banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri bersama Danil, Stanley C Tuatipanaya, Syamsir Lurah Tarempa meninjau lokasi titik banjir di Kota Tarempa, Selasa (12/12/2023). Pada tahun anggaran 2024, diusulkan penanganan banjir Kota Tarempa dengan anggaran sekitar Rp30 miliar. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan: Rp30 Miliar untuk Penanganan Banjir Kota Tarempa pada Tahun Anggaran 2024

Komentar
X
Bagikan

Anambas, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) menyebutkan, dirinya akan mengalokasikan dana aspirasinya sekitar Rp30 miliar untuk penanganan banjir di Kota Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, pada tahun anggaran 2024 mendatang. Kebijakan Cen Sui Lan ini berdasarkan hasil kunjungan kerja reses di Kepulauan Anambas, Selasa (12/12/2023) pekan kemarin.

Cen Sui Lan Anggota DPR RI Dapil Kepri melaksanakan kunjungan kerja reses ke Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (11/12/2023) sampai dengan Kamis (14/12/2023). Dalam kunjungan kerja reses itu, Cen Sui Lan didampingi sejumlah pejabat pemerintah pusat. Hadir dalam reses itu Danil Kepala BWS Sumatera IV Kepri Ditjen SDA Kementerian PUPR, Stanley Cicero Tuatipanaya Kepala BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Fasri Bachmid Kepala BP2W Kepri Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Turut serta Dini Kusumawati Kepala BPTD Kepri Ditjen Hubdat Kemenhub dan Avi Mukti Amin Kepala BPTD Riau Ditjen Hubdat Kemenhub, Abdul Rahman Kepala Kantor SAR Natuna-Anambas. Hadir juga pejabat BMKG Anambas dan pejabat Otoritas Bandara (Otban) Sumatera I Ditjen Hubud Kementerian Perhubungan RI, dan Andhi Hendra Suryaka Kepala Bandara Letung, serta Syarif Ahmad Kadis PUPR Kabupaten Kepulauan Anambas.

Baca Juga :  Ini Daftar Nama Pejabat Baru di Jajaran Polda Kepri

Selasa (12/12/2023), Cen Sui Lan meninjau langsung titik-titik banjir di Kota Tarempa, Anambas. Dalam peninjauan itu, Cen Sui Lan didampingi Danil Kepala BWS Sumatera IV Ditjen SDA, Stanley C Tuatipanaya Kepala BPJN Kepri Ditjen Bina Marga, Hasnidar Ketua DPRD Kabupaten Anambas, Ahmad Yani Anggota DPRD Kabupaten Anambas, Syarif Ahmad Kadis PUPR Kabupaten Anambas, dan Syamsir Lurah Tarempa.

Dari hasil peninjauan lokasi banjir di Kota Tarempa itu, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menyatakan, untuk penanganan banjir Kota Tarempa, pada tahun anggaran 2024, direncanakan dialokasikan dana sebesar Rp30 miliar.

Cen Sui Lan berfoto bersama dengan para pejabat pemerintah pusat dan Pemkab Kepulauan Anambas ketika mengunjungi titik-titik banjir Kota Tarempa, Selasa (12/12/2023). F- nurul atia/suaraserumpun.com

“Kegiatan penanganan banjir di Kota Tarempa sekitar Rp30 miliar pada tahun anggaran 2024 itu, segera kita ajukan, setelah pihak Dinas PUPR Anambas (Pemkab Anambas) menyiapkan Readiness Criteria (RC). RC ini sebagai syarat untuk mendapatkan program dari Kementerian PUPR, dana APBN,” sebut Cen Sui Lan.

Baca Juga :  Pemprov Kepri Menghadirkan Ketua KIP RI di Seminar Keterbukaan Informasi Publik

Cen Sui Lan mengatakan, untuk program penanganan banjir Kota Tarempa (Anambas) tersebut, pihak Dinas PUPR Kabupaten Anambas segera menyiapkan RC (aspek legal lahan), untuk lokasi pembangunan folder reservoir.

“Lahan sudah ready, siap,” ujar Syarif Ahmad Kadis PUPR Kabupaten Kepulauan Anambas kepada Cen Sui Lan dan Danil, di sela kunjungan lokasi banjir, Selasa (12/12).
“Ketika melihat kondisi di sini Bu Cen, kita bangun folder seperti yang kita bangun di Tanjungpinang,” tambah Danis kepada Cen Sui Lan.

Di sela peninjauan itu, Cen Sui Lan menanyakan kepada Danil, apakah secara teknis administrasi bisa diusulkan pada tahun anggaran 2024. Danil pejabat senior itu menyatakan, bisa. Jika Cen Sui Lan yang mempunyai kewenangan, menggunakan rekomendasinya aatu ‘surat sakti’.

Baca Juga :  Menuju Porwil 2023 Riau, Sebelas Atlet PSTI Kepri Menjalani Pemusatan Latihan di Karimun

Cen Sui Lan pun menyatakan, dirinya akan menggunakan dana sisa lelang untuk dialokasikan terhadap kegiatan penanganan banjir di Kota Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas dengan anggaran sekitar Rp30 miliar, pada tahun 2024 nanti.

Aliran sungai ke laut sebagai drainase induk yang segera ditangani BWS Sumatera IV Kepri Ditjen SDA Kementerian PUPR, untuk penanganan banjir di Kota Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepri pada tahun anggaran 2024, dari dana aspirasi Cen Sui Lan. F- nurul atia/suaraserumpun.com

“Kebijakan anggaran memang ada di kewenangan saya, tenang saja. Spalagi sudah saya kunjungi lokasinya, dan hasil dari reses yang tujuannya menyerap aspirasi masyarakat,” ucap Cen Sui Lan kepada para pejabat yang mendampinginya saat peninjauan lokasi banjir tersebut.

“Ya, kita akan mengalokasikan anggaran sekitar Rp30 miliar itu, untuk penanganan banjir di Kota Tarempa, Anambas pada tahun anggaran 2024 nanti,” tegas Cen Sui Lan saat memberikan keterangan kepada suaraserumpun.com di Batam, setelah kembali dari reses di Anambas, Minggu (17/12/2023). (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *