golkar Popong Otje Djundjunan atau Ceu Popong, lalu ada pula nama Mien Sugandhi yang pernah menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan era orde baru pada tahun 1993-1998.

Baca Juga :  Menko PMK: Pemerintah Mengizinkan Salat Tarawih Berjemaah dengan Protokol Kesehatan

Dewasa ini, dunia politik utamanya Partai Golkar mulai diminati secara serius oleh kaum perempuan. Di DPR RI kursi legislatif yang diisi oleh kaum perempuan Partai Golkar mencapai 19 jumlahnya. Belum lagi menghitung seberapa banyak perempuan kader Partai Golkar yang menjabat sebagai kepala daerah atau berkiprah dalam bidang lainnya.

Berangkat dari hal tersebut, kami redaksi Golkarpedia.com mencoba melakukan riset terkait dengan siapa saja politisi perempuan Partai Golkar yang dikenal akrab di telinga publik.

Kami menggunakan indikator pemberitaan bulan Desember 2023 untuk mengukur popularitas para politisi perempuan ini. Semakin banyak pemberitaan yang tercatat menulis namanya atau mengulas mengenai dirinya, maka semakin populer lah politisi perempuan ini di kurun waktu periode yang kami tentukan.

Di urutan pertama, Golkarpedia.com menemukan nama Ketua DPD I Partai Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah. Ia mendapatkan posisi pertama dengan 321 pemberitaan selama periode bulan Desember 2023. Reach yang dihasilkan dari pemberitaan miliknya adalah sebesar 876.395 jangkauan.

Baca Juga :  HUT Bhayangkara, 18 Personel Polres Bintan Naik Pangkat

Di posisi kedua ada nama Ketua Umum KPPG, Airin Rachmi Diany. Perempuan yang dicalonkan Partai Golkar sebagai Gubernur Banten ini pada Desember 2023 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 220 berita dengan reach mencapai 871.841 jangkauan.

Di posisi ketiga ada nama baru yang masuk, yakni Cen Sui Lan legislator Partai Golkar asal Kepri yang kini duduk di Komisi V DPR RI. Komisi V DPR RI membidangi persoalan infrastruktur dan perhubungan. Untuk periode Desember 2024, Cen Sui Lan memiliki 166 pemberitaan dengan jangkauan mencapai 305.067 reach.

Pemberitaan terkait dengan Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri ini, di antaranya adalah alokasi anggaran yang diperjuangkannya sebesar Rp. 300 miliar untuk pembangunan tahap awal estuari di Siantan Timur. Kemudian pemberitaan mengenai alokasi anggaran sebesar Rp. 36 miliar yang juga diperjuangkannya untuk pembangunan Pelabuhan Ro-ro Kuala Maras.

Baca Juga :  Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto Berkunjung ke Pulau Penyengat, Warga Mengadu Soal Ketersediaan Air Bersih

Informasi lainnya terkait nama Cen Sui Lan adalah realisasi sarana air bersih hasil alokasi anggaran aspirasi sebesar Rp. 1,5 miliar untuk Desa Tarempa Barat Daya. Selanjutnya terkait penyerahan dua unit mobil operasional yang dilakukan olehnya untuk sekolah swasta di Karimun. Serta alokasi anggaran sebesar Rp. 114 miliar yang dikucurkan dari aspirasi Cen Sui Lan untuk tanggulangi banjir di Tanjungpinang.

Di posisi keempat ada nama Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) DPP Partai Golkar. Pada periode Desember 2023, Meutya Hafid memiliki 139 pemberitaan dengan jangkauan paling besar di antara lainnya, yakni mencapai 1,3 juta reach. Besarnya jangkauan pemberitaan Meutya Hafid ini terjadi lantaran lebih banyak media massa nasional dibanding media lokal yang memuat pemberitaan mengenai dirinya. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *