banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan secara simbolis bantuan sarana produksi pertanian (saprodi) dari DID kepada kelompok tani, Kamis (28/12/2023). F- diskominfo bintan

Bupati Bintan Mengalokasikan DID untuk Bantuan Saprodi kepada Kelompok Tani

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan mengalokasikan dana insentif daerah (DID) dari pemerintah pusat, untuk bantuan sarana produksi pertanian (Saprodi) kepada kelompok tani. Penyerahan bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan di Aula Kantor Bupati Bintan, Kamis (28/12/2023).

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, melalui bantuan yang diberikan ini diharapkan, bisa meningkatkan kesejahteraan petani. Selama ini, Bintan merupakan wilayah penyangga atau pemasok bahan pangan, terutama sayuran dan peternakan ke Kota Tanjungpinang dan Kota Batam.

“Manfaatkan dengan sebaik mungkin. Kita punya kekuatan dan peluang besar di sektor pertanian maupun pangan. Kami sangat percaya, para petani Bintan mampu mengembangkan hasil produksinya. Kami bangga dengan petani hebat yang ada di Bintan,” kata Roby Kurniawan.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Ziarah ke Makam HM Sani, Ansar: Jangan Lupakan Sejarah

Bupati Bintan menerangkan, saat ini angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Bintan telah turun secara drastis ke angka 0,16 persen. Kondisi ini mengantarkan Bintan meraih penghargaan dari Wakil Presiden RI, dan mendapatkan dana insentif daerah (DID).

“Melalui dana (DID) tersebut, digunakan untuk memberikan bantuan pada seluruh kelompok tani yang ada di Kabupaten Bintan,” sebut Roby Kurniawan.

Selain APBD, juga ada dukungan APBN dan ABT. Di antaranya pengembangan kawasan cabai 20 hektare kepada 8 kelompok tani. Penyaluran benih padi untuk 2 kelompok tani, display varietas padi untuk 1 kelompok tani. 8 unit corn sheller serta Alsintan pascapanen kegiatan recofusing dan ABT Ditjen Tanaman Pangan 2023.

Baca Juga :  Siapkan Empat Iven Internasional di 2022, BRC Lagoi Menunggu Kebijakan to Procrastination at Travel Link

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bintan Supriyono mengatakan, bantuan yang diberikan ditujukan sebagai upaya mendukung program pertanian. Pada tahun 2023 sarana produksi pertanian melalui APBD baik murni maupun perubahan dan Dana Insentif Daerah (DID), pemerintah memberikan bantuan berupa 6 unit hand tractor untuk 6 Kelompok Tani. 9 unit cultivator untuk 6 kelompok tani, 13 mesin air untuk 4 kelompok tani, 1 unit hydrotiller (bajak kura-kura) untuk 1 kelompok tani, 2 unit kendaraan motor roda tiga (kaisar) untuk 2 kelompok tani, 910 Kg Pupuk KCL untuk 3 kelompok tani dan 895 Kg Pupuk TSP 3 kelompok tani.

Selanjutnya diberikan 1,8 ton Pupuk Urea untuk 3 kelompok tani, 25,9 ton Pupuk NPK untuk 29 kelompok tani, 9,1 ton Pupuk Organik untuk 13 kelompok tani, 11,6 ton Pupuk Kandang untuk 1 kelompok tani, 200 batang benih durian untuk 2 kelompok tani, 18 kg benih kangkung untuk 3 kelompok tani, 15 kg benih sawi diberikan 3 kelompok tani, 18 kg benih bayam 3 kelompok tani, 49 Ekor Sapi untuk 6 kelompok tani, 28 ekor kambing untuk 2 kelompok tani, 2.215 ekor ayam untuk 4 kelompok tani, 769 ekor itik untuk 3 kelompok tani, 6,393 kg pakan ternak untuk 7 kelompok tani serta 12,3 ton beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD). (yen)

Baca Juga :  Irjen Pol Drs Tabana Bangun MSi Resmi Menjabat Kapolda Kepri

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *