banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri bersama warga di sela meresmikan Jalan Sei Asam-Sebele, Kecamatan Belat, Kabupaten Karimun dalam rangkaian Kunjungan Kerja Reses, Jumat (5/1/2024). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan Meresmikan Jalan Sei Asam-Sebele Senilai Rp21 Miliar, Begini Sejarahnya

Komentar
X
Bagikan

Karimun, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau meresmikan peningkatan jalan Sei Asam-Sebele atau sebaliknya, Jumat (5/1/2024). Penanganan jalan Sebele menuju Sei Asam di Kecamatan Belat, Kabupaten Karimun sepanjang 2,8 kilometer ini senilai Rp21 miliar, berasal dari dana aspirasi atau rekomendasi dan persetujuan Cen Sui Lan lewat Inpres Jalan Daerah (IJD).

Berdasarkan UU nomor 2 tahun 2022 dan Inpres nomor 3 tahun 2023 tentang Jalan Daerah, Cen Sui Lan selaku Anggota Komisi V DPR RI memiliki kewenangan untuk memberikan rekomendasi pembangunan jalan daerah. Hal itu pula yang mempercepat peningkatan jalan tanah di Sei Asam menuju Sebele, Kecamatan Belat. Dan terealisasi lewat perjuangan Cen Sui Lan.

Ini menjadi bukti kepedulian Cen Sui Lan sebagai anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri. Tak cuma peduli, Cen Sui Lan dikenal wakil rakyat yang merakyat dan berpengalaman dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat Kepri. Simak sejarah pengaspalan jalan Sei Asam menuju Sebele di Kecamatan Belat, Kabupaten Karimun tersebut.

Cen Sui Lan Menerima Aspirasi
Akhir Juli tahun 2023 lalu, melaksanakan Kunjungan Kerja Reses ke Kabupaten Karimun. Dalam kegiatan tersebut, Cen Sui Lan meresmikan program-program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) yang banyak dialokasikan Cen Sui Lan untuk mengintervensi desa-desa di Kabupaten Karimun. Seperti kegiatan program PISEW, Sanitasi Desa (Sandes), Program Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas), program bedah rumah atau Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Cen Sui Lan didampingi Hendra PPK BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR berdialog dengan para Kades se-Kecamatan Belat, Karimun. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Termasuk Program hibah BUMDes yang sudah memiliki Badan Hukum dan Nomor Induk Berusaha (NIB). Serta progran-program pembangunan Prasarana Stategis lainnya. Seperti rehabilatasi bangunan SDN, SMPN, SMAN, MIN dan MTsN serta MAN Karimun. Ditambah dengan program-program bersifat usulan prioritas masyarakat seperti pembangunan pengamanan pantai.

Baca Juga :  Coffee Morning Bersama Jupiter Aerobatic Team TNI AU, Ini Harapan Ansar Ahmad

Saat itu, Cen Sui Lan mendapat aspirasi untuk peningkatan jalan Sei Asam menuju Sebele di Kecamatan Belat. Aspirasi ini disampaikan oleh Latif Muhammad selaku Kades Sebele, Kecamatan Belat. Menurutnya, masyarakat Sebele dan Sei Asam sejak Indonesia merdeka, belum ada jalan beraspal melewati kampung. Latif Muhammad sangat berharap agar jalan tersebut dibangun.

“Dengan dibangunnya jalan tersebut, baru seperti merdeka kami,” kata Latif Muhammad.

Harapan yang sama juga disampaikan Marsudi selaku Kades Sei Asam.

“Kami berharap agar penanganan jalan Sei Asam-Sebele ini benar-benar direalisasikan,” pinta Marsudi.

Aspirasi Kades Sebele dan Kades Sei Asam itu langsung direspon oleh Cen Sui Lan.

“Untuk peningkatan jalan Sei Asam-Sebele atau sebaliknya dari Sebele-Sei Asam itu, kita rekomendasikan dengan alokasikan dana sebesar Rp21 miliar, lewat IJD. Karena, itu merupakan kebijakan saya,” kata Cen Sui Lan, kala itu.

“Untuk peningkatan jalan Sei Asam-Sebele sepanjang 2,8 kilometer atau hampir 3 kilometer itu, dialokasikan dana Rp21 miliar pada tahun anggaran 2023 ini juga,” tegas Cen Sui Lan.

Kemudian, Aunur Rafiq Bupati Karimun menyelesaikan administrasi pengusulan peningkatan jalan Sei Asam-Sebele tersebut, bersama Stanley Kepala BPJN Kepri Ditjen Bina Marga. Administrasi usulan dari kepala daerah ini penting, agar jalan daerah tersebut dapat ditangani lewat skema dana Inpres Jalan Daerah (IJD).

Baca Juga :  Cerita yang Tersisa dari Tragedi Pantai Pengudang, Jasad Fiki Digendong Babinsa

“Alhamdulillah, administrasi itu sudah masuk pada batch (kelompok) 2, bulan Agustus 2023 ini. Sehingga, awal tahun 2024 nanti, sudah selesai kegiatannya dan bisa dilintasi jalan beraspal mengilap mulus itu,” ucap Cen Sui Lan.

Peresmian Jalan Sei Asam-Sebele
Pernyataan dan janji Cen Sui Lan tak hanya cuma ‘cakap-cakap’. Jumat (5/1/2024) akhir pekan kemarin, Cen Sui Lan meresmikan penangan jalan Sei Asam-Sebele di Kecamatan Belat, Kabupaten Karimun. Peresmian ini sebagai rangkaian kunjungan kerja reses Cen Sui Lan Anggota DPR RI Dapil Kepri ke Kabupaten Karimun, Rabu (4/1/2024) sampai Sabtu (6/1/2024).

Cen Sui Lan bersama para Kades, Ketua RW dan Ketua RT, tokoh masyarakat, alim ulama dan masyarakat berdoa pada peresmian jalan Sei Asam-Sebele, Karimun. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Pada peresmian tersebut, Cen Sui Lan didampingi Hendra selaku PPK BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Cen Sui Lan sempat berdialog dengan para kepala desa (Kades). Hadir saat itu Marsudi Kades Sei Asam, Abdul Rahman Kades Penarah, Asnan Kades Lebuh, dan Nazaruddin Kades Tebias. Selain para Kades, turut hadir para Ketua RW dan Ketua RT se-Kecamatan Belat, tokoh masyarakat, alim ulama dan masyarakat.

“Alhamdulillah, jalan Sei Asam-Sebele saya resmikan. Sekarang, jalan ini sudah mulus, tak berlumpur lagi. Dan akses transportasi barang, jasa dan orang berjalan lancar,” kata Cen Sui Lan.

“Saya senang, warga Kecamatan Belat sudah dapat akses transportasi yang bagus. Ini wujud bakti Saya kepada masyarakat Kecamatan Belat, Kabupaten Karimun,” sambung Cen Sui Lan Caleg DPR RI nomor urut 2 Partai Golkar dari Dapil Kepri tersebut.

Baca Juga :  Pengukuhan Ketua Forum Bintan Sehat, Hafizha Rahmadhani: Setop BABS

Saat memberikan sambutan, Hendra PPK BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR menyampaikan, peningkatan atau penanganan jalan Sebele-Sei Asam ini merupakan hasil aspirasi Cen Sui Lan, yang dilaksanakan oleh BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

“Jalan Sebele menuju Sei Asam ini sepanjang 2,8 kilometer. Anggaran penanganannya lebih kurang Rp21 miliar. Lewat kewenangan Bu Cen Sui Lan sebagai Anggota Komisi V DPR RI, pembangunan jalan ini direalisasikan,” sebut Hendra.

Warga Sei Asam melintasi jalan beraspal dan mulus dari aspirasi Cen Sui Lan. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Warga Senang
Warga Sei Asam begitu senang, sudah bisa melintasi jalan beraspal yang mulus dan mengilap, berkat perjuangan dana aspirasi Cen Sui Lan. Marsudi Kades Sei Asam menyatakan, kinerja dan perjuangan Bu Cen Sui Lan luar biasa untuk masyarakat Kepri.

“Saya atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Bu Cen Sui Lan. Sungguh luar biasa pengabdian beliau kepada masyarakat. Terutama kepada kami di desa-desa Kecamatan Belat ini, sangat terbantu sekali. Tak ada kata-kata yang bisa kami sampaikan kepada beliau. Selain ucapan tulus terima kasih dari kami masyarakat Kecamatan Belat,” ujar Marsudi.

Idris Ibrahim, tokoh agama sekaligus imam Masjid Jami’ Sei Asam juga mengucapkan terima kasih kepada Cen Sui Lan melalui pantun.

“Semoga ke depan, aspirasi masyarakat juga diwujudkan untuk di desa-desa lainnya di Kecamatan Belat,” harap Idris peserta juara 1 pantun se-Kepri tersebut. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *