banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad membantu petani sambil panen cabai saat kunjungan kerja ke area pertanian di Moro, Karimun, Rabu (20/12/2023). F- diskominfo kepri

Bantu Petani di Moro, Ansar Ahmad Sebut Komoditi Cabai Berpengaruh Besar Terhadap Inflasi

Komentar
X
Bagikan

Karimun, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menyerahkan bantuan berupa 1 unit alat potong rumput, 2 unit mesin Robin dan 100 liter pupuk organik cair kepada petani cabai di Kampung Sidodadi, Kelurahan Moro Timur, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, Rabu (20/12/2023). Ansar Ahmad menyebut, cabai merupakan komoditi yang punya peran besar terhadap inflasi.

Inflasi yang disebabkan harga cabai tersebut, kata Ansar Ahmad, berpengaruh terhadap daerah maupun untuk nasional. Oleh sebab itu, kata Ansar, Pemerintah Provinsi Kepri sangat mendukung para petani cabai agar bisa terus eksis dan berkembang, sehingga laju inflasi bisa ditekan.

Baca Juga :  Kapolri Beri Izin Penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2, PSSI Segera Bahas Liga 3

“Sejak tahun lalu, bersama Bank Indonesia, kita sudah menggalakkan gerakan menanam cabai. Hal ini sebagai bagian upaya kita menekan laju inflasi. Tahun lalu sudah kita sediakan lahan seluas sekitar 50 hektar untuk penanaman cabai, dan tahun 2024 akan kita tambah sekitar 40 hingga 45 hektar lagi. Jika gerakan menanam cabai ini berhasil, pelan-pelan kita bisa mengurangi impor cabai dari daerah lain. Bila perlu kita yang memasok ke daerah lain,” ujar Ansar Ahmad sebelum melakukan panen cabai di Moro, Karimun.

Baca Juga :  Bupati Bintan: Berpuasa Bukan Alasan untuk Tidak Melayani Masyarakat

Ansar Ahmad meminta agar kebun cabai yang ada dan produktif bisa selalu terjaga keberadaannya. Sehingga bisa stabil hasil dan kualitas panennya. Pemerintah sangat mensuport masyarakat petani. Tidak hanya cabai, tapi sejumlah komoditas lainnya yang memang selalu diutuhkan oleh masyarakat.

“Kita juga sudah menyiapkan coolstorage di Tanjungpinang, bantuan dari pemerintah pusat. Fungsinya untuk menyimpang hasil tani hingga 3 bulan setelah dipanen dan tetap segar. Ini juga bagian dari kita menjaga kualitas dan harga pasar,” jelas Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Bina Bintang Muda dan Bina Patra Berbagi Trofi di Festival Usia Dini Fun Football Kijang

Sebagai bentuk dukungan terhadap petani, pada moment ini Ansar Ahmad membeli sebanyak 50 kilogram cabai hasil usaha petani. Kemudian cabai tersebut dibagikan kepada masyarakat yang hadir. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *