banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan menyaksikan penampilan atraksi barongsai pada perayaan HUT ke-81 Desa Toapaya sebelum mencetuskan one village one product, Rabu (27/12/2023). F- dok/suaraserumpun.com

HUT Ke-81 Desa Toapaya, Roby Kurniawan Mencetuskan One Village One Product

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Sebelumnya, Bupati Bintan Roby Kurniawan mencanangkan one village one event, satu desa satu iven pariwisata. Kini, Roby Kurniawan mencetuskan untuk mendorong one village one product, yaitu satu desa satu produk pada saat menghadiri syukuran HUT ke-81 Desa Toapaya, Rabu (27/12/2023).

Puncak perayaan Hari Jadi Desa Toapaya ke-81 disambut antusias seribu lebih warga Desa Toapaya. Semua warga berkumpul di halaman Kantor Desa Toapaya. Rangkaian acara mulai dari kirab, khitanan massal, sehari bersama anak, pemeriksaan kesehatan gratis, penyerahan bantuan sembako bagi lansia, penyaluran paket gizi anak stunting hingga ratusan door prize diterima warga Toapaya. Serta penampilan barongsai.

Baca Juga :  Dua OPD Bermasalah, KPK dan Plt Bupati Bintan Teken Komitmen dalam Pemberantasan Korupsi

Selain itu, pemerintah desa Toapaya juga bekerja sama dengan pihak yayasan menyalurkan bantuan beras 10 Kg untuk semua warga di Desa Toapaya yang akan disalurkan awal tahun mendatang.

Bupati Bintan Roby Kurniawan didampingi Sekda Bintan Ronny Kartika dan pejabat lainnya bangga melihat kemeriahan pesta perayaan hari jadi Desa Toapaya ke-81.

“Ya kita mendorong agar one village one event, ini (perayaan hari jadi Desa Toapaya ke-81) bagus sekali karena masyarakatnya sangat antusias,” ungkap Roby Kurniawan.

Semua yang dilakukan pemerintah menurut Roby harus kembali kepada masyarakat. Dengan event seperti ini, Roby ingin semua desa bisa membantu menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Baca Juga :  Ribuan Turis Menikmati Pesta Kembang Api di Lagoi Bay

“Kita lihat banyak pedagang-pedagang dari warga kita sendiri yang berjualan. Ini bisa mendorong pelaku UMKM di desa-desa,” sebut Roby Kurniawan.

“Sebelumnya one village one event. Dan kalau bisa ditambah one village one product. Pasti banyak event dan produk yang dihasilkan. Ttapi minimal ada satu yang paling menonjol dan menjadi kebanggaan di setiap desa,” harapnya.

Kepala Desa Toapaya Asrianto menyebutkan, sekitar 70 persen dana desa yang digelontorkan untuk sempena perayaan Hari Jadi Desa Toapaya ke-81, kembali kepada masyarakat. Menurutnya, pelaku UMKM yang berusaha mendapatkan income dari penjualannya selama perayaan hari jadi desa berlangsung.

Baca Juga :  Uniba Mewisuda Puluhan Calon Dokter buat Kepri

“Kita mengadakan turnamen bola volli dari awal bulan, UMKM kita terdampak sekali dengan event ini,” sebutnya.

Asrianto menambahkan, seluruh rangkaian kegiatan hari jadi memang dikhususkan untuk mendorong peningkatan UMKM di Desa Toapaya.

“Jadi apa yang kami lakukan semuanya kembali kepada masyarakat termasuk sempena hari jadi ini,” katanya.

Sebanyak 132 lansia menerima bantuan paket sembako yang berasal dari PADes Toapaya, 14 anak ikut khitanan massal, 5 anak stunting menerima bantuan paket gizi tambahan, ratusan door prize mulai dari kulkas, mesin cuci, rice cooker, kipas angin, strika, dispenser dan sembako dibagikan kepada masyarakat yang beruntung. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *