banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan capaian kinerja tahun 2023 dan rencana program tahun 2024. F- yen/suaraserumpun.com

Ini Capaian Kinerja Tahun 2023 Bupati Bintan dan Program 2024

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Banyak program yang sudah direalisasikan Pemkab Bintan di bawah kepemimpinan Roby Kurniawan sebagai Bupati Bintan, selama tahun 2023 lalu. Bupati Bintan Roby Kurniawan juga punya program pada tahun anggaran 2024. Berikut ini secara umum capaian kinerja tahun 2023 Bupati Bintan dan programnya pada tahun 2024, selain perlindungan BPJS Ketenagakerjaan bagi warga dan kredit mikro bangkit bunga nol (0) persen.

Tahun anggaran 2023 lalu, Pemkab Bintan menyerahkan bantuan sarana produksi usaha pertanian kepada kelompok tani. Tahun 2024, bantuan untuk sektor pertanian dialokasikan Rp1 miliar. Begitu juga dengan bantuan untuk perikanan. Cukup banyak direalisasikan bantuan kepada kelompok nelayan. Tahun 2024, Pemkab Bintan masih memberikan bantuan kepada nelayan, dengan alokasi anggaran Rp1 miliar. Pemkab Bintan pun akan memberikan bantuan sembako kepada warga, pada tahun 2024. Seperti yang sudah dilakukan pada tahun 2023 lalu.

Untuk program ketenagakerjaan, pada tahun 2023, Pemkab Bintan menggelar job fair atau bursa lowongan kerja. Penerimaan tenaga kerja dilakukan secara terbuka. Selama tahun 2023 tercatat tersedia 375 lowongan kerja. Bahkan dengan program Pemkab Bintan, penempatan tenaga kerja pada tahun 2023 sebanyak 1.236 orang dari 2.010 pelamar.

Baca Juga :  37 Ribu Hektare Bakau di Kepri dalam Kondisi Rusak, Ansar Paparkan Manfaat Mangrove

“Kita juga menempatkan anak lokal untuk bekerja di luar negeri. Ada 70 orang anak Bintan yang bekerja di Korea Selatan. Mulai tahun 2024, kita akan jalankan job fair ini pada kawasan industri Lobam dan PT BAI serta di kawasan investasi lainnya. Setiap perekrutan tenaga kerja, akan kita awasi. Minimal, 80 persen perekrutan tenaga kerja itu berasal dari anak Bintan,” ujar Roby Kurniawan Bupati Bintan.

Untuk pembangunan infrastruktur, sebut Roby Kurniawan, pemantapan jalan di Kabupaten Bintan mengalami peningkatan menjadi 67,35 persen atau 419,12 kilometer. Meningkat sebesar 4,65 persen dari tahun 2022. Tahun 2024, Pemkab Bintan akan melaksanakan peningkatan jalan, dengan total anggaran mencapai Rp24,4 miliar. Dengan panjang peningkatan jalan itu sekitar 7,77 kilometer.

Tahun 2023, Pemkab Bintan juga membangun dan pemeliharaan dermaga atau pelantar di 8 lokasi. Anggarannya mencapai Rp1,75 miliar. Sedangkan tahun 2024, pembangunan dan pemeliharaan pelantar ditujukan di 4 lokasi, dengan dana mencapai Rp533juta.

“Tahun 2023, kita juga melakukan pembangunan jalan lingkungan, sudah termasuk paving blok. Kita bangun juga saluran drainase, pemasangan penerangan jalan umum (listrik), penanganan jalan Lintas Barat Lanjutan, hingga pemasangan WiFi di 127 lokasi rumah ibadah,” sebut Bupati Bintan.

Baca Juga :  Apri Ragu-ragu untuk Memperbolehkan Salat Ied di Lapangan Terbuka

Untuk penanganan banjir, Pemkab Bintan melakukan normalisasi sungai di 2 lokasi. Pembangunan dinding pengamanan pantai. Pembangunan dan perbaikan saluran drainase senilai Rp5,003 miliar, sampai dengan pembangunan kolam retensi dengan alokasi anggaran mencapai Rp7,4 miliar.

Pada tahun 2023, dialokasikan khusus anggaran untuk usulan yang berasal dari Musrenbang kecamatan sebanyak 1 atau 2 kegiatan setiap kecamatan. Dengan alokasi anggaran melebihi Rp3 miliar.

“Untuk tahun 2024, akan ditingkatkan alokasi anggaran sebanyak Rp12,5 miliar. Guna mengakomodir aspirasi masyarakat dari usulan Musrenbang. Sehingga, tidak ada lagi kegiatan Musrenbang yang formalitas dan sia-sia,” tegas Bupati Bintan.

Untuk bidang kesehatan, pada tahun 2023 dibangun rumah asuh stunting. Pemanfaatan program kesehatan gratis dengan KTP di Puskesmas dan RSUD, sebanyak 25.275 jiwa. Pelayanan kesehatan gratis bagi lansia, serta menambahkan anggaran MoU dengan RSUD Engku Haji Daud dan RSUD Bintan.

“Tahun 2023, status akreditasi RSUD Bintan naik menjadi akreditasi tingkat paripurna,” kata Bupati Bintan.

Untuk pendidikan, tahun 2023, Pemkab Bintan telah memberikan baju sekolah gratis sebanyak 5 stel kepada 344 siswa PAUD, 3.072 siswa SD dan 3.256 siswa SMP se-Kabupaten Bintan. Selain itu, Pemkab Bintan terus menyediakan transportasi gratis berupa 32 unit bus, dan 22 unit pompong (kapal motor).

Baca Juga :  Gubernur Kepri Menyerahkan Bantuan Insentif Guru dan Penyuluh Agama di Batam

“Pada tahun 2024, ditambah menjadi 34 unit bus, dan 23 unit pompong. Kita pun akan mengoperasikan armada itu, pada Januari 2024 ini. Jadi, tak ada lagi kendala bagi siswa. Khususnya di daerah pulau, untuk penyediaan pompong gratis itu,” ujar Roby Kurniawan.

Bagi mahasiswa asal Bintan, tambah Bupati Bintan, tahun 2023, telah dilaksanakan program pemberian beasiswa kepada masyarakat kurang mampu. Bantuan beasiswa itu dialokasikan kepada 100 orang mahasiswa asal Bintan.

“Pada tahun 2024, program beasiswa bagi mahasiswa ini ditambah dengan kategori mahasiswa S1 berprestasi dan mahasiswa D1 bidang pariwisata dengan anggaran Rp2 miliar,” jelas Roby Kurniawan.

Untuk kepemudaan dan olahraga, Bupati Bintan juga menyampaikan, akan memberikan perhatian khusus. Tahun 2023, Pemkab Bintan menyelenggarakan expo pemuda inovatif dan pentas kreasi pemuda. Serta seminar ekonomi kreatif.

“Untuk olahraga, kita juga memberikan dukungan terhadap event-event seperti Popda. Kemudian, siswa berprestasi di olahraga bisa diusulkan untuk mendapat beasiswa melalui sekolahnya,” demikian Roby Kurniawan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *