banner 728x90
Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo bersama Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Forkopimda mengecek kesiapan personel pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024 pada apel gelar pasukan Operasi Lilin Seligi di Mapolres Bintan, Kamis (21/12/2023). F- yen/suaraserumpun.com

Operasi Lilin Seligi Pengamanan Nataru 2024 Dimulai, Polres Bintan Mengawal 62 Gereja

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Polres Bintan bersama pemerintah daerah dan tim gabungan sudah mulai melaksanakan Operasi Lilin Seligi untuk pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Operasi ini dimulai dengan ditandai apel gelar pasukan Operasi Lilin Seligi 2023, Kamis (21/12/2023) pagi tadi. Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo menyebutkan, Polres Bintan akan mengawal 62 rumah ibadah gereja.

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo SIK MM menjadi pembina upacara apel gelar pasukan Operasi Lilin Seligi 2023, bersama Bupati Bintan Roby Kurniawan. Pada apel gelar pasukan ini, Kapolres Bintan dan Bupati Bintan mengecek kesiapan personel serta armada untuk pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Bahkan, Bupati Bintan Roby Kurniawan memastikan agar seluruh unit armada pengamanan Nataru 2024 bisa beroperasi.

Pada apel gelar pasukan Operasi Lilin Seligi 2023 ini, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo menyebutkan, Polres Bintan mendirikan sebanyak 7 pos selama pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Terdiri dari 4 pos pengamanan. Lokasinya di Pos Pam Simpang Penaga, Pos Pam Simpang Km 16 dan Pos Pam Kijang serta Pos Pam Tambelan. Serta 2 pos pelayanan, yaitu pos pelayanan di Pelabuhan Bulang Linggi Tanjung Uban, dan pos pelayanan di Pantai Trikora. Sedangkan 1 pos terpadu berada di Pelabuhan ASDP Tanjung Uban.

Baca Juga :  Pemulangan Pekerja Migran Indonesia Diperkirakan Mencapai 49.682 Orang hingga Mei 2021

Jumlah personel yang dilibatkan sebanyak 542 personel gabungan. Terdiri dari personel Polres Bintan dan Brimob sebanyak 357 orang. TNI sebanyak 20 personel, Satpol PP Bintan sebanyak 30 personel, Dishub Bintan 30 personel, Dinkes Bintan 15 personel, BPBD Bintan dan Damkar sebanyak 10 personel, Syahbandar 10 personel, Senkom 20 personel, Tagana 20 personel, KKP 5 personel, ASDP 5 personel dan Pramuka 20 personel.

“Apel gelar pasukan ini merupakan tanda dimulainya Operasi Lilin Seligi 2023 untuk pengamanan Nataru,” tegas Riky Iswoyo.

Pada apel gelar pasukan tersebut, Kapolres Bintan menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Drs Listyo Sigit Prabowo MSi. Kapolres Bintan menjelaskan, Operasi Lilin Seligi pengamanan Nataru merupakan agenda rutin. Namun, harus direncanakan secara matang dan perlu peningkatan antisipasi terhadap segala ancaman atau kerawanan. Karena tingkat mobilisasi dan aktivitas orang selama Natal dan Tahun Baru, sangat tinggi.

Baca Juga :  Roby Kurniawan Jadi Suporter Saat Atlet Pelajar Bintan Bertanding

“Apalagi pada momen Nataru 2024 ini berbarengan dengan masa kampanye Pemilu 2024. Kerawanan cukup tinggi. Justru itu, antisipasi ancaman dan kerawanan harus kita lakukan lebih optimal,” tegas Kapolres Bintan.

Terutama, lanjut Kapolres Bintan, pada saat kegiatan ibadah Natal 2023, awal pekan depan. Serta perayaan penyambutan malam Tahun Baru 2024 nanti.

“Semua umat kristiani akan menjalankan ibadah. Ini menjadi atensi kita di Bintan. Untuk memberikan pengamanan dan pelayanan bagi umat kristiani, Polres Bintan akan mengawal sekitar 62 gereja,” sebut AKBP Riky Iswoyo Kapolres Bintan saat bersama Bupati Bintan Roby Kurniawan.

Kapolres Bintan mengatakan, 357 personel Polres Bintan dan Brimob akan dibagi di setiap kecamatan. Untuk mengawal gereja, akan ditempatkan personel dengan jumlah disesuaikan dengan perbandingan jemaat yang beribadah di satu gereja.

Baca Juga :  Kawasan Pedestrian Bandara RHF Tanjungpinang Jadi Objek Wisata Baru Terpopuler di Kepri

“Intinya, kami akan mengawal dan menjaga keamanan di setiap gereja di wilayah Bintan. Sehingga, umat kristiani akan merasa nyaman dan aman selama beribadah,” jelas Kapolres Bintan.

Selain tempat ibadah, Kapolres Bintan mengungkapkan, beberapa tempat objek wisata dan pelabuhan juga menjadi prioritas dalam pengawasan selama Nataru 2024. Termasuk di tempat umum dan lokasi-lokasi keramaian masyarakat serta jalur lalu lintas atau transportasi darat.

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo bersama Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Forkopimda mengecek kesiapan armada operasional pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024 pada apel gelar pasukan Operasi Lilin Seligi di Mapolres Bintan, Kamis (21/12/2023). F- yen/suaraserumpun.com

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat, agar menjaga Kamtibmas selama momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Pada saat momen liburan panjang akhir pekan ini, Bupati Bintan juga mengingatkan kepada pengunjung objek wisata, agar selalu berhati-hati.

“Mari kita sama-sama menjaga Kamtibmas. Kalau liburan ke tempat wisata, juga harus waspada. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambah Bupati Bintan Roby Kurniawan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *