banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama Ketua TP-PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari bersilaturahmi dengan masyarakat Bintan di Desa Sebong Lagoi, Teluk Sebong, Senin (15/1/2024) malam. F- diskominfo kepri

Ansar Ahmad Memaparkan Sederet Hasil Pembangunan di Bintan, Nilainya Ratusan Miliar

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad memaparkan sederet hasil pembangunan tahun 2023 di Kabupaten Bintan, pada saat bersilaturahmi dengan masyarakat Kecamatan Teluk Sebong dan sekitarnya, di lapangan sepak bola Desa Sebong Lagoi, Kabupaten Bintan, Senin (15/1/2024) malam. Nilai realisasi pembangunan di Bintan tersebut mencapai ratusan miliar.

Gubenur Kepri Ansar Ahmad merasa bahagia sekali bisa bertemu kembali dengan masyarakat Teluk Sebong. Karena, dirinya harus memenuhi beberapa agenda untuk menyambangi daerah-daerah lain di Provinsi Kepri.

“Ini saja baru pulang dari Anambas. Besok, ke Natuna kembali. Dan hari ini saya sempatkan bersilaturahmi dengan warga semua. Semoga dengan silaturahmi ini akan membawa semangat baru bagi kita untuk membangun Kepri lebih maju,” ucap mantan Bupati Bintan dua periode tersebut.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad memaparkan beberapa program strategis yang telah selesai dilaksanakan pada tahun anggaran 2023, dan akan dilanjutkan pada tahun 2024. Di antaranya penyelesaian pembangunan Rumah Singgah di Jakarta dan Batam yang diperuntukan bagi masyarakat yang akan berobat baik di Jakarta atau Batam, Pembangunan RS Jiwa dan Ketergantungan Obat Engku Haji Daud bekerja sama dengan Kemenkes RI, Peningkatan Fasilitas berupa cathlab untuk pemasangan ring jantung di RSUD Raja Ahmad Tabib, Pemberian BPJS Kepada Para Nelayan, Pemberian Beasiswa S1 kepada siswa yang berprestasi dan kurang mampu dan pemberian bantuan Transportasi darat dan laut bagi siswa yang kurang mampu.

Baca Juga :  Flyover Tanjungpinang dan Mimpi Ansar Ahmad

Kemudian lanjutan program bantuan pinjaman bunga nol persen yang dilanjutkan pada 2024 dengan plafon hingga Rp40 juta bekerjasama dengan BRK Syariah, penyambungan listrik bagi masyarakat kurang mampu khusus di pulau-pulau, bersama Kemenkominfo RI membangun 77 BTS di beberapa Kabupaten di Kepri untuk membuka akses Internet di wilayah 3T, pemberian sertifikat bagi masyarakat pesisir yang memiliki hunian diatas permukaan air laut serta penempatan 50 ustadz di pulau-pulau terpencil Kepri untuk membangun semangat optimism masyarakat dalam kehidupan.

“Semoga di tahun 2024 ini, berbagai program yang bermanfaat untuk masyarakat dapat perluas manfaatnya walaupun dengan jumlah APBD yang sangat terbatas. Oleh karena itu, mohon doa dan dukungan dari masyarakat agar kita dipermudahkan untuk mendapatkan anggaran juga dari pusat agar pembangunan di daerah cepat terealisasi,” ucapnya.

Baca Juga :  Satpolairud Polres Bintan Intai Pembuang Sludge Oil di Perairan Tanjunguban hingga Trikora

Khusus di Kabupaten Bintan, bersama Bupati Bintan, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengungkapkan, telah mengupayakan berbagai pendekatan dengan pemerintah pusat guna pembangunan infrastruktur jalan untuk memudahan akses masyarakat. Pada tahun 2023 lalu, Kementerian Bappenas membantu untuk proyek pelebaran jalan di Desa Pengudang, Kecamatan Teluk Sebong senilai Rp90 milliar. Peningkatan akses Jalan Lintas Barat lanjutan dari Kijang menuju Jalan Lintas Barat Bundaran Km 16 Toapaya Selatan senilai Rp60 miliar.

Selain itu tak lupa program Kepri Terang yaitu penyambungan listrik untuk masyarakat kurang mampu, yang akan diteruskan juga di Bintan. Terutama di Pulau Pangkil, Pulau Dendun, Air Glubi dan beberapa pulau kecil. Upaya Gubernur ke depan bersama PLN akan dihidupkan listriknya 24 jam sehari sehingga dapat membantu kegiatan perekonomian masyarakat.

Kabupaten Bintan terus menjadi perhatian Provinsi Kepri. Jika beberapa tahun yang lalu, Bintan mendapatkan porsi pembangunan dari Provinsi Kepri hanya Rp15 miliar sampai dengan Rp20 milliar, maka dua tahun terakhir pada masa kepemimpinan Ansar Ahmad, Bintan mendapatkan bantuan melebihi Rp60 miliar. Nilai pembangunan di Bintan dari dana APBN dan APBD Provinsi Kepri mencapai ratusan miliar.

Baca Juga :  Mau Mutasi, Pemkab Bintan Lelang 12 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

“Tahun 2024 ini ditingkatkan lagi menjadi Rp70 miliar. Agar mempercepat akselerasi pembangunan di Bintan menuju Bintan sejahtera,” sebut Ansar Ahmad.

Mewakili masyarakat, ustaz Salamin menyampaikan, masyarakat meminta penyediaan lampu jalan bagi masyakat Teluk Sebong, penghijauan hingga kota baru karena kondisi jalan yang minim penerangan menyebabkan rawan terjadi kecelakaan dan tindak kejahatan.

“Lampu jalan tolong diprioritaskan pak, karena anak-anak kami banyak kerja juga di Lagoi melewati jalan gelap sehingga banyak terjadi kasus pembegalan dan kecelakaan lalulintas. Semoga ke depan program Pak Gubernur tercapai, membuat Bintan terang benderang,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan silaturahmi tersebut Ketua TP PKK Provinsi Kepri Dewi Kumalasari, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bintan Fiven Sumanti, Camat Teluk Sebong Julpri Ardani, dan tokoh masyarakat. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *