banner 728x90
Personel Polres Bintan mengatur antrean kendaraan sebelum masuk ke kapal Roro di Pelabuhan oro-asdp-tanjung-uban-f-suaraserumpun.com

Kapolres Bintan: Jumat, Sudah Mulai Terjadi Lonjakan Arus Kendaraan di Pelabuhan Roro ASDP Tanjung Uban

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo menyebutkan, lonjakan arus kendaraan di Pelabuhan kapal roll on roll off (roro) ASDP Tanjung Uban mulai terjadi sejak, Jumat (22/12/2023). Namun, situasi arus transportasi menjelang Natal 2023 di pelabuhan laut rute Punggur (Batam) ke Tanjung Uban (Bintan) atau sebaliknya tersebut, masih lancar.

Polres Bintan menggelar operasi lilin seligi 2023 pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mulai, Jumat (22/12/2023) hingga, Senin (2/1/2024). Saat perayaan Natal 2023 dan penyambutan Tahun Baru 2024, arus penyeberangan kendaraan maupun orang menjadi atensi dalam mengantisipasi kemacetan, guna memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Bentuk pelayanan yang diberikan yaitu pengaturan kendaraan yang akan menyeberang dari pelabuhan Roro ASDP Tanjung Uban dan melayani penyeberangan orang di Pelabuhan Bulang Linggi Tanjung Ubang.

Pada dua pelabuhan penyeberangan tersebut Polres Bintan mendirikan Pos terpadu ASDP yang melayani penyeberangan kendaraan dan orang dan Pos Pelayanan Bulang Linggi melayani penyeberangan orang. Untuk Pos pelayanan terpadu dan Pos Pelayanan telah ditugas beberapa personil gabungan yang bertugas pada Pos tersebut.

Baca Juga :  AKBP Riky Iswoyo: Jangan Bertindak Arogan Selama Operasi Keselamatan Seligi Lalu Lintas

“Pos Terpadu ASDP diisi oleh petugas gabungan dari Polri, TN, Dishub, Syahbandar, Satpol PP dan unsur lainnya yang terlibat, selain melakukan pengamanan personel juga melakukan pelayanan kepada masyarakat pada saat akan menyeberang dari pelabuhan ASDP ke Pelabuhan Punggu Batam dan sebaliknya,” kata Kapolres Bintan, Minggu (24/12/2023).

“Sebagai penanggung jawab di Pos Terpadu ASDP ditunjuk seorang perwira dari Polri yang bertugas selama 24 jam dengan anggota yang bertugas juga selama 24 jam setiap harinya, Untuk setiap Pos dibagi menjadi 2 regu sehingga ada kesempatan personel yang bertugas untuk beristirahat setelah melaksanakan tugas,” tambahnya.

Baca Juga :  Kapolres Karimun Pantau Pengamanan Imlek 2573 dan Prokes di Klenteng

AKBP Riky Iswoyo menyampaikan bahwa Pos yang didirikan tersebut untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat agar merasa aman dan nyaman selama perayaan Natal 2023 dan menyambut Tahun baru 2024.

“Kami bertekad akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dalam merayakan Natal 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024 sehingga tidak ada kendala yang menghambat peringatan tersebut,” ujar AKBP Riky Iswoyo Kapolres Bintan.

Di lapangan, kesibukan personel malakukan pengaturan kendaraan yang akan menyeberang dari pelabuhan Roro ASDP Tanjung Uban menuju pelabuhan Telaga Punggur Batam.

“Sejak Jumat (22/12/2023) kemarin, sudah nampak lonjakan kendaraan yang menyeberang dari pelabuhan Roro ASDP Tanjung Uban ke Punggur, Batam. Maupun sebaliknya,” sebut Kapolres Bintan.

Personel mengatur kendaraan yang akan menyeberang dan mengatur arus lalulintas kendaraan yang baru datang dari Batam keluar dari pelabuhan ASDP. Personel melakukan tugas hingga tidak ada lagi aktifitas pelayanan Kapal penyeberangan lagi namun setelah tidak ada aktifitas kapal lagi, personel yang bertugas tetap standby di Pos Terpadu dan Pos Pelayanan.

Baca Juga :  Setelah Karimun, Cen Sui Lan Kunker ke Natuna untuk Meresmikan Proyek IBM hingga Berbagi Sembako

Kapolres Bintan mengimbau kepada masyarakat yang menggunakan jasa angkutan kapal Roro dan speed boat agar mengikuti arahan petugas demi untuk keselamatan bersama.

“Masyarakat agar mengikuti arahan dari petugas penyeberangan yaitu dari Polri dan Syahbandar untuk keselamatan kita bersama. Jangan paksakan untuk menaiki armada penyeberangan jika sudah penuh sehingga akan membahayakan penumpang lainnya,” harapnya.

“Kepada pengusaha angkutan agar mengikuti juga arahan petugas dan membawa penumpang yang melebihi kapasitas armada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Semua demi untuk keselamatan kita bersama,” demikian Kapolres Bintan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *