banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri bersama Stanley C Tuatipanaya, Danil, Hendra, Syarif Ahmad serta Bukhari melakukan kunjungan kerja reses meninjau pengerjaan Jalan Lingkar Pulau Jemaja dari Rewak menuju Sedanau hingga Padang Melang, Rabu (13/12/2024). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan: 2023, Rp67 Miliar untuk Penanganan Jalan Rewak Menuju Sedanau hingga Padang Melang (Anambas)

Komentar
X
Bagikan

Anambas, suaraserumpun.com – Sempit, berlumpur, berlubang sana sini, dan tak beraspal. Begitu kondisi awal jalan utama penghubung Rewak menuju Sedanau, Padang Melang dan sebaliknya. Kini, jalan di Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sudah berubah total, setelah Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri memperjuangkan Rp67 miliar untuk penanganan jalan tersebut.

“Tahun anggaran 2023, dialokasikan Rp67 miliar untuk penanganan jalan dari Rewak menuju Sedanau, hingga Padang Melang di Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas itu. Tahun 2024 nanti, dialokasikan lagi dana pusat melalui program Inpres Jalan Daerah (IJD), untuk penyelesaian jalan sepanjang 8,6 kilometer itu,” sebut Cen Sui Lan kepada suaraserumpun.com, di Batam, Minggu (17/12/2023).

Senin (11/12/2023) sampai Kamis (14/12/2023) kemarin, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri melakukan Kunjungan Kerja Reses ke Kabupaten Kepulauan Anambas. Rabu (13/12/2023), kunjungan kerja difokuskan kepada penanganan jalan lingkar di Pulau Jemaja. Mulai dari Rewak menuju Sedanau hingga Padang Melang.

Turut serta dalam mendampingi Cen Sui Lan dalam kunjungan kerja reses itu Stanley Cicero Tuatipanaya Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Hadir serta dalam kunjungan kerja itu Danil Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera 4 Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Hendra PPK I BPJN Kepri, Syarif Ahmad Kadis PUPR Kabupaten Anambas, Wan Iwan Marzuni Camat Jemaja Timur, Bukhari tokoh masyarakat, perangkat desa dan sejumlah pihak terkait.

Kondisi jalan lingkar Pulau Jemaja sudah lebar dan sebagian sudah dilakukan pengerasan dalam masa pengerjaan tahun anggaran 2023. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Dalam kunjungan kerja reses ini, Cen Sui Lan bersama rombongan langsung meninjau proyek pembangunan jalan penghubung Rewak hingga Padang Melang di Jemaja itu. Dalam peninjauan tersebut, Cen Sui Lan menerima penjelasan dari Stanley Cicero Tuatipanaya Kepala BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, tentang penanganan ruas jalan penghubung dari Rewak menuju Sedanau hingga Padang Melang, di Kecamatan Jemaja Timur, Anambas tersebut.

Baca Juga :  SSB Progress Plus Jawara di Ajang U-13 Kepri Youth Football Tournament

“Kunjungan kerja reses ini, sekaligus melakukan pengawasan terhadap program Inpres Jalan Daerah (IJD) tahun anggaran 2023 sebesar R 67 miliar. Dana Rp67 miliar itu untuk penanganan ruas jalan yang dulunya sempit, berlumpur dan berlubang sana sini menjadi lebih baik. Kegiatan ini merupakan bagian pembangunan jalan lingkar di Pulau Jemaja,” jelas Cen Sui Lan.

Selama meninjau kegiatan pembangunan dan penanganan jalan lingkar Pulau Jemaja tersebut, Cen Sui Lan terlihat serius dan memperhatikan secara detail setiap penjelasan Stanley C Tuatipanaya tentang penangan ruas Jalan Rewak menuju Sedanau hingga Padang Melang tersebut. Sebab, anggaran untuk penanganan jalan lingkar di Pulau Jemaja ini merupakan aspirasi Cen Sui Lan yang diperjuangkannya ke pemerintah pusat, untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepri.

Alat berat mengerjakan kegiatan penanganan jalan lingkar Pulau Jemaja dari Rewak menuju Sedanau hingga Padang Melang Kecamatan Jemaja Timur. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Dari peninjauan tersebut, kondisi jalan Rewak menuju Sedanau hingga Padang Melang sudah berubah total. Kini, jalannya sudah lebar, sudah dilakukan pengerasan, dan sebagian badan jalan sudah ada yang dibeton.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Menyerahkan Bantuan untuk Nelayan Bintan pada Peringatan Hari Nusantara

Untuk percepatan pembangunannya, puluhan alat berat diturunkan dan beroperasi. Sehingga, progres pengerjaan ruas Jalan Rewak menuju Sedanau hingga Padang Melang ini lebih cepat dari perencanaan.

Selain itu, penanganan jalan sepanjang 8,6 kilometer dari Rewak ke Sedanau dan Padang Melang itu, juga terdapat pembangunan 17 box culvert. Box culvert ini dibangun untuk melancarkan air, apabila hujan. Karena kondisi jalan lingkar di Pulau Jemaja ini mengikuti kontur tanah yang berbukit. Sebagian ruas jalan, seperti di perkampungan Desa Rewak, sudah dibeton dengan kualitas Standar Jalan Nasional.

Wan Iwan Marzuni Camat Jemaja Timur sangat berterima kasih kepada Cen Sui Lan yang sudah merealisasikan pembangunan Jalan Rewak menuju Sedanau smapai ke Padang Melang ini. Pembangunan jalan tersebut sangat bermanfaat untuk kepentingan kemajuan Pulau Jemaja. Menurutnya, dengan pembangunan jalan ini, tentu sangat melancarkan arus barang, orang dan jasa. Sehingga Pulau Jemaja dapat berkembang dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat ke depannya.

Sebagian badan jalan di Desa Rewak sudah dibeton saat Cen Sui Lan melakukan kunjungan kerja ke Pulau Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Rabu (13/12/2023). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri mengungkapkan, penanganan jalan lingkar Pulau Jemaja di Kabupaten Anambas, dari Rewak menuju Sedanau hingga Padang Melang sepanjang 8,6 kilometer ini, dianggarkan Rp67 miliar, pada tahun anggaran 2023 ini. Pembangunan jalan lingkar itu menggunakan program Inpres Jalan Daerah (IJD), hasil aspirasi Cen Sui Lan untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Anambas.

Baca Juga :  Presiden RI Jokowi Hadir, Warga Berebut Ikut Vaksinasi Booster

“Sekarang ini, kan baru tahap awal dialokasikan, dana tahun anggaran 2023. Untuk penyelesaian jalan lingkar Pulau Jemaja itu, pada tahun anggaran 2024 nanti, juga mendapatkan alokasi lagi. Nilainya dihitung berdasarkan RAB dan DED yang sudah siap. 2024 nanti, konektivitas Pulau Jemaja dapat dibangun. Sehingga daerah Kabupaten Anambas bisa semakin maju,” demikian dijelaskan Cen Sui Lan Anggota DPR RI Dapil Kepulauan Riau ini kepada suaraserumpun.com, Minggu (17/12/2023) setelah pulang dari kunjungan kerja reses di Anambas. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *